5 Tipe Love Language dan Cara Mengetahuinya

Love language adalah ekspresi cinta dari seseorang kepada orang lain. Tipe love language ini terbagi menjadi 5 jenis, berikut ini penjelasan lengkapnya.
Siti Nur Aeni
28 Juni 2022, 14:53
Ilustrasi tipe love language
unsplash.com
Ilustrasi love language

Apakah Anda pernah mendengar istilah love language? Apakah Anda mengetahui love language yang dimiliki? Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang tipe love language dan cara mengetahuinya. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi lebih lengkap.

Tipe Love Language

Love language adalah cara ekspresi kasih sayang dari seseorang kepada orang lain. Bahasa cinta ini tak hanya berlaku untuk hubungan sepasang kekasih saja, namun bisa juga diterapkan dalam hubungan dengan keluarga maupun sahabat.

Perlu diketahui bahwa, bahasa cinta dalam sebuah hubungan bisa saja berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bahasa cinta pasangan. Dengan memahami ekspresi cinta pasangan, maka seseorang bisa mencintai pasangannya dengan baik sesuai dengan yang diinginkan pasangannya.

Menurut penjelasan di Jurnal Konvergensi Vol. 3 No. 1, tipe love language ini ada lima yang terdiri atas; word of affirmation, receiving gifts, act of service, physical touch, dan quality time. Berikut penjelasannya.

Advertisement

1. Word of Affirmation

Tipe love language yang pertama yaitu word of affirmation atau kata-kata penegasan. Ekspresi cinta dari seseorang yang memiliki love language ini ditunjukan dengan kata-kata romantis.

Misalnya, ungkapan rasa sayang, ucapan terima kasih, ucapan selamat kepada pasangan, memuji penampilan pasangan, dan lain sebagainya. Bahasa cinta ini bisa disampaikan secara langsung atau tidak langsung seperti lewat chat, sambungan telepon, video call, dan lain sebagainya.

Menurut penjelasan di sehatq.com, apabila pasangan memiliki bahasa cinta word of affirmation, maka beberapa hal yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut:

  • Mengungkapkan hal apapun yang dirasakan.
  • Apabila tidak bisa menyampaikan kata-kata romantis secara langsung, Anda bisa menyampaikan lewat tulisan.
  • Menggunakan kata-kata bijak karena seseorang dengan bahasa cinta word of affirmation sangat memperhatikan setiap kata yang diucapkan maupun didengarnya.
  • Pahami kalimat yang disukai pasangan.

2. Receiving Gifts

Seseorang yang memiliki love language tipe ini biasanya merasa dicintai dan diperhatikan saat menerima hadiah. Artinya, yang bersangkutan membutuhkan tindakan atau bukti nyata dibandingkan kata-kata.

Maka dari itu, jika pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, tak ada salahnya untuk memberkan hadiah yang berarti. Tak harus mahal, hadiah murah namun bermakna juga bisa membuat pasangan senang dan merasa dicintai.

Selain memberikan hadiah berupa barang, Anda juga bisa sesekali memberikan kejutan. Terlebih jika kejutan tersebut diberikan di hari spesialnya.

Berdasarkan penjelasan di sehatq.com, love language tipe ini bisa dilihat dari ciri-ciri sebagai berikut:

  • Senang mengirim atau menerima hadiah bahwa saat tak ada acara spesial.
  • Suka menerima atau memberi kejutan.
  • Selalu antusias saat mendapatkan hadiah.
  • Menghargai pemberian, dibutkikan dengan cara menggunakannya, menceritakannya, atau menyimpannya dengan baik.
  • Tidak nyaman dan bersedih saat tidak mendapatkan hadiah di acara spesial, misalnya pasangan tidak memberi kado saat ulang tahun.
  • Tidak membuang hadiah yang pernah diterimanya.

3. Act of Service

Act of service adalah tipe bahasa cinta yang ditampilkan dengan cara melakukan tindakan yang bisa membantu atau meringankan beban pasangan. Contoh tindakan dari act of service, antara lain; mengantarkan ke dokter saat pasangan sakit, membuatkan sarapan pagi unuk istri/suami, membantu membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

Apabila pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan:

  • Berupaya menyenangkan pasangan melalui tindakan nyata.
  • Mendengarkan keluhan pasangan.
  • Mengapresiasi hal-hal yang dilakukan pasangan.
  • Menunjukkan komitmen lewat tindakan.

4. Physical Touch

Bahasa cinta physical touch ditunjukan melalui sentuhan fisik secara langsung seperti pegangan tangan. Bahasa cinta ini bisa menjadi ekspresi kasih sayang yang efektif dengan syarat dilakukan dalam suasana penuh cinta dan tidak ada unsur pemaksanaan.

5. Quality Time

Quality time juga termasuk love language. Bentuk ekspresi kasih sayang ini ditandai dengan kesenangan menghabiskan waktu bersama pasangan. Ciri dari seseorang yang memiliki love language ini, sebagai berikut:

  • Merasa kesepian saat tidak memiliki banyak waktu bersama pasangan.
  • Sangat menghargai waktu saat bersama pasangan.
  • Menghabiskan waktu bersama pasangan lebih penting dibandingkan mata-kata, hadiah, dan love language tipe lainnya.
  • Merasa kesal saat pasangan menunda jadwal bertemu.

Cara Mengetahui Love Language

Setelah mengetahui jenis-jenis love language, pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul yaitu, apa love language yang Anda dan pasangan miliki? Menurut penjelasan di satupersen.net, berikut ini beberapa cara untuk mengetahui love language.

1. Mengenal Pasangan Lebih Dalam

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat ingin mengetahui bahasa cinta pasangan yaitu dengan mengetahui pasangan dengan lebih dalam. Anda bisa memulai dengan memahami karakter dan kebiasaan pasangan. Dengan demikian, Anda bisa memahami ekspresi cinta yang ditunjukan maupun diharapkan pasangan.

2. Pahami Bahasa Cinta Pasangan

Untuk menjalin hubungan cinta dengan baik, sebaiknya pahami bahasa cinta dari pasangan. Apabila pasangan Anda memiliki love language word of affirmation, maka sebaiknya biasakan untuk memberikan pujian dan tunjukan rasa sayang dengan kata-kata romantis.

3. Diskusikan Perbedaan Bahasa Cinta

Jika Anda dan pasangan memiliki bahasa cinta yang berbeda, tak ada salahnya untuk mendiskusikan hal ini. Tujuannya, agar bisa saling memahami keinginan dan kesenangan masing-masing. Dengan demikian, hubungan tetap terjaga dengan baik.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait