Manfaat Mandi Malam Hari, Bisa Menghilangkan Stres

Siti Nur Aeni
13 Mei 2022, 20:41
Manfaat Mandi Malam Hari, Bisa Menghilangkan Stres
pexels.com
Ilustrasi perempuan yang mandi di malam hari

Banyak di antara kita yang beranggapan bahwa mandi di malam hari berbahaya untuk kesehatan. Namun ternyata, mandi di malam hari ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat mandi malam hari? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Mandi di Malam Hari

Anggapan bahaya mandi malam hari membuat banyak orang takut untuk mandi saat malam hari. Padahal, mandi di malam hari jika dilakukan dengan benar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa manfaat mandi di malam hari yang perlu diketahui.

1. Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Mandi di malam hari ternyata bisa membuat tidur lebih berkualitas. Pasalnya, mandi di malam hari terutama mandi dengan air hangat dapat menurunkan suhu tubuh Anda.

Jika suhu tubuh turun, maka tubuh akan lebih rileks dan memicu kantuk lebih cepat. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan di jurnal Sleep Medicine Reviews, yang mengatakan bahwa mandi di malam hari bisa membantu tidur cepat dan pulas.

Sementara itu, mandi di malam hari juga berguna untuk mengurangi nyeri otot dan pegal-pegal yang membuat sulit tidur. Manfaat ini bisa dirasakan jika Anda mandi menggunakan air hangat. Pasalnya, suhu air hangat ketiga mandi dapat membantu mengistirahatkan otot yang tegang dan kaku. Dengan demikian, Anda bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

2. Meredakan Stres

Manfaat lain dari mandi di malam hari yaitu dapat meredakan stres. Dengan mandi malam, Anda juga akan mendapatkan manfaat terhindar dari stres serta kecemasan.

Mandi di malam hari dipercaya bisa merangsang produksi endorfin dan noradrealin dalam tubuh. Kedua senyawa tersebut dapat memberikan efek seperti obat antidepresan. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman.

Jika Anda merasa cemas dan depresi, mandi di malam hari menggunakan air dingin juga sapat membantu mengurangi gejala yang menggangu waktu tidur Anda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...