Fungsi Jantung Berdasarkan Anatomi Lengkap dengan Mekanisme Kerjanya

Sebagai organ vital, jantung memiliki beragam fungsi untuk tubuh. Salah satu fungsi jantung yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.
Image title
5 Januari 2022, 09:09
Fungsi Jantung Berdasarkan Anatomi Lengkap dengan Mekanisme Kerjanya
pixabay.com
Ilustrasi jantung manusia

Fungsi jantung sangat penting bagi tubuh. Sebab organ ini bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung bermasalah, maka tubuh bisa mengalami berbagai penyakit hingga berisiko terjadi kematian.

Mengutip dari hellosehat.com, jantung mempunyai ukuran sedikit lebih besar dibandingkan kepalan tangan yaitu sekitar 200 – 425 gram. Letak jantung berada di antara paru-paru kanan dan kiri. Jantung tersusun atas beberapa komponen yang memiliki fungsi berbeda.

Fungsi Jantung Sesuai dengan Bagiannya

Salah satu fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke selutuh bagian tubuh. Selain itu, fungsi utama jantung lainnya yaitu untuk menjaga ritme detak jantung dan menjaga darah.

Selain fungsi utama tersebut, organ ini juga memiliki fungsi lain sesuai dengan anatomi yang dimilikinya. Mengutip dari alodokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Advertisement

1. Serambi Kanan

Fungsi serambi kanan pada jantung yaitu untuk menerima darah kotor dari vena dan memompa ke bilik kanan. Perlu diketahui bahwa darah kotor merupakan darah yang mengandung sedikit oksigen.

Pada janin, biasanya terdapat lubang di serambi kanan untuk memnungkinkan darah yang mengandung oksigen dari ibu masuk ke serambi kiri. Hal ini diperlukan untuk menjaga sirkulasi darah pada janin, sebab paru-paru bayi dalam kandungan belum bisa bekerja dengan optimal.

Ketika bayi lahir, paru-parunya akan mengembang dan berfungsi dengan baik. Lubang tersebut kemudian akan terutup dan membuat batasan di antara serambi kanan dan kiri.

2. Bilik Kanan

Bilik kanan adalah bagian yang berperan untuk memompa darah kotor ke paru-paru supaya karbon dioksida ditukar dengan oksigen lewat pernapasan. Bilik kanan ada di bawah serambi kanan dan di samping bilik kiri.

Darah kotor yang mengalir lewat serambi akan melalui katup trikuspid agar sampai di bilik kanan. Darah kemudian di pompa ke paru-paru lewat katup pulmonalis dan mengalir lewat arteri pulmonalis.

Jika anatomi jantung ini tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan gagal jantung kanan karena jantung tidak bisa memompa dengan efisien.

3. Serambi Kiri

Fungsi organ jantung adalah untuk menerima darah bersih dari paru-paru. Fungsi ini ditunjang oleh anatomi jantung bernama serambi kiri. Bagian jantung ini ada di kiri atas jantung.

Perlu diketahui bahwa darah bersih adalah darah yang memiliki oksigen. Darah bersih ini masuk ke serambi kiri lewat pembuluh balik atau vena pulmonasil. Lalu, dipompa ke bilik kiri lewat katup mitral.

4. Bilik Kiri

Bilik kiri jantung berada di bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup mitral. Bilik kiri adalah bagian dari jantung yang tugasnya untuk memompa darah bersih ke selutuh tubuh. Bilik kiri merupakan bagian jantung yang paling tebal.

Ketika tekanan darah meningkat, maka otot bilik kiri membesar dan mengeras. Hal tersebut dikarenakan beban kerja bilik kiri untuk memompa darah bertambah. Jika hal tersebut terjadi terus menerus, maka bisa menyababkan fungsi jantung ini terganggu.

Meknisme Kerja Jantung

Fungsi jantung yang penting untuk tubuh akan berjalan dengan baik jika organ ini bekerja secara optimal. Menurut penjelasan di hellosehat.com, mekanisme kerja jantung berhubungan dengan sirkulasi darah dalam tubuh.

Secara singkat, sirkulasi darah yang dipompa jantung berasal dari tubuh ke jantung, lalu ke paru-paru kembali ke jantung dan dialirkan ke seluruh tubuh. Pada jantung sisi kiri, darah yang rendah oksigen akan masuk ke jantung lewat dua pembuluh vena inferior dan superior. Setelah itu menuju ke atrium kanan.

Bagian atrium akan berkontraksi dan darah mengalir ke ventrikel kanan lewat katup trikupsida yang sudah terbuka. Jika ventrikel sudah penuh, maka katup tersebut akan menutup. Hal ini bertujuan untuk mencegah darah mengalir mundur menuju atrium.

Di saat itu juga, ventrikel akan berkontraksi dan darah meninggalkan jantung lewat katup pulmoral, ke arteri pulmonalis dan menuju paru-paru. Kemudian darah kembali mengandung oksigen.

Pemompaan darah yang kaya oksigen mengalir lewat jantung kanan. Darah akan melalui vena pulmonalis ke atrium kiri. Aritum akan berkontraksi dan mengalirkan darah ke ventrikel kiri lewat katup mitral yang terbuka.

Ketika ventrikel penuh, katup akan menutup untuk mencegah darah masuk kembali ke atrium. Disaat yang sama, ventrikel akan berkontraksi dan darah meninggalkan jantung dari katup aorta, ke aorta, dan beredar ke seluruh tubuh.

Itulah beberapa fungsi jantung beserta mekanisme kerjanya. Mengetahui bahwa jantung termasuk organ vital, maka sudah sepatutunya kita menjaga fungsi organ tersebut. Tujuannya agar tubuh terhindari risiko penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait