8 Usaha Rumahan yang Memiliki Prospek Bagus

Siti Nur Aeni
11 Januari 2022, 09:27
Ilustrasi usaha rumahan online shop
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj.
Ilustrasi usaha rumahan online shop

Saat ini mulai banyak orang yang tertarik dengan usaha rumahan. Hal tersebut dipicu oleh kondisi pandemi yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan tetapnya. Untuk mencukupi kebutuhan, akhirnya banyak orang yang beralih profesi dengan membuka usaha di rumah.

Langkah pertama yang harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha yaitu ide bisnis. Konsep usaha dan jenis usaha yang akan Anda tekuni menjadi penentu awal sebelum membuat model bisnis, strategi pemasaran, dan pengembangan bisnis.  

Advertisement

Ide usaha rumahan bisa diadopsi dari hal-hal sederhana yang memiliki prospek bisnis bagus. Untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis rumahan, berikut kami berikan beberapa referensi ide yang bisa Anda coba.

Ide Usaha Rumahan

1. Online Shop

Usaha rumahan yang lagi trend saat ini yaitu online shop. Usaha ini cukup banyak diminati karnea mudah, praktis, dan menguntungkan. Anda cukup memanfaatkan sosial media dan e-commerce untuk membuat toko online sendiri.

Produk yang dijual juga tidak terbatas. Anda bisa menjual baju, tas, sepatu, hingga makanan. Bisnis online shop juga tidak mengharuskan Anda untuk memproduksi sendiri barang dagangan tersebut. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produsen produk tersebut.

2. Produsen Makanan Ringan

Makanan ringan atau camilan memang selalu diminati banyak orang dari segala kalangan. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan jika tahu cara mengelolanya. Makanan ringan juga cukup mudah untuk diolah dan dikreasikan.

Makanan ringan bahkan sering disebut sebagai usaha rumahan modal 50 ribu, karena memang modal yang dibutuhkan tidak banyak. Contoh makanan ringan yang bisa Anda coba untuk bisnis rumahan antara lain; bakso goreng, keripik pisang, cireng isi, tahu bulat, makaroni telur, dan lain sebagainya.

3. Jasa Laundry

Ide usaha rumahan lainnya yang juga bisa Anda coba yaitu jasa laundry. Saat ini banyak orang yang mulai mencari penyedia jasa cuci pakaian ini.

Sebab banyak orang yang saat ini memiliki kesibukan cukup padat sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian mereka. Apalagi jika tempat tinggal Anda di tengah kota atau di lingkungan kos-kosan, maka usaha rumahan ini sangat potensial untuk berkembang.

Usaha laundry bisanya mencakup beberapa pilihan produk sesuai kebutuhan pelanggan. Misalnya, cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain sebagainya.

4. Katering

Katering juga bisa menjadi pilihan bisnis dari rumah. Usaha rumahan yang tidak ada matinya ini banyak dibutuhkan berbagai kalangan. Dengan memanfaatkan sosial media, usaha katering bisa cepat berkembang dan banyak dikenal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement