9 Oleh Oleh Khas Palembang yang Menarik untuk Dibeli

Siti Nur Aeni
26 April 2022, 16:21
Pempek Salah Satu Oleh Oleh khas Palembang
pixabay.com
Pempek Salah Satu Oleh Oleh khas Palembang

Palembang merupakan kota tertua di Indonesia. Kota ini juga menjadi destinasi wisata banyak orang. Pasalnya, di Palembang banyak wisata sejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki sederet makanan yang cocok menjadi oleh oleh khas Palembang.

Oleh Oleh Khas Palembang

Saat berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari kota ini. Palembang memiliki beberapa makanan yang bisa menjadi buah tangan. Apa saja pilihan oleh oleh khas Palembang? Berikut ini daftarnya.

1. Pempek

Pempek dan Palembang merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Bahkan, kota ini mendapat julukan sebagai Kota Pempek. Makanan ini menjadi identitas dari daerah tersebut, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk membeli Pempek sebagai oleh-oleh.

Pempek memiliki berbagai varian seperti Pempek Lenjer, Pempek Kapal Selam, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membawa Pempek sebagai oleh-oleh ke luar kota, sebaiknya beli Pempek yang dikemas dalam bentuk frozen, sehingga lebih tahan lama dan cita rasanya tidak rusak.

2. Engkak Ketan

Oleh-oleh khas Palembang selain Pempek yaitu Engkak Ketan. Jika dilihat sekilas, makanan khas Palembang ini mirip dengan Kue Lapis. Namun, Engkek Ketan terbuat dari bahan dasar ketan yang membedakannya dengan Kue Lapis.

Dalam proses pembuatannya, gula yang ditambahakan cukup banyak. Maka dari itu, rasanya manis dan legit. Selain memberikan rasa manis, gula juga membuat makanan ini cukup awet.

Di Palembang, Engkak Ketan biasanya muncul di acara tertentu seperti upacara adat atau hari besar keagamaan. Namun, saat ini banyak toko oleh-oleh yang menjual Engkak Ketan, sehingga para wisatawan mudah untuk membelinya.

3. Kue Maskuba

Tak hanya Engkak Ketan, Kue Maskuba juga makanan dari Palembang yang bentuk dan teksturnya mirip seperti Kue Lapis. Wajar saja jika banyak orang menyebut Kue Maskuba sebagai Kue Lapis-nya Palembang.

Kue ini memiliki tekstur yang lembak dengan rasa yang manis. Rasa manis tersebut didapat dari susu kental manis dan gula pasir yang menjadi bagian dari bahan baku pembuatannya.

4. Kue Delapan Jam

Oleh oleh khas Palembang lainnya yaitu Kue Delapan Malam. Dahulu, kue ini merupakan camilan bangsawan. Penamaaan kue ini diambil dari proses pembuatan yang memakan waktu hingga delapan jam.

Tekstur kue ini lembut dan memiliki daya tahan cukup lama. Pasalnya, kue legendaris ini terbuat dari bahan dasar telur bebek dan gula. Makanan khas ini sangat cocok disantap sembari minum teh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...