10 Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Banyak Diminati Konsumen

Siti Nur Aeni
11 Januari 2022, 15:02
10 Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Banyak Diminati Konsumen
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Ilustrasi usaha jajanan rumahan dengan modal kecil

Menjadi wirausaha merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri dan tidak terikat dengan pihak lain. Keuntungan ini membuat banyak orang tertarik untuk memiliki usaha sendiri walaupun kecil. Salah satu jenis usaha yang banyak diminati yaitu usaha jajanan rumahan modal kecil.

Ide usaha bisa berasal dari hal-hal yang dekat dengan kita, salah satunya makanan. Anda bisa memulai usaha rumahan dengan memproduksi berbagai jenis makanan kekinian yang banyak disukai. Berikut beberapa ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa Anda coba.

Advertisement

Ide Usaha Jajan Rumahan Modal Kecil

1. Risol Mayo

Ide jualan makanan yang pertama yaitu risol mayo. Makanan ini sudah cukup populer sejak beberapa tahun lalu. Risol ini berbeda dengan jenis risol tradisional, sebab risol mayo memiliki isian seperti telur, daging, sosis, dan lain sebagainya.

Risol mayo biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Meskipun demikian, modal untuk usaha ini cukup terjangkau, sehingga cocok untuk Anda yang baru mulai bisnis.

2. Burger

Burger merupakan ide bisnis rumahan yang tidak ada matinya. Sebab makanan cepat saji ini banyak yang menyukainya. Burger menjadi makanan yang kini mulai berkembang, bahkan banyak penjual burger yang membuat burger dengan cita rasa lokal.

3. Silky Pudding

Silky pudding bisa menjadi ide bisnis sampingan untuk menambah pemasukan Anda. Bisnis ini bisa dilakukan siapa saja sebab cara pembuatannya yang mudah dan modalnya juga tidak besar. Anda bisa mengkreasikan silky pudding dengan berbagai rasa sehingga membuat produk yang Anda jual semakin menarik.

4. Dessert Box

Selain silky pudding ada juga ide usaha rumahan yang lagi trend yaitu dessert box. Jajanan manis ini memiliki cukup banyak penggemar, sehingga sangat potensial untuk dijadikan sebagai bisnis.

Dessert box merupakan kue dengan tekstur lembut yang dipadukan dengan fla cokelat, keju, dan krim sehingga membuat rasanya semakin unik. Anda bisa mengkreasikan makanan ini menjadi berbagai varian rasa agar konsumen tidak bosan untuk membelinya terus.

5. Bakso Goreng (Basreng)

Ide usaha jajanan rumahan modal kecil lainnya yaitu bakso goreng. Camilan gurih ini sebenarnya hasil modifikasi dari bakso pada umumnya. Bakso yang biasanya dimakan bersama kuah panas, kini dipotong kecil-kecil dan digoreng sampai renyah.

Bakso goreng juga umumnya diberi tambahan bumbu dengan berbagai rasa seperti pedas, keju, BBQ, balado, dan beragam varian rasa lainnya. Basreng umumnya dijual dengan harga yang relatif terjangkau yakni sekitar Rp5000 – Rp10.000.

Walaupun harga jualnya murah, namun modal untuk membuatnya juga tidak terlalu besar. Sehingga Anda tetap bisa mendapat keuntungan dari penjualan basreng tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement