11 Oleh Oleh Khas Purwokerto yang Bisa Dibawa saat Mudik Lebaran

Jika Anda mudik dari Purwokerto, ada beberapa oleh oleh khas Purwokerto yang bisa Anda beli untuk sanak keluarga. Apa saja oleh-oleh khas dari Kota Satria? Berikut daftarnya khusus untuk Anda.
Image title
28 April 2022, 11:19
Gethuk Goreng Sokaraja oleh oleh khas Purwokerto.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Gethuk Goreng Sokaraja oleh oleh khas Purwokerto yang banyak disukai.

Purwokerto menjadi kota di Provinsi Jawa Tengah yang cukup banyak didatangi perantau. Banyak perantau yang datang untuk kuliah atau bekerja. Di musim mudik Lebaran seperti saat ini, sudah banyak perantau dari Purwokerto yang kembali ke kampung halamannya.

Salah satu tradisi yang masih dilakukan saat kembali ke kampung halaman saat yaitu membawa oleh-oleh khas dari perantauan. Jika Anda merantau di Kota Satria ini, ada beberapa oleh oleh khas Purwokerto yang bisa Anda beli. Berikut referensinya khusus untuk Anda.

Oleh Oleh Khas Purwokerto

1. Mendoan Kriuk

Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang banyak disukai. Kini, terdapat inovasi olahan mendoan yaitu mendoan kriuk. Makanan ini juga termasuk oleh oleh khas Purwokerto kekinian yang banyak dicari.

Mendoan kriuk terbuat dari tempe yang digoreng tidak terlalu kering. Bedanya dengan mendoan biasa, mendoan kriuk terdapat kremes dari adonan tepung yang rasanya gurih. Makanan ini semakin nikmat jika dimakan bersama sambal kecap.

Advertisement

2. Keripik Tempe

Olahan tempe lainnya yang sering menjadi oleh oleh khas Purwokerto yaitu keripik tempe. Makanan ini memiliki tesktur yang renyah dan garing dengan rasa gurih. Keripik tempe bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau dimakan sebagai lauk.

3. Gethuk Goreng

Selain makanan dari tempe, di Purwokerto juga ada makanan khas yang cocok menjadi buah tangan. Salah satunya yaitu gethuk goreng. Makanan ini terbuat dari singkong dan gula merah kemudian dibentuk menjadi bulat dan digoreng .

Gethuk goreng atau dikenal juga dengan nama gethuk Sokaraja memiliki rasa yang manis dan legit. Disebut gethuk Sokaraja karena makanan ini banyak diproduksi dan dijual di daerah Sokaraja. Salah satu yang paling terkenal yaitu gethuk Sokaraja H. Tohirin.

Jika ingin membelinya, Anda bisa mendatangi toko oleh-oleh disekitar Purwokerto, khususnya di sepanjang jalan Sokaraja. Harga makanan ini cukup terjangkau, Anda hanya bisa membeli mulai dari Rp15.000.

4. Klanting

Oleh oleh khas Purwokerto lainnya yang terbuat dari singkong yaitu klanting. Makanan ini umumnya memiliki rasa asin dan gurih, walaupun saat ini ada juga klanting yang rasanya pedas dan manis.

Keunikan dari makanan ini bisa dilihat dari bentuknya yang menyerupai angka delapan. Harga makanan ini juga sangat terjangkau. Anda bisa membelinya mulai dari Rp12.000 di pusat oleh-oleh Purwokerto atau pasar tradisional.

5. Nopia

Nopia merupakan makanan yang terbuat dari terigu dengan isian gula merah. Makanan ini berbentuk bulat berwarna putih sehingga menyerupai telur. Makanan ini dibuat dengan cara dipanggang dalam tungku yang membuat rasanya semakin nikmat.

6. Mino

Mino sebenarnya mirip dengan nopia. Hanya saja, mino memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan nopia. Mino memiliki tekstur keras di bagian luar, namun setelah digigit Anda bisa merasakan tekstur lembut dan rasa yang manis.

7. Jenang Jaket

Makanan lain yang juga menjadi oleh oleh khas Purwokerto yaitu jenang jaket. Makanan ini terbuat dari ketan, sesuai dengan namanya “jaket” atau “jenang asli ketan”. makanan ini memiliki tekstur mirip seperti dodol dengan rasa yang manis. Makanan ini cukup tahan lama, sehingga cocok dibawa sebagai buah tangan saat mudik.

8. Wajik

Kuliner Purwokerto lainnya yang juga sering menjadi oleh-oleh Purwokerto yaitu wajik. Makanan ini juga terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula merah, sehingga rasanya manis dan legit. Makanan ini cocok untuk disantap bersama kopi atau teh.

9. Lumpia Boom

Sejauh ini, kita mungkin mengenal lumpia sebagai makanan khas Semarang. Ternyata, selain di Semarang lumpia juga ditemui di daerah lain. Di Purwokerto misalnya, ada Lumpia Boom merupakan oleh oleh khas Purwokerto kekinian.

Lumpia Boom memiliki ukuran lebih besar dibandingkan lumpia biasa. Rasa lumpia ini gurih dan lezat dengan isian yang sangat beragam. Makanan ini cocok dikonsumsi bersama nasi hangat dan sambal. Anda bisa membawa Lumpia Boom sebagai oleh-oleh karena cukup awet.

Oleh Oleh Khas Purwokerto Selain Makanan

Selain makanan, di Purwokerto juga terdapat oleh-oleh khas lainnya. Berikut alternatif oleh oleh khas Purwokerto selain makanan yang bisa Anda beli.

1. Sandal Karet

Sandal karet termasuk kerajinan asli Purwokerto yang terbuat dari ban mobil bekas yang didaur ulang kembali, sehingga terjamin awet dan nyaman saat dikenakan. Dari segi model, sandal ini memilik bentuk seperti sendal selop.

Sandal ini cocok dikenakan untuk aktivitas sehari-hari atau digunakan saat musim hujan. Saat terkena hujan, kualitas sandal ini tidak berkurang. Anda bisa membeli sandal karet khas Purwokerto di souvenir atau outlet khusus yang menjual sandal ini.

2. Kaos Purwokerto

Selan sandal karet, oleh oleh khas Purwokerto kekinian lainnya yaitu kaos Purwokerto. Keunikan kaos ini yaitu terdapat tulisan dalam bahasa ngapak atau gambar wayang. Kaos ini memiliki bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat, sehingga bisa nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait