10 Negara Terbesar di Dunia, Indonesia Tidak Termasuk

Setiap negara memiliki luas wilayah yang berbeda. Menurut data, ada 10 negara terbesar di dunia jika dilihat dari luas wilayahnya.
Image title
12 Oktober 2021, 09:30
Peta negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya
worldatlas.com
Peta negara-negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya

Bumi kita terbagi menjadi beberapa negara yang memiliki luas wilayah berbeda. Adanya perbedaan tersebut membuat negara terbagi menjadi kelompok negara terbesar di dunia dan negara terkecil di dunia.

Ada negara yang memiliki daratan lebih luas, namun ada juga yang perairannya lebih luas. Perbedaan-perbedaan tersebut membuat setiap negara memiliki potensi yang berbeda. 

Urutan Negara Terbesar Di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Berbicara mengenai negara terbesar di dunia mungkin kita akan bertanya apakah Indonesia termasuk didalamnya? Mengutip dari worldatlas.com, berikut 10 negara terbesar berdasarkan luas wilayahnya.

1. Rusia

Posisi pertama di duduki oleh Rusia. Luas negara ini mencapai 17,1 juta kilometer dengan wilayah terbesar ada di Siberia. Rusia berbatasan langsung dengan 11 negara yang berbeda.

Negara ini memiliki cadangan minyak yang besar tepatnya ada di bawah hutan beku dan tundra. Akan tetapi minyak di Rusia belum dikelola sebab terkendala biaya dan kesulitan proses ekstraksi.

Populasi di negara ini yaitu sebanyak 142 juta jiwa. Namun angka tersebut tidak membuat Rusia menjadi negara padat penduduk.

2. Kanada

Negara terluas di dunia selanjutnya yaitu Kanada. Negara ini memiliki luas 9,9 juta kilometer dengan panjang garis pantai kurang lebih 200 ribu kilometer. Negara ini terkenal dengan keindahan alamnya. Pegunungan Rocky menjadi salah satu buktinya.

Kanada berada di antara kutub utara dan Amerika Serika. Negara ini terkenal dengan kehidupan rusa besar dan beruang kutub. Kekayaan alam lainnya yaitu banyaknya danau yang dimiliki Kanada. Diketahui ada lebih dari 3.000 danau yang ada di negara ini.

Kekayaan lainnya yang dimiliki Kanada yaitu cadangan minyak bumi yang melimpah. Negara ini menempati posisi kedua setelah Arab Saudi sebagai negara dengan cadangan minyak bumi terbesar.

Dari segi pendidikan, masyarakat Kanada memiliki kebiasaan baik yaitu gemar membaca. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya perpustaan umum yang berdiri di Kanada. Tak tanggung-tanggung negara ini bahkan memiliki 22.000 perpustakaan umum yang tersebar di berbagai tempat.

3. Amerika Serikat

Negara ketiga yang memiliki luas wilayah terbesar yaitu Amerika Serikat. Negara super power ini memiliki luas wilayah 9,8 juta kilometer persegi. Amerika memiliki sumberdaya alam yang berlimpah mulai dari emas, batu bara, minyak, dan tanah yang luas serta subur.

Yang menjadikan negara ini semakin maju yaitu karena sumber daya manusia di Amerika juga sangat berkualitas sehingga bisa mengelola kekayaannya sendiri. Di dunia Internasional, Amerika Serikat banyak mengambil peran dalam berbagai bidang.

4. Cina

Negara ini memiliki wilayah seluas 9,6 juta kilometer persegi dan menjadi negara terbesar di dunia nomor empat. Selain wilayahnya yang luas, Cina juga menjadi negara terpadat di dunia karena populasinya sangat besar. Bahkan keturunan Cina bisa ditemukan di berbagai negara.

Negara ini memiliki keunikan dari segi budaya dan gaya hidup masyarakatnya. Dari segi ekonomi negara ini cukup maju. Bahkan pada tahun 2017, Cina menjadi negara eksportir terbesar dengan nilai ekspor mencapai $2.263 triliun.

5. Brasil

Brasil menjadi negara kelima yang memiliki luas wilayah terluas. Negara ini berbatasan langsung dengan sepuluh negara antara lain Argentina, Uruguay, Paraguay, Peru, Kolombia, Bolivia, Guyana, Venezuela, Guyana Prancis, dan Surname.

Bahasa resmi negara ini yaitu Bahasa Portugis. Sebagian besar wilayah beriklim tropis dan ada juga yang beriklim sedang.

Negara ini terkenal sebagai produsen kopi terbesar. Bahkan menurut data yang di databoks, produksi kopi di Brazil mencapai 53 juta karung dengan ukuran 80 kilogram pada tahun 2013 hingga 2018.

6. Australia

Negara sekaligus benua yang ada di selatan Indonesia ini ternyata termasuk negara dengan wilayah terluas di dunia. Australia memiliki luas wilayah 7,69 juta kilometer persegi.

Negara ini terkenal sebagai negara yang memiliki banyak satwa liar. Fauna yang terkenal dan menjadi ciri khas negara ini yaitu kanguru. Di Australia ada sekitar 44 juta kanguru. Jumlah tersebut lebih besar dari populasi penduduk negara tersebut.

7. India

Urutan negara terbesar di dunia selanjutnya yaitu India. Negara yang terkenal dengan bolywood-nya ini memiliki luas wilayah 3,3 juta kilometer persegi. Negara inii memiliki 8 wilayah persatuan dan 28 negara bagian.

Setelah Cina, India menjadi negara terpadat kedua. Masyarakatnya menganut agama yang berbeda, dengan 80 persen penduduk India menganut agama Hindu.

India merupakan negara yang kaya rempah seperti Indonesia. Negara ini bahkan memiliki lahan rempah sebanyak 13 persen dari luas wilayahnya. Kekayaan rempah India bisa terlihat dari makanannya yang memiliki rasa dan aroma rempah kuat.

8. Argentina

Argentina menjadi negara terbesar di dunia selanjutnya. Luas wilayah Argentina mencapai 2,78 juta kilometer persegi. Negara ini terkenal sebagai permainan sepak bolanya. Beberapa atlet sepak bola populer berasal dari negara ini, diantaranya Diego Maradona, Alfredo Di Stefano, dan Lional Messi.

Selain itu, Argentina juga terkenal sebagai negeri Tango. Hal ini karena Argentina memiliki tarian Tango dengan gerakan dan musik khasnya.

Argentina merupakan negara pertama yang menggunakan teknologi sidik jari. Hal ini dilatarbelakangi adanya targedi kematian dua anak tanpa ada saksi mata di lokasi kejadian. Sejak saat itu teknologi sidik jari menjadi populer di negara tersebut dan menyebar ke seluruh negara.

9. Kazakhstan

Posisi negara terluas di dunia selanjutnya diduduki oleh Kazakhstan. Negara ini memiliki luas wilayah 2,72 juta kilometer persegi. Kazakhstan memiliki iklim gurun yang sejuk dan kering. Negara ini resmi memerdekakan diri dari Rusia pada 1991.

Negara ini memiliki keunikan dari segi kuliner. Masyarakat Kazakhstan biasa mengkonsumsi daging kuda untuk diolah menjadi makanan khas.

Keunikan lain juga bisa dilihat dari wilayahnya. Meskipun wilayahnya luas, namun negara ini ternyata tidak memiliki laut. Walaupun demikian, Kazakhstan tetap memiliki prajurit angkatan laut.

10. Aljazair

Negara terbesar berikutnya yaitu Aljazair. Negara ini memiliki luas wilayah 2,38 juta kilometer persegi. Aljazair terletak di Afrika utara dengan garis Pantai Mediterania yang membentang sejauh 998 kilometer.

Gurun di Aljazair sangat luas bahkan mencapai 80 persen dari luas wilayah negara itu. Gurun Sahara yang terkenal sebagai gurun panas subropis terbesar di dunia ada di bagian selatan Aljazair.

Dari penjelasan di atas kita mengetahui bahwa Indonesia tidak termasuk dalam 10 negara terbesar di dunia. Namun berdasarkan penjelasan di worldatlas.com, Indonesia menduduki posisi ke-8 sebagai negara terluas di Asia.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait