9 Manfaat Hemat Uang untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Siti Nur Aeni
20 Juni 2022, 15:08
manfaat hemat
pixabay.com
Ilustrasi menabung sebagai sebagai salah satu perilaku hidup hemat

Hemat merupakan perilaku terpuji yang sudah diajarkan sejak anak-anak. Perilaku ini memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Lantas, apa saja manfaat hemat? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Hemat Uang untuk Diri Sendiri

Hemat berarti berhati-hati dalam membelanjakan uang dan sebagainya, tidak boros, serta cermat. Sebagaimana pepatah yang menyebutkan bahwa “hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin”, kebiasaan hemat ini memberikan banyak manfaat.

Advertisement

Mengutip dari ajaib.co.id, berikut ini sejumlah manfaat hemat uang yang perlu diketahui.

1. Memiliki Kecukupan secara Finansial

Sejauh ini mungkin banyak di antara kita yang mengira bahwa gaji atau penghasilan yang besar akan menentukan kecukupan finansial. Nyatanya, hal ttersebut bentu tentu benar. Pasalnya, ada juga orang yang memiliki penghasilan besar tapi ternyata pengeluarannya juga besar. Alhasil, orang tersebut tidak memiliki tabungan lebih.

Maka dari itu, kunci dari kecukupan finansial yaitu kesanggupan diri untuk menahan keinginan membelanjakan uang yang dimiliki. Hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan jika kita menerapkan pola hidup hemat.

Dengan kebiasaan hidup hemat, sebesar apapun penghasilan yang dimiliki, maka kita tidak akan mudah tergoda menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Seseorang yang terbiasa hemat, biasanya akan lebih memilih menggunakan uang untuk mencukupi kebutuhan dibandingkan keinginan semata.

Orang yang hemat juga biasanya lebih memilih menggunakan uang untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan keuangannya. Dengan demikian, kecukupan finansial lebih mudah tercapai.

2. Membentuk Kemandirian

Manfaat hemat lainnya yaitu bisa membantu membentuk diri menjadi lebih mandiri. Hal tersebut dikarenakan, seseorang yang terbiasa hidup hemat sudah bisa bertanggung jawab dengan uang yang dimiliki.

Kebiasaan baik ini perlu dipupuk sejak kecil. Dengan demikian saat memasuki usia dewasa, orang tersebut sudah tidak bertangung lagi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dirinya.

3. Mengasah Kemampuan dalam Mempertimbangkan Sesuatu

Siapa sangka jika perilaku hemat bisa mempengaruhi kemampuan berfikir seseorang, terutama dalam hal mempertimbangkan sesuatu. Dengan membiasakan diri hidup hemat, maka yang bersangkutan bisa tumbuh menjadi pribadi yang tidak bimbang.

Seseorang yang terbiasa hidup hemat, secara tidak langsung akan menjadi pribadi yang bisa berpikir praktis dan mudah dalam mengambil keputusan. Hidup hemat secara tidak langsung juga melatih seseorang untuk selalu mempertimbangkan rasio kecukupan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement