Love Language adalah Ekspresi Kasih Sayang, Pahami Jenis-jenisnya

Bahasa cinta atau love language adalah ekspresi kasih sayang dari seseorang kepada orang lain. Ada lima jenis love language, berikut penjelasannya.
Siti Nur Aeni
28 Juni 2022, 10:27
Love Language adalah Ekspresi Kasih Sayang, Pahami Jenis-jenisnya
unsplash.com
Ilustrasi love language

Istilah love language akhir-akhir ini mulai ramai diperbincangkan. Dalam Bahasa Indonesia, love language berarti bahasa cinta. Secara umum, istilah love language adalah ekspresi cinta yang diutarakan seseorang kepada orang lain, baik kepada keluarga, pasangan, atau teman.

Dalam hubungan asmaran, bahasa cinta ini sangat penting untuk pahami. Pasalnya, lewat bahasa cinta ini, hubungan dengan pasangan bisa menjadi lebih nyaman dan romantis. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memahami prihal bahasa cinta atau love language.

Apa Itu Love Language?

Secara konsep, love language adalah cara seseorang untuk mengekspresikan cintanya kepada orang lain. Hal ini tidak hanya tentang hubungan romantis saja. Melainkan, bisa diterapkan dalam hubungan lain seperti hubungan dengan orang tua atau teman.

Dalam Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, diterangkan bahwa bahasa cinta ini bermanfaat untuk mengekspresikan kasih sayang. Ekspresi cinta ini bisa berbeda antar setiap orang, bahkan dengan pasangan pun love language bisa berbeda. Dengan memahami ekspresi cinta pasangan, maka seseorang bisa mencintai pasangannya dengan baik sesuai dengan yang diinginkan pasangannya.

Advertisement

Jenis-jenis Love language

Belajar memahami bahasa cinta khususnya dalam pasangan bisa meningkatkan komunikasi dan memperkuat ikatan dalam hubungan asrama. Menurut penjelasan di Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, tipe love language ini ada lima. Berikut penjelasannya.

1. Kata Penegasan

Tipe bahasa cinta yang pertama yaitu kata-kata penegasan atau word of affirmation. Seperti namanya, seseorang dengan love language word of affirmation menggunakan kalimat sebagai ekspresi kasih sayangnya.

Misalnya, mengucapkan rasa syukur atas kehadiran pasangan dihidupnya, mengucapkan selamat pagi, mengungkapkan kata-kata romantis, dan lain sebagainya. Kata-kata penegasan tersebut bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung seperti lewat pesan singkat atau surat.

2. Menerima Hadiah

Seseorang dengan love language tipe ini akan merasa dicintai dan diperhatikan ketika menerima hadiah. Artinya, yang bersangkutan membutuhkan tindakan atau bukti nyata dibandingkan kata-kata.

Maka dari itu, jika pasangan Anda memiliki bahasa cinta receiving gifts, sebaiknya pahami untuk memberinya perhatian lewat hadiah. Tak perlu hadiah yang mahal, berikan saja hadiah yang disukai dan bermakna, maka pasangan akan merasa disayangi.

Anda juga bisa mencoba memberi kejutan agar pasangan merasa bahagia. Hal tersebut dinilai sebagai sebuah usaha untuk membahagiakan pasangan.

3. Tindakan Melayani

Tindakan melayani atau act of service merupakan tipe bahasa cinta yang ditunjukan dengan cara melakukan tindakan yang dapat membantu pasangan. Misalnya, saat pasangan sedang kesulitan, Anda bisa langsung pasang badan untuk membantunya.

Meskipun demikian, jika Anda tidak tahu harus melakukan apa, ada baiknya untuk bertanya langsung pada pasangan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam menangkap keinginan dari pasangan.

4. Sentuhan Fisik

Seseorang dengan bahasa cinta physical touch biasanya menyukai hal-hal yang berhubungan dengan sentuhan fisik secara langsung seperti berpegangan tangan. Bahasa cinta ini bisa menjadi ekspresi kasih sayang selama dilakukan dalam suasana penuh cinta dan tidak ada unsur pemaksanaan di dalamnya.

5. Waktu Berkualitas

Quality time menjadi hal yang penting untuk dimiliki setiap orang. Waktu yang berkualitas ini bisa dihabiskan dengan diri sendiri atau bersama orang tersayang. Wajar jika akhirnya muncul istilah love language quality time.

Maksud dari bahasa cinta ini yaitu, seseorang yang memiliki kesenangan untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya. Bentuk dari quality time ini sangat beragam, bahkan setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya.

Contoh quality time yaitu makan bersama, nonton film bersama, atau sekadang berbincang tentang hal-hal yang sudah atau hendak dilakukan. Qualty time ini bisa menjadi sarana komunikasi yang baik dengan pasangan.

Itulah penjelasan singkat seputar love language. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa bahasa cinta atau love language adalah ekspresi kasih sayang dari seseorang kepada orang lain. Jenisnya cukup beragam dan cara mengekspresikannya pun berbeda-beda .

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait