12 Oleh Oleh Khas Padang yang Menarik untuk Dicicipi

Siti Nur Aeni
28 April 2022, 14:48
Rendang salah satu oleh oleh khas Padang
instagram.com/rendanggadih.official/
Rendang salah satu oleh oleh khas Padang

Padang terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan dari Padang dan sering menjadi oleh oleh khas Padang yaitu rendang. Tapi, selain rendang ternyata masih banyak makanan enak yang berasal dari tanah minang.

Jika Anda berkunjung ke Padang, jangan lupa untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Apa sajakah makanan enak yang biasa menjadi oleh-oleh khas padang? Ini dia daftarnya khusus untuk Anda.

Oleh Oleh Khas Padang yang Enak dan Nikmat

1. Aneka Rendang

Rendang merupakan makanan khas Padang yang populer karena rasanya yang enak. Kita mungkin mengenal rendang terbuat dari daging sapi, padahal di daerah asalnya rendang bisa dibuat dari berbagai bahan baku.

Beberapa varian rendang yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Padang, antara lain; rendang daging sapi, rendang telur, dan rendang suwir ayam. Makanan yang satu ini cocok menjadi oleh-oleh karena tahan lama, sehingga aman jika dibawa bepergian jarak jauh.

2. Roti Rendang

Selain memiliki berbagai varian, rendang juga diolah menjadi bentuk makanan lain. Salah satu inovasi dari rendang yaitu roti rendang. Makanan ini juga cocok menjadi oleh oleh khas Padang. Roti rendang merupakan roti yang diisi dengan rendang.

Jenis roti rendang juga sangat bervariasi, mulai dari roti rendang sapi, roti rendang daging ayam, hingga roti rendang kacang merah. Jika ingin mencicipi makanan ini, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Padang. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp6000 per bungkus.

3. Kerupuk Jangek

Jangek merupakan kerupuk kulit khas Padang yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Kerupuk ini memiliki beberapa varian mulai dari original, balado, hingga pedas manis. Anda bisa membeli makanan ini di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Padang.

4. Dendeng

Dendeng juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Padang. Sama seperti rendang, dendeng juga biasanya terbuat dari daging sapi. Walaupun, saat ini mulai ada inovasi olahan dendeng seperti dendeng daun singkong. Dendeng daging dibuat dengan cara diasap, sehingga cukup awet dan cocok untuk menjadi oleh-oleh.

5. Keripik Sanjai Balado

Oleh oleh khas Padang lainnya yaitu keripik sanjai balado. Keripik ini terbuat dari singkong yang diberi bumbu khas. Selain balado, keripik sanjai juga ada yang dijual dengan rasa tawar atau asin saja.

6. Keripik Balado Shirley

Selain keripik sanjai balado, makanan khas Padang lainnya yaitu keripik balado shirley. Keripik ini juga memiliki rasa balado yang juga memiliki rasa enak. Keripik ini banyak dijual di berbagai tempat, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh di sekitar Padang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...