Memahami Makna Physical Touch Lengkap dengan Manfaatnya

Physical touch adalah bahasa cinta yang ditampilkan lewat sentuhan fisik. Berikut ini penjelasan seputar physical touch yang perlu dipahami.
Siti Nur Aeni
28 Juni 2022, 17:43
Ilustrasi Physical Touch
pexels.com
Ilustrasi Physical Touch

Apakah Anda mengetahui arti physical touch? Secara bahasa, physical touch ini memiliki arti sentuhan fisik. Physical touch ini termasuk love language atau bahasa cinta.

Perlu diketahui bahwa, love language adalah cara ekspresi kasih sayang dari seseorang kepada orang lain. Bahasa cinta ini tak hanya berlaku untuk hubungan sepasang kekasih saja, namun juga hubungan seseorang dengan keluarga atau sahabat.

Sejauh ini, kita mengenal ada lima tipe love language yang terdiri atas; word of affirmation, receiving gifts, act of service, physical touch, dan quality time. Maka dari itu, wajar jika setiap orang memiliki bahasa cintanya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini, kita akan secara khusus mempelajari makna physical touch dalam bahasa cinta. Simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Advertisement

Apa Itu Physical Touch?

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, physical touch berarti sentuhan fisik. Menurut penjelasan di Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, physical touch adalah bahasa cinta yang ditampilkan lewat sentuhan fisik.

Bahasa cinta ini bisa menjadi ekspresi kasih sayang yang efektif dengan syarat dilakukan dalam suasana penuh cinta dan tidak ada unsur pemaksanaan.

Menurut penjelasan di sehatq.com, secara fisiologi sentuhan fisik ini membuat seserang menjadi lebih bahagia. Hal tersebut dikarenakan sentuhan kulit dengan kulit bisa membantu melepas hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin yang bisa memicu rasa bahagia.

Ciri-ciri Physical Touch

Setiap pasangan memiliki cara tersendiri untuk menunjukan rasa sayangnya. Salah satu bentuk ekspresi rasa sayang yaitu lewat sentuhan fisik. Mengutip dari satupersen.net, berikut ini sejumlah ciri jika Anda dan pasangan memiliki bahasa cinta physical touch.

  1. Anda dan pasangan merasa sangat “touchy” seperti bepegangan tangan, saling merangkul, dan lain sebagainya.
  2. Menerima sentuhan fisik secara spontan dan membuat Anda atau pasangan merasa dicintai.
  3. Anda atau pasangan merasa sangat manis dan bermakna saat ada salah satu diantara kalian yang ingin melakukan sentuhan fisik.
  4. Gerakan fisik kecil dan sederhana seperti berpegangan tangan dan menyandarkan bahu menjadi aktivitas favorit saat bersama pasangan.
  5. Hadiah dan kata-kata manis tidak terlalu bermakna dan tidak membuat Anda atau pasangan merasa istimewa.

Cara Menunjukan Ekspresi Cinta Ke Pemilik Physical Touch

Seseorang yang memiliki love language physical touch akan menyukai sentuhan fisik. Maka dari itu, saat memiliki pasangan dengan love language tipe ini, Anda bisa menunukan ekspresi cinta lewat cara-cara berikut ini:

  1. Memeluk pasangan menggunakan kedua tangan.
  2. Berpegangan tangan saat pergi bersama.
  3. Menyender pada pundaknya untuk menunjukan rasa kasih sayang.
  4. Duduk bedampingan.
  5. Saat sedang membicarakan hal serius, pegang tangannya dan berikan sentuhan lembut.

Manfaat Physical Touch dengan Pasangan

Physical touch sangat identik dengan sentuhan fisik atau skinship. Ternyata, bahasa cinta ini memiliki beberapa manfaat. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut sejumlah manfaat sentuhan fisik dengan pasangan.

1. Mengeluarkan Hormon Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Hormon ini diketahui bisa meningkat saat ada sentuhan fisik seperti menyentuh tangan, bahu, atau lengan.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat physical touch lainnya yaitu bisa menurunkan darah tinggi. Hal ini tersebut dikarenakan sentuhan fisik bisa menimbulkan efek bahagia dan tenang. Tak hanya menurunkan tekanan darah, Tiffany Field, PhD dalam Healthline juga menyebutkan skinship dengan pasangan bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh.

3. Meningkatkan Rasa Percaya

Physical touch juga bisa meningkatkan rasa percaya pada pasangan. Maka dari itu, tak ada salahnya menunjukan rasa sayang dengan sentuhan fisik sederhana seperti bergandengan tangan atau menyenderkan kepada ke bahu.

4. Membuat Hubungan Semakin Dekat

Setiap pasangan memiliki cara untuk membuat hubungan semakin dekat. Bagi pasangan yang memiliki bahasa cinta physical touch, sentuhan fisik merupakan cara untuk membuat hubungan semakin dekat. Hal tersebut dikarenakan sentuhan fisik bisa menimbulkan perasaan bahagia dan merasa dicintai.

Itulah penjelasan singkat seputar physical touch dari definisi sampai manfaatnya. Setiap orang memiliki bahasa cintanya masing-masing. Physical touch hanyalah salah satu dari bahasa cinta lain yang bisa membuat hubungan semakin dekat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait