Love Language adalah Ekspresi Kasih Sayang, Pahami Jenis-jenisnya

Siti Nur Aeni
28 Juni 2022, 10:27
Love Language adalah Ekspresi Kasih Sayang, Pahami Jenis-jenisnya
unsplash.com
Ilustrasi love language

Istilah love language akhir-akhir ini mulai ramai diperbincangkan. Dalam Bahasa Indonesia, love language berarti bahasa cinta. Secara umum, istilah love language adalah ekspresi cinta yang diutarakan seseorang kepada orang lain, baik kepada keluarga, pasangan, atau teman.

Dalam hubungan asmaran, bahasa cinta ini sangat penting untuk pahami. Pasalnya, lewat bahasa cinta ini, hubungan dengan pasangan bisa menjadi lebih nyaman dan romantis. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memahami prihal bahasa cinta atau love language.

Advertisement

Apa Itu Love Language?

Secara konsep, love language adalah cara seseorang untuk mengekspresikan cintanya kepada orang lain. Hal ini tidak hanya tentang hubungan romantis saja. Melainkan, bisa diterapkan dalam hubungan lain seperti hubungan dengan orang tua atau teman.

Dalam Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, diterangkan bahwa bahasa cinta ini bermanfaat untuk mengekspresikan kasih sayang. Ekspresi cinta ini bisa berbeda antar setiap orang, bahkan dengan pasangan pun love language bisa berbeda. Dengan memahami ekspresi cinta pasangan, maka seseorang bisa mencintai pasangannya dengan baik sesuai dengan yang diinginkan pasangannya.

Jenis-jenis Love language

Belajar memahami bahasa cinta khususnya dalam pasangan bisa meningkatkan komunikasi dan memperkuat ikatan dalam hubungan asrama. Menurut penjelasan di Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, tipe love language ini ada lima. Berikut penjelasannya.

1. Kata Penegasan

Tipe bahasa cinta yang pertama yaitu kata-kata penegasan atau word of affirmation. Seperti namanya, seseorang dengan love language word of affirmation menggunakan kalimat sebagai ekspresi kasih sayangnya.

Misalnya, mengucapkan rasa syukur atas kehadiran pasangan dihidupnya, mengucapkan selamat pagi, mengungkapkan kata-kata romantis, dan lain sebagainya. Kata-kata penegasan tersebut bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung seperti lewat pesan singkat atau surat.

2. Menerima Hadiah

Seseorang dengan love language tipe ini akan merasa dicintai dan diperhatikan ketika menerima hadiah. Artinya, yang bersangkutan membutuhkan tindakan atau bukti nyata dibandingkan kata-kata.

Maka dari itu, jika pasangan Anda memiliki bahasa cinta receiving gifts, sebaiknya pahami untuk memberinya perhatian lewat hadiah. Tak perlu hadiah yang mahal, berikan saja hadiah yang disukai dan bermakna, maka pasangan akan merasa disayangi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement