Cek BPOM dengan Mudah dan Cepat, Bisa Lewat Web atau Aplikasi

Siti Nur Aeni
10 Februari 2022, 17:17
Cek BPOM dengan Mudah dan Cepat, Bisa Lewat Web atau Aplikasi
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pras.
Petugas BPOM Gorontalo memeriksa kondisi produk pangan yang dijual di salah satu retail modern di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Senin (10/5/2021). BPOM Gorontalo melakukan intensifikasi pengawasan pangan ke sejumlah retail modern dan distributor untuk memastikan pangan yang dikonsumsi masyarakat terjamin aman, layak konsumsi dan layak edar.

Saat ini beredaran makanan, obat, hingga kosmetik sudah sangat luas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih jika cek BPOM terlebih dahulu sebelum membeli produk tersebut.

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makan yang tugasnya untuk mengawasi obat dan makanan sesuai peraturan perundang-undangan. BPOM mempunyai wewenang untuk mengeluarkan izin edar produk obat atau makanan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Izin edar tersebut menampilkan berapa informasi penting produk, salah satunya Nomor Izin Edar. Nomor tersebut bisa dicek untuk mendapatkan informasi produk dan memastikan bahwa produk tersebut telah terdaftar di BPOM.

Data produk yang telah terdaftar bisa dilihat berdasarkan tiga kategori, seperti: nomor registrasi produk, nama dagang atau nama produk, dan nama produsen atau nama importir.

Memahami Nomor Izin Edar

Sudah disinggung sebelumnya bahwa Nomor Izin Edar (NIE) menjadi bagian penting untuk sebuah produk. NIE adalah serangkaian angka dan huruf yang isinya identitas produk mulai dari perusahaan, lokasi produksi, nomor urut produk, jenis kemasan, dan jenis pangan.

BPOM sudah melakukan peninjauan menyeluruh terhadap kandungan dalam produk. Sehingga produk yang telah mendapatkan izin dari BPOM terjamin keamanannya.

Nomor yang ditemukan di kemasan produk merujuk ke data produk tersebut dalam data BPOM. Sebagai konsumen, kita bisa menjadi produk sesuai dengan nomor registrasi, nama produk, merek, dan nama pendaftar.

Agar mamastikan produk yang kita gunakan aman, maka perlu melakukan cek produk BPOM. Cara pengecekannya cukup mudah, Anda bisa melakukannya lewat situs resmi BPOM atau melalui aplikasi digital.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...