10 Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Populer dan Banyak Dicari

Siti Nur Aeni
26 April 2022, 15:04
Pia Glenmore Oleh Oleh khas Banyuwangi
instagram.com/pia_glenmore/
Pia Glenmore Oleh Oleh khas Banyuwangi

Banyuwangi atau The Sunsrise of Java merupakan daerah di Jawa Timur yang memiliki kekayaan alam menakjubkan. Wajar jika banyak orang yang bekunjung ke Banyuwangi untuk menikmati wisata alamnya. Selain memiliki kekayaan alam, Banyuwangi juga memiliki beberapa makanan khas yang cocok untuk menjadi oleh oleh khas Banyuwangi.

Beberapa makanan dari Kabupaten Banyuwangi memiliki rasa yang unik dan enak, sehingga membuat banyak orang menyukainya. Lantas, apa saja makanan yang sering menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi? Simak penjelasan berikut ini.

Makanan Oleh Oleh Khas Banyuwangi

1. Ladrang Sabrang

Ladrang Sabrang adalah makanan khas Banyuwangi yang dibuat dari ubi ungu. Makanan ini memiliki tekstur renyah. Tak hanya menjadi camilan, Ladrang Sabrang juga dipercaya bisa mengobati penyakit.

Banyak orang percaya jika mengonsumsi makanan ini secara rutin, maka bisa mengobati penyakit obesitas, diabetes, hingga kanker. Selain enak dan bermanfaat, makanan khas ini juga diketahui mengandung sederet nutrisi seperti serat, beta karoten, dan kolin yang membuat Ladrang Sabrang cocok untuk Anda yang sedang diet.

2. Bagiak

Makanan oleh oleh khas Banyuwangi lainnya yaitu Bagiak. Makanan tradisional ini dibuat dari tepung sagu yang dilah secara khusus dan disajikan dengan berbagai rasa. Adapun rasa yang biasanya ditambahkan dalam Bagiak yaitu durian, vanilla, nangka, mocca, pandan, keju, kacang, serta jahe.

Bagiak memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak. Kue ini juga tahan dalam waktu yang cukup lama hingga tiga bulan tanpa terkena sinar matahari langsung. Sehingga Bagiak cocok menjadi buah tangan saat Anda berlibur ke Banyuwangi.

3. Sale Pisang

Kita mungkin sudah tidak asing dengan Sale Pisang. Makanan ini sebenarnya cukup mudah dijumpai di daerah lain. Namun, Sale Pisang khas Banyuwangi berbeda dengan Sale Pisang yang ada di daerah lain.

Sale Pisang khas Banyuwangi disebut-sebut sebagai produk Sale Pisang paling enak dibandingkan Sale Pisang lain. Pasalnya, Sale Pisang dari Banyuwangi memadukan rasa manis dan gurih, sehingga rasanya sangat kaya. Tak hanya itu, Sale Pisang juga dibuat dengan proses pengeringan yang lama, maka dari itu rasanya sangat gurih dan enak.

Sale Pisang khas Banyuwangi juga memiliki berbagai varian. Mulai dari varian pisang sale goreng, pisang sale basah, dan pisang sale digulung.

4. Untir-untir

Selain Sale Pisang, Untir-untir juga termasuk oleh oleh khas Banyuwangi. Makanan ini dibuat dari tepung terigu dan dibentuk menyerupai obeng berulir. Tekstur Untir-untir renyah dengan rasa yang manis dan gurih.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...