5 Tipe Love Language dan Cara Mengetahuinya

Siti Nur Aeni
28 Juni 2022, 14:53
Ilustrasi tipe love language
unsplash.com
Ilustrasi love language

Apakah Anda pernah mendengar istilah love language? Apakah Anda mengetahui love language yang dimiliki? Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang tipe love language dan cara mengetahuinya. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi lebih lengkap.

Tipe Love Language

Love language adalah cara ekspresi kasih sayang dari seseorang kepada orang lain. Bahasa cinta ini tak hanya berlaku untuk hubungan sepasang kekasih saja, namun bisa juga diterapkan dalam hubungan dengan keluarga maupun sahabat.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa, bahasa cinta dalam sebuah hubungan bisa saja berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bahasa cinta pasangan. Dengan memahami ekspresi cinta pasangan, maka seseorang bisa mencintai pasangannya dengan baik sesuai dengan yang diinginkan pasangannya.

Menurut penjelasan di Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, tipe love language ini ada lima yang terdiri atas; word of affirmation, receiving gifts, act of service, physical touch, dan quality time. Berikut penjelasannya.

1. Word of Affirmation

Tipe love language yang pertama yaitu word of affirmation atau kata-kata penegasan. Ekspresi cinta dari seseorang yang memiliki love language ini ditunjukan dengan kata-kata romantis.

Misalnya, ungkapan rasa sayang, ucapan terima kasih, ucapan selamat kepada pasangan, memuji penampilan pasangan, dan lain sebagainya. Bahasa cinta ini bisa disampaikan secara langsung atau tidak langsung seperti lewat chat, sambungan telepon, video call, dan lain sebagainya.

Menurut penjelasan di sehatq.com, apabila pasangan memiliki bahasa cinta word of affirmation, maka beberapa hal yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut:

  • Mengungkapkan hal apapun yang dirasakan.
  • Apabila tidak bisa menyampaikan kata-kata romantis secara langsung, Anda bisa menyampaikan lewat tulisan.
  • Menggunakan kata-kata bijak karena seseorang dengan bahasa cinta word of affirmation sangat memperhatikan setiap kata yang diucapkan maupun didengarnya.
  • Pahami kalimat yang disukai pasangan.

2. Receiving Gifts

Seseorang yang memiliki love language tipe ini biasanya merasa dicintai dan diperhatikan saat menerima hadiah. Artinya, yang bersangkutan membutuhkan tindakan atau bukti nyata dibandingkan kata-kata.

Maka dari itu, jika pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, tak ada salahnya untuk memberkan hadiah yang berarti. Tak harus mahal, hadiah murah namun bermakna juga bisa membuat pasangan senang dan merasa dicintai.

Selain memberikan hadiah berupa barang, Anda juga bisa sesekali memberikan kejutan. Terlebih jika kejutan tersebut diberikan di hari spesialnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement