8 Usaha Rumahan yang Memiliki Prospek Bagus

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan yaitu dengan memiliki usaha rumahan. Ada beberapa ide bisnis rumahan dengan prospek bagus yang bisa dikembangkan. Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
11 Januari 2022, 09:27
Ilustrasi usaha rumahan online shop
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj.
Ilustrasi usaha rumahan online shop

Saat ini mulai banyak orang yang tertarik dengan usaha rumahan. Hal tersebut dipicu oleh kondisi pandemi yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan tetapnya. Untuk mencukupi kebutuhan, akhirnya banyak orang yang beralih profesi dengan membuka usaha di rumah.

Langkah pertama yang harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha yaitu ide bisnis. Konsep usaha dan jenis usaha yang akan Anda tekuni menjadi penentu awal sebelum membuat model bisnis, strategi pemasaran, dan pengembangan bisnis.  

Ide usaha rumahan bisa diadopsi dari hal-hal sederhana yang memiliki prospek bisnis bagus. Untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis rumahan, berikut kami berikan beberapa referensi ide yang bisa Anda coba.

Ide Usaha Rumahan

1. Online Shop

Usaha rumahan yang lagi trend saat ini yaitu online shop. Usaha ini cukup banyak diminati karnea mudah, praktis, dan menguntungkan. Anda cukup memanfaatkan sosial media dan e-commerce untuk membuat toko online sendiri.

Advertisement

Produk yang dijual juga tidak terbatas. Anda bisa menjual baju, tas, sepatu, hingga makanan. Bisnis online shop juga tidak mengharuskan Anda untuk memproduksi sendiri barang dagangan tersebut. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produsen produk tersebut.

2. Produsen Makanan Ringan

Makanan ringan atau camilan memang selalu diminati banyak orang dari segala kalangan. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan jika tahu cara mengelolanya. Makanan ringan juga cukup mudah untuk diolah dan dikreasikan.

Makanan ringan bahkan sering disebut sebagai usaha rumahan modal 50 ribu, karena memang modal yang dibutuhkan tidak banyak. Contoh makanan ringan yang bisa Anda coba untuk bisnis rumahan antara lain; bakso goreng, keripik pisang, cireng isi, tahu bulat, makaroni telur, dan lain sebagainya.

3. Jasa Laundry

Ide usaha rumahan lainnya yang juga bisa Anda coba yaitu jasa laundry. Saat ini banyak orang yang mulai mencari penyedia jasa cuci pakaian ini.

Sebab banyak orang yang saat ini memiliki kesibukan cukup padat sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian mereka. Apalagi jika tempat tinggal Anda di tengah kota atau di lingkungan kos-kosan, maka usaha rumahan ini sangat potensial untuk berkembang.

Usaha laundry bisanya mencakup beberapa pilihan produk sesuai kebutuhan pelanggan. Misalnya, cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain sebagainya.

4. Katering

Katering juga bisa menjadi pilihan bisnis dari rumah. Usaha rumahan yang tidak ada matinya ini banyak dibutuhkan berbagai kalangan. Dengan memanfaatkan sosial media, usaha katering bisa cepat berkembang dan banyak dikenal.

Bahkan kini katering mulai berkembang menjadi berbagai produk pilihan. Misalnya; katering pesta, katering makanan sehat, katering acara keluarga, katering acara ulang tahun, hingga katering buka dan sahur saat bulan Ramadhan.

5. Bimbingan Belajar

Salah satu jasa yang paling dibutuhkan saat pandemi yaitu bimbingan belajar atau bimbel anak sekolah. Aktivitas belajar online ternyata cukup menyulitkan untuk sebagian siswa. Ditambah dengan kesibukan orang tua yang tidak bisa selalu menemani anaknya belajar, membuat banyak prestasi peserta didik yang menurun selama belajar online.

Solusi alternatif yang akhirnya banyak dipilih para orang tua untuk membantu anaknya belajar dengan mudah yaitu dengan mendaftarkan anaknya ke lembaga atau tempat bimbel. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda yang memiliki keahlian di bidang belajar mengajar.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Anda cukup menyiapkan alat mengajar dan beberapa buku sebagai bahan ajar.

6. Agen Pulsa dan Token Listrik

Usaha rumahan lainnya yang bisa Anda coba yaitu agen pulsa dan token listrik. Saat ini pembelian pulsa dan token listrik memang bisa dilakukan secara mandiri lewat e-commerce atau m-banking.

Namun untuk beberapa kalangan pembelian pulsa dan token listrik masih dilakukan melalui agen. Terlebih untuk masyarakat di pedesaan yang umumnya lebih sering membeli pulsa maupun token listrik lewat agen. Maka dari itu, ide usaha ini masih bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang menguntungkan.

7. Bisnis Kerajinan Tangan

Ide bisnis rumahan lainnya yang juga bisa Anda coba yaitu usaha kerajinan tangan. Untuk memulai usaha ini, modal utama yang harus dimiliki yaitu kreativitas yang tinggi. Sebab produk kerajinan yang biasanya dilihat yaitu nilai estetikanya.

Beberapa produk kerajinan yang bisa Anda jadikan bisnis yaitu; mainan anak, tas makrame, buket bunga, simbolis mahar, hantaran pernikahan, dan lain sebagainya.

8. Content Creator

Usaha rumahan lainnya yang bisa Anda coba yaitu content creator. Jenis usaha ini bisa dilakukan siapa saja tanpa ada batas usia. Ruang untuk menjalan usahanya juga sangat luas.

Perkembang sosial media yang sangat membuat jalan menjadi content creator semakin luas. Anda bisa mulai menjadi content creator di berbagai platform seperti YouTube, TikTok, Instagram, atau Blog.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait