10 Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Banyak Diminati Konsumen

Memiliki usaha di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk mendapat penghasilan. Ada beberapa ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa Anda coba. Berikut daftar referensinya khusus untuk Anda.
Image title
11 Januari 2022, 15:02
10 Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Banyak Diminati Konsumen
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Ilustrasi usaha jajanan rumahan dengan modal kecil

Menjadi wirausaha merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri dan tidak terikat dengan pihak lain. Keuntungan ini membuat banyak orang tertarik untuk memiliki usaha sendiri walaupun kecil. Salah satu jenis usaha yang banyak diminati yaitu usaha jajanan rumahan modal kecil.

Ide usaha bisa berasal dari hal-hal yang dekat dengan kita, salah satunya makanan. Anda bisa memulai usaha rumahan dengan memproduksi berbagai jenis makanan kekinian yang banyak disukai. Berikut beberapa ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa Anda coba.

Ide Usaha Jajan Rumahan Modal Kecil

1. Risol Mayo

Ide jualan makanan yang pertama yaitu risol mayo. Makanan ini sudah cukup populer sejak beberapa tahun lalu. Risol ini berbeda dengan jenis risol tradisional, sebab risol mayo memiliki isian seperti telur, daging, sosis, dan lain sebagainya.

Risol mayo biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Meskipun demikian, modal untuk usaha ini cukup terjangkau, sehingga cocok untuk Anda yang baru mulai bisnis.

Advertisement

2. Burger

Burger merupakan ide bisnis rumahan yang tidak ada matinya. Sebab makanan cepat saji ini banyak yang menyukainya. Burger menjadi makanan yang kini mulai berkembang, bahkan banyak penjual burger yang membuat burger dengan cita rasa lokal.

3. Silky Pudding

Silky pudding bisa menjadi ide bisnis sampingan untuk menambah pemasukan Anda. Bisnis ini bisa dilakukan siapa saja sebab cara pembuatannya yang mudah dan modalnya juga tidak besar. Anda bisa mengkreasikan silky pudding dengan berbagai rasa sehingga membuat produk yang Anda jual semakin menarik.

4. Dessert Box

Selain silky pudding ada juga ide usaha rumahan yang lagi trend yaitu dessert box. Jajanan manis ini memiliki cukup banyak penggemar, sehingga sangat potensial untuk dijadikan sebagai bisnis.

Dessert box merupakan kue dengan tekstur lembut yang dipadukan dengan fla cokelat, keju, dan krim sehingga membuat rasanya semakin unik. Anda bisa mengkreasikan makanan ini menjadi berbagai varian rasa agar konsumen tidak bosan untuk membelinya terus.

5. Bakso Goreng (Basreng)

Ide usaha jajanan rumahan modal kecil lainnya yaitu bakso goreng. Camilan gurih ini sebenarnya hasil modifikasi dari bakso pada umumnya. Bakso yang biasanya dimakan bersama kuah panas, kini dipotong kecil-kecil dan digoreng sampai renyah.

Bakso goreng juga umumnya diberi tambahan bumbu dengan berbagai rasa seperti pedas, keju, BBQ, balado, dan beragam varian rasa lainnya. Basreng umumnya dijual dengan harga yang relatif terjangkau yakni sekitar Rp5000 – Rp10.000.

Walaupun harga jualnya murah, namun modal untuk membuatnya juga tidak terlalu besar. Sehingga Anda tetap bisa mendapat keuntungan dari penjualan basreng tersebut.

6. Aneka Keripik

Selain basreng, camilan lainnya yang juga bisa menjadi pilihan usaha rumahan modal 50 ribu yaitu aneka keripik. Sudah sejak dahulu keripik banyak disukai orang dan dengan berbagai inovasi usaha keripik bisa lebih menguntungkan.

Beberapa jenis olahan keripik yang biasanya dijual yaitu keripik talas, ubi, singkong, pisang, hingga keripik apel. Anda juga bisa menambahkan berbagai varian rasa untuk menambah nilai jual dari produk tersebut.

7. Roti Bakar

Roti bakar juga bisa menjadi pilihan usaha jajan rumahan modal kecil. Makanan dengan rasa manis ini sudah ada sejak dahulu. Meskipun demikian, peminatnya tetap banyak. Anda bisa mengkreasikan roti bakar pada rasa dan kemasan yang menarik, sehingga bisa menambah nilai ekonomi dari produk tersebut.

8. Corn Dog

Corn dog merupakan usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Popularitas corn dog dimulai saat muncul drama korea berjudul Start Up. Dalam drama tersebut, diceritakan salah satu tokoh merupakan penjual makanan kekinian ini.

Sejak saat ini banyak orang penasaran dengan rasanya. Corn dog merupakan olahan sosis yang dibalut dengan tepung dan dibalurkan pada potongan kentang atau tepung roti, sehingga teksturnya renyah di luar namun lembut di bagian dalam.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan keju mozarella didalamnya yang membuat rasa tekstur dan rasanya semakin unik. Anda juga menambah varian saus di atas makanan ini. Dengan demikian nilai jualnya bisa semakin tinggi dan berpeluang menambah omset usaha rumahan yang Anda miliki.

9. Churros

Churros merupakan makana khas Spanyol yang kini mulai dikenal masyarakat Indonesia. Makanan ini berbahan tepung, telur, mentega, dan air. Biasanya churros dikonsumsi bersama saus manis yang membuat rasanya semakin nikmat.

Churros juga bisa menjadi ide usaha jajanan rumahan modal kecil. Makanan unik ini bisa membuat orang yang melihatnya penasaran untuk mencobanya.

10. Croffle

Jajanan kekinian lainnya yang juga bisa menjadi usaha rumahan yaitu croffel. Makanan ini mulai digemari sejak tahun 2020 dan hingga saat ini peminatnya masih cukup tinggi.

Croffle merupakan makanan dengan cita rasa manis. Basanya di atas makanan ini ada topping es krim atau saus manis yang membuat rasanya semakin nikmat.

Namun jika ingin memulai usaha ini, Anda harus memiliki alat khusus untuk membuat croffle. Tapi tenang saja, karena harga alat ini cukup terjangkau dan mudah ditemukan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait