Fungsi Jantung Berdasarkan Anatomi Lengkap dengan Mekanisme Kerjanya

Siti Nur Aeni
5 Januari 2022, 09:09
Fungsi Jantung Berdasarkan Anatomi Lengkap dengan Mekanisme Kerjanya
pixabay.com
Ilustrasi jantung manusia

Fungsi jantung sangat penting bagi tubuh. Sebab organ ini bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung bermasalah, maka tubuh bisa mengalami berbagai penyakit hingga berisiko terjadi kematian.

Mengutip dari hellosehat.com, jantung mempunyai ukuran sedikit lebih besar dibandingkan kepalan tangan yaitu sekitar 200 – 425 gram. Letak jantung berada di antara paru-paru kanan dan kiri. Jantung tersusun atas beberapa komponen yang memiliki fungsi berbeda.

Fungsi Jantung Sesuai dengan Bagiannya

Salah satu fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke selutuh bagian tubuh. Selain itu, fungsi utama jantung lainnya yaitu untuk menjaga ritme detak jantung dan menjaga darah.

Selain fungsi utama tersebut, organ ini juga memiliki fungsi lain sesuai dengan anatomi yang dimilikinya. Mengutip dari alodokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Serambi Kanan

Fungsi serambi kanan pada jantung yaitu untuk menerima darah kotor dari vena dan memompa ke bilik kanan. Perlu diketahui bahwa darah kotor merupakan darah yang mengandung sedikit oksigen.

Pada janin, biasanya terdapat lubang di serambi kanan untuk memnungkinkan darah yang mengandung oksigen dari ibu masuk ke serambi kiri. Hal ini diperlukan untuk menjaga sirkulasi darah pada janin, sebab paru-paru bayi dalam kandungan belum bisa bekerja dengan optimal.

Ketika bayi lahir, paru-parunya akan mengembang dan berfungsi dengan baik. Lubang tersebut kemudian akan terutup dan membuat batasan di antara serambi kanan dan kiri.

2. Bilik Kanan

Bilik kanan adalah bagian yang berperan untuk memompa darah kotor ke paru-paru supaya karbon dioksida ditukar dengan oksigen lewat pernapasan. Bilik kanan ada di bawah serambi kanan dan di samping bilik kiri.

Darah kotor yang mengalir lewat serambi akan melalui katup trikuspid agar sampai di bilik kanan. Darah kemudian di pompa ke paru-paru lewat katup pulmonalis dan mengalir lewat arteri pulmonalis.

Jika anatomi jantung ini tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan gagal jantung kanan karena jantung tidak bisa memompa dengan efisien.

3. Serambi Kiri

Fungsi organ jantung adalah untuk menerima darah bersih dari paru-paru. Fungsi ini ditunjang oleh anatomi jantung bernama serambi kiri. Bagian jantung ini ada di kiri atas jantung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...