Mengenal 10 Contoh Hewan Avertebrata

Ada beberapa contoh hewan avertebrata. Berikut ini 10 contoh hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
Image title
24 Januari 2023, 13:53
Contoh Hewan Avertebrata
Pixabay

Ada banyak sekali hewan yang hidup di dunia. Mereka dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu avertebrata dan vertebrata. 

Hewan avertebrata artinya tidak memiliki tulang belakang. Jenis binatang ini memilki susunan saraf, organ tubuh, dan cara bekembang biak yang berbeda dari hewan bertulang belakang atau vertevrata.

Ada beberapa contoh hewan avertebrata. Untuk info lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini. 

Contoh Hewan Avertebrata

Berikut ini 10 contoh hewan avertebrata, yaitu:

1. Kupu Kupu

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)
 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kupu-kupu yang dilengkapi dengan enam kaki, dua antena, dan tiga bagian tubuh. Pada umumnya, ada jenis kupu-kupu yang bersayap dan tidak bersayap.

Hewan ini termasuk jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, yaitu mulai dari telur, larva, pupa, kemudian kupu-kupu. Menurut Smithsonian Institute, ada sekitar 17,5 ribu spesies kupu-kupu di dunia. 

Kupu-kupu dapat hidup di seluruh bumi, kecuali kawasan Antartika. Tidak hanya hidup, hewan ini  juga berkembang biak di berbagai habitat, mulai dari bukit pasir, lahan basah, padang rumput, hingga pegunungan. 

2. Semut

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Contoh hewan berikutnya adalah semut. Tubuhnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kepala, dada (tempat menempelnya tiga pasang kaki), dan perut (tempat organ vital berada).

Menurut laporan dari National Geographic, saat in sudah ada lebih dari 10 ribu spesies semut di dunia. Hewan ini dapat ditemukan di wilayah hujan tropis dengan sarang terstruktur yang terletak di bawah tanah, gundukan permukaan tanah, bahkan pepohonan.

3. Lebah

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Lebah memiliki bentuk rangka luar tipis. Terdapat tiga bagian pada tubuh lebah yaitu kepala dengan dua antena, dada dengan enam kaki, dan perut. Tubuh lebah juga dilengkapi dengan dua pasang sayap.

Dilansir dari The National Wildlife Federation, terdapat lebih dari 20 ribu spesies lebah yang tersebar di seluruh dunia. Hewan ini hidup di setiap benua, kecuali Antartika.

Di wilayah Amerika Utara, ada sekitar 4 ribu spesies lebah yang hidup di ekosistem yang berbeda, baik di hutan, gurun, maupun padang rumput. 

4. Bintang Laut

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Bintang laut merupakan salah satu hewan avertebrata yang berbentuk seperti bintang dan hidup di laut. Hewan ini juga termasuk dalam kelompok echinodermata atau hewan berkulit duri. Pada umumnya, bintang laut memiliki cakram pusat yang terbagi di lima lengan. 

Menurut laporan dari National geographic, diketahui ada sekitar 2 ribu spesies bintang laut yang hidup di seluruh lautan dunia, baik di habitat tropis maupun habitat dasar laut yang bersuhu rendah

5. Ubur Ubur

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Sama seperti binatang laut, ubur-ubur juga merupakan contoh hewan avertebrata yang hidup di laut. Hewan ini termasuk filum Cnidaria

Filum itu artinya hewan yang tidak dilengkapi otak, tubuh, jantung, bahkan juga mata. Ubur-ubur biasanya mempertahankan diri dengan menyengat musuh.

Struktur tubuh ubur-ubur terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan luar atau epidermis, lapisan tengah atau mesoglea, dan lapisan dalam atau gastrodermis. 

6. Laba-Laba

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pexel)

 

Contoh hewan berikutnya adalah  laba-laba dengan eksoskeleton yang terdiri dari kutikula dan terbuat dari kitin. Tubuh laba-laba terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu cephalothorax dan abdomen.

Sebagian besar laba-laba memiliki delapan mata dan mulut yang dikenal sebagai chelicerae. Di dalam chelicerae ini terdapat taring yang berguna untuk menyuntik racun pada mangsanya. 

Melansir Encyclopedia Britannica, terdapat lebih dari 43 ribu spesies laba-laba di dunia. Hewan ini  dapat ditemukan di hampir seluruh bagian bumi, kecuali daerah kutub, gunung tertinggi, dan lautan.

7. Siput

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Siput juga merupakan hewan avertebrata dengan karakteristik tubuh lunak dan kepala yang memiliki tentakel untuk merasakan keadaan sekitar. Hewan ini juga memiliki mulut yang terbuat radula untuk menggores makanan.

Siput diketahui memiliki kaki berotot yang kuat dan berlendir tebal yang dapat membantu melakukan pergerakan di permukaan yang kasar. Lendir pada siput juga dapat mengeras untuk membentuk sumbatan dan mencegah hewan ini dari kekeringan 

8. Cumi-Cumi

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Hewan laut lainnya yang termasuk hewan avertebrata adalah cumi-cumi. Terdapat ratusan spesies dari hewan ini yang tersebar di seluruh lautan dunia.

Cumi-cumi yang masuk dalam filum Mollusca. Artinya, hewan ini memiliki tubuh yang berbentuk tabung serta cangkang internal kecil seperti batang. Cumi-cui juga dilengkapi dnegan dua tentakel degan ukuran lebih panjang dibandingkan lengan.

Binatang ini dapat melakukan perubahan warna dan berenang mundur dengan cara memanfaatkan dorongan air yang keluar dari tubuhnya. 

9. Cacing

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Cacing memiliki tubuh datar atau bulat. Hewan ini berkepala , berekor, dan tidak memiliki kaki. Cacing juga diketahui tidak memiliki kerangka yang keras.

Cacing memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari ukuran mikroskopis hingga yang sangat panjang. Hewan ini biasanya banyak ditemukan di air, tanah basah, bahkan di dalam hewan lain yang lebih besar, 

10. Lintah

Contoh Hewan Avertebrata
Contoh Hewan Avertebrata (Pixabay)

 

Contoh hewan terakhir adalah lintah yang masuk ke dalam filum Annelida. Lintah  memiliki bentuk yang simetris bilateral dan berotot tebal. Meskipun bentuknya hampir sama seperti cacing, namun bentuk hewan ini lebih lebar dan menyerupai buah pir.

Binatang ini biasanya hidup di air tawar, Namun, ada juga lintah yang hidup di darat seperti tanah atau dedaunan rendah dalam hutan hujan basah. Meskipun tidak bisa berenang, hewn ini tetap bisa hidup di air dengan cara merendamkan diri.

Editor: Sorta
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait