Berapa Gaji YouTuber? Berikut Cara Menghitungnya

Sebagai platform besar, YouTube memberikan penghargaan atas karya yang dihasilkan para kreator melalui adsense. Lantas berapakah gaji YouTuber? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Image title
24 Januari 2022, 15:10
Berapa Gaji YouTuber? Berikut Cara Menghitungnya
Unsplash/Charles Deluvio
Ilustrasi video YouTube

Banyak orang yang kini menjadikan YouTube sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu penyebabnya yakni karena banyak orang mengira bahwa gaji YouTuber sangat besar. Namun apakah hal tersebut benar? Termukan jawabannya di pembahasan berikut.

Cara Mendapatkan Gaji YouTuber dari Adsense

Sebelum mengulas tentang nominal gaji YouTuber, tak ada salahnya jika kita mengenal terlebih dahulu adsense YouTube yang merupakan salah satu sumber gaji YouTube. Adsense YouTube sebenarnya sama saja dengan Google Adsense, sebab YouTube merupakan produk yang dimiliki Google.

Google Adsense adalah layanan periklanan milik Google. Bagi para creator, adsense merupakan sumber penghasilan mereka. Namun untuk bisa menikmati Google Ads, seorang creator harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Google. Adapun syarat-syarat tersebut sebagai berikut:

  1. Akun sudah diverifikasi oleh Google.
  2. Memiliki minimal 1000 subscriber atau pengikut.
  3. Tidak melakukan spamming.
  4. Mempunyai 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, maka seorang YouTube bisa langsung mendaftarkan channel miliknya ke Google Ads. Berikut cara daftar Google Adsense untuk YouTube:

Advertisement
  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome.
  2. Masuk ke situs resmi YouTube (youtube.com).
  3. Kemudian login menggunakan akun YouTube yang hendak Anda daftarkan ke program Google Ads.
  4. Buka YouTube Studio dengan cara klik logo channel YouTube yang ada di kanan atas.
  5. Lalu pilih menu Monetisasi.
  6. Lanjutkan dengan mengisi seluruh data yang dibutuhkan.
  7. Terakhir kirimkan formulir adsense yang telah diisi dan tunggu sampai Google menyetujui permohonan adsense yang Anda ajukan.

Gaji YouTuber Pemula

Setelah pendaftaran adsense diterima, maka konten kreator akan mendapatkan gaji atas video yang ia unggal di channel YouTube miliknya. Perlu diketahui bahwa gaji YouTuber berbeda-beda karena ada banyak hal yang mempengaruhinya. Misal, jumlah klik pada iklan yang muncul, lokasi sebuah negara, topik, konten video, hingga harga iklan yang muncul pada channel tersebut.

Yang mungkin banyak menjadi pertanyaan orang awam yaitu terkait nominal gaji yang diperoleh YouTuber pemula. Sebab kini populasi YouTube pemula di Indonesia sangatlah banyak.

Melansir dari voi.id, rata-rata gaji YouTuber pemula bisa mencapai 18 USD atau sekitar Rp245 ribu untuk 1000 tayangan video. Nominal tersebut tentu bukan angka pasti, sebab setiap YouTuber memiliki penghasilan yang berbeda. Besaran penghasilan dari YouTube juga bisa berubah seiring dengan tren dan perkembangan dari media sosial itu sendiri.

Cara Menghitung Gaji YouTuber 1000 Subscriber

Sebenarnya setiap gaji YouTuber sudah ada perhitungannya. Siapa saja bisa menghitung pendapatannya di YouTube. Gaji seorang YouTuber bisa dihitung dari cost per mille (CPM) dan cost per click (CPC).

Perlu diketahui bahwa CPM adalah pendapatan uang yang akan didapat setiap 1000 penayangan iklan yang muncul di video YouTube tersebut. Nominal CPM yang akan diterima YouTuber yaitu Rp7000 per tayangan iklan.

Sedangkan CPC akan diperoleh dari orang yang klik tayangan iklan yang muncul dalam video tersebut. Nominal CPC untuk satu kali klik yaitu Rp5000 – Rp12000.

Dari kedua hal tersebut, maka kita bisa mengetahui penghasilan YouTuber. Berikut contoh perhitungan gaji YouTuber.

Contoh perhitungan gaji youtuber

Seorang YouTuber memiliki video yang ditonton 5000 orang. Sehingga bisa diasumsikan sekitar 550 orang menonton iklan hingga selesai.

Maka dari itu, perhitungan gaji YouTuber tersebut, Rp7000 x 550 = Rp3.850.000. Kemudian, Rp3.850.000 x 55% = Rp2.117.500

Dengan demikian, gaji yang akan diperoleh YouTuber tersebut yaitu Rp2.117.500.

Estimasi Gaji YouTuber 1 Juta Subscriber

Idealnya, semakin banyak jumlah subscriber maka jumlah penghasilan yang akan semakin tinggi. Namun hal tersebut tidak bisa menjadi patokan. Jumlah penghasilan yang akan diperoleh konten kreator jika dihitung setara 3-5 dollar per 1000 iklan.

Apabila seorang YouTuber sudah memiliki 1 juga subscriber, maka kisaran penghasilan yang akan diperolehnya bisa mencapai 14 juta rupiah per bulan. Meskipun demikian jumlah gaji YouTuber 1 juta subscriber tersebut bukanlah angka pasti. Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih besar atau lebih kecil dari angka tersebut.

Cara Cek Gaji YouTuber

Gaji YouTuber juga bisa dicek dengan mudah melalui situs socialblade.com. Adapun cara untuk cek gaji YouTuber sebagai berikut:

  1. Buka situs socialblade.com.
  2. Kemudian tuliskan channel YouTube yang hendak Anda cek.
  3. Klik kanal YouTube tersebut.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang kanal tersebut termasuk estimasi penghasilan yang diperoleh channel tersebut.

Demikian penjelasan tentang gaji YouTuber yang penting untuk dipahami, mulai dari cara daftar adsense hingga cara untuk mengecek gaji dari YouTuber.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait