Berapa Gaji Pilot? Temukan Jawabannya Disini

Siti Nur Aeni
19 Januari 2022, 11:53
Berapa Gaji Pilot? Termukan Jawabannya Disini
Garuda.indonesia.com
Pesawat Garuda jenis Boeing 737 Max

Semasa kecil, mungkin banyak diantara kita yang pernah bercita-cita sebagai seorang pilot. Salah satu daya tarik dari profesi ini yaitu gaji pilot yang dianggap besar.

Pilot merupakan sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Untuk bisa menerbangkan pesawat, seorang pilot harus memiliki pengetahuan tentang dunia penerbangan termasuk pemahaman tentang pesawat terbang.

Advertisement

Gaji Pilot Indonesia

Sama halnya dengan profesi lain, pilot juga memiliki gaji yang disesuaikan dengan tingkatan atau jabatan pekerjaan. Menurut penjelasan di eagleairindonesia.com, berikut ini perkiraan gaji pilot di Indonesia sesuai dengan jabatannya.

1. First Office (FO)

FO merupakan jenjang karir pertama lulusan sekolah pilot. Umumnya, FO baru diperbolehkan menerbangkan pesawat terbang yang ukurannya kecil dan masih didampingi oleh kapten.

Kisaran gaji pilot dengan posisi FO yaitu 15 sampai 20 juta. Apabila FO memiliki lisensi ATPL & ME serta memenuhi jumlah jam terbang maka ia bisa naik jabatan menjadi Senior First Officer, Co-pilot, dan menjadi Captain.

2. Co-Pilot

Tugas dari jabatan Co-pilot yaitu mendampingi atau mewakili captain/komandan penerbangan. Dengan tugasnya ini, maka seorang Co-pilot harus memiliki kemampuan yang sama dengan kapten.

Sebab jika kapten tidak bisa melaksanakan tugasnya, maka Co-pilot bertugas untuk menggantikannya agar persawat bisa diterbangkan. Di dalam pesawat terbang, Co-pilot duduk di samping kapten. Gaji pilot dengan jabatan ini sekitar 30-40 juta.

3. Captain atau Komandan

Captain merupakan posisi dalam penerbangan pesawat yang tugasnya untuk menjalankan mesin dan menerbangan pesawat. Selain itu, Captain juga bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi selama penerbangan.

Gaji pilot untuk seorang kapten biasanya berbeda tergantung dari maskapainya. Rata-rata gaji pilot perbulan 45 juta ke atas.

Gaji Pilot Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan milik negara atau sering juga disebut sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagai salah satu maskapai besar, Garuda Indonesia memiliki regulasi tersendiri terkait gaji pilot.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement