12 Oleh Oleh Khas Padang yang Menarik untuk Dicicipi

Padang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner. Beberapa kuliner dari daerah ini sering menjadi oleh oleh khas Padang. Penasaran apa saja? Ini daftarnya.
Image title
28 April 2022, 14:48
Rendang salah satu oleh oleh khas Padang
instagram.com/rendanggadih.official/
Rendang salah satu oleh oleh khas Padang

Padang terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan dari Padang dan sering menjadi oleh oleh khas Padang yaitu rendang. Tapi, selain rendang ternyata masih banyak makanan enak yang berasal dari tanah minang.

Jika Anda berkunjung ke Padang, jangan lupa untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Apa sajakah makanan enak yang biasa menjadi oleh-oleh khas padang? Ini dia daftarnya khusus untuk Anda.

Oleh Oleh Khas Padang yang Enak dan Nikmat

1. Aneka Rendang

Rendang merupakan makanan khas Padang yang populer karena rasanya yang enak. Kita mungkin mengenal rendang terbuat dari daging sapi, padahal di daerah asalnya rendang bisa dibuat dari berbagai bahan baku.

Beberapa varian rendang yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Padang, antara lain; rendang daging sapi, rendang telur, dan rendang suwir ayam. Makanan yang satu ini cocok menjadi oleh-oleh karena tahan lama, sehingga aman jika dibawa bepergian jarak jauh.

Advertisement

2. Roti Rendang

Selain memiliki berbagai varian, rendang juga diolah menjadi bentuk makanan lain. Salah satu inovasi dari rendang yaitu roti rendang. Makanan ini juga cocok menjadi oleh oleh khas Padang. Roti rendang merupakan roti yang diisi dengan rendang.

Jenis roti rendang juga sangat bervariasi, mulai dari roti rendang sapi, roti rendang daging ayam, hingga roti rendang kacang merah. Jika ingin mencicipi makanan ini, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Padang. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp6000 per bungkus.

3. Kerupuk Jangek

Jangek merupakan kerupuk kulit khas Padang yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Kerupuk ini memiliki beberapa varian mulai dari original, balado, hingga pedas manis. Anda bisa membeli makanan ini di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Padang.

4. Dendeng

Dendeng juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Padang. Sama seperti rendang, dendeng juga biasanya terbuat dari daging sapi. Walaupun, saat ini mulai ada inovasi olahan dendeng seperti dendeng daun singkong. Dendeng daging dibuat dengan cara diasap, sehingga cukup awet dan cocok untuk menjadi oleh-oleh.

5. Keripik Sanjai Balado

Oleh oleh khas Padang lainnya yaitu keripik sanjai balado. Keripik ini terbuat dari singkong yang diberi bumbu khas. Selain balado, keripik sanjai juga ada yang dijual dengan rasa tawar atau asin saja.

6. Keripik Balado Shirley

Selain keripik sanjai balado, makanan khas Padang lainnya yaitu keripik balado shirley. Keripik ini juga memiliki rasa balado yang juga memiliki rasa enak. Keripik ini banyak dijual di berbagai tempat, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh di sekitar Padang.

7. Karak Kaliang

Makanan ini mirip dengan klanting, oleh oleh khas Purwokerto. Sama seperti klanting, karak kaliang juga terbuat dari singkong yang dibentuk seperti angka delapan. Makanan ini memiliki rasa yang gurih karena dibumbui dengan garam dan bawang putih.

Anda bisa membeli makanan ini di toko oleh-oleh di sekitar Padang atau membelinya langsung di pabriknya di Kota Payakumbuh atau Kabupaten Limapuluh Kota. Di pabriknya, makanan dijual dengan harga sekitar Rp5000 per bungkus.

8. Arai Pinang

Camilan khas Padang lainnya yaitu Arai Pinang. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan rempah, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan enak. Teksturnya renyah, cocok untuk menjadi camilan sehari-hari.

9. Bolu Batik

Bolu batik menjadi oleh oleh khas padang selanjutnya. Bolu batik merupakan bolu gulung yang memiliki motif batik dibagian luarnya. Makanan ini tidak hanya enak namun juga memiliki penampilan yang menarik.

Butuh keterampilan khusus untuk membuat makanan ini. Wajar, jika harganya cukup mahal, yaitu sekitar Rp60.000 per porsi.

10. Galamai

Galamai merupakan dodol khas Minangkabau yang juga sering menjadi oleh oleh khas Padang. Tak beda jauh dengan dodol pada umumnya, galamai juga dibuat dari beras ketan, santan, dan gula aren. Yang membedakan galamai dengan dodol lainnya yaitu pada galamai dicampur dengan kacang tanah yang sudah disangrai. Dengan demikian, rasanya semakin gurih dan unik.

11. Dakak-dakak

Dakak-dakak merupakan makanan ringan khas Padang yang terbuat dari singkong yang sudah dipotong dadu. Setelah itu, singkong ditambah dengan bumbu rempah yang membuat rasanya enak dan khas.

12. Kopi Khas Padang

Selain makanan, pilihan oleh oleh khas Padang lainnya yaitu kopi khas Padang. Untuk mencicipi kopi ini, Anda bisa berkunjung ke Kiniko Enterprise. Kopi khas Padang ini memiliki rasa yang khas dan disajikan dengan cara yang unik dengan menggunakan batok kelapa.

Tak hanya menikmati kopi secara langsung di sana, Anda juga bisa membelinya untuk dibawa pulang. Harga satu paket kopi khas Padang ini sekitar Rp20.000.

Itulah makanan khas Padang yang sering menjadi oleh oleh khas Padang. Beberapa kuliner tersebut bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin membawa buah tangan dari tanah Minangkabau.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait