Jokowi Tanam Pohon Marsawa di Hari Pers Nasional 2020

Image title
Oleh Antara
8 Februari 2020, 10:24
hari pers nasional, jokowi
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Presiden Joko Widodo menanam pohon marsawa pagi tadi, Sabtu (8/2) di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia, Kalimantan Selatan, sebagai rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Presiden Joko Widodo menanam pohon marsawa pagi tadi, Sabtu (8/2) di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia, Kalimantan Selatan. Penanaman pohon ini merupakan rangkaian acara Hari Pers Nasional atau HPN 2020.

Selain Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, hadir mendampingi Jokowi adalah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Pusat Atal S Dapari, Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko.

(Baca: Bagir Manan Minta Polemik HPN Diserahkan ke Dewan Pers)

Pohon marsawa yang ditanam Jokowi berusia 16 tahun dan berasal dari hutan alam Kabupaten Tapin. Tanaman ini khas hutan Borneo. Nama latinnya adalah Anisoptera Marginata Korth, termasuk dalam suku meranti-merantian. Pohonnya besar dan bisa mencapai ketinggian 45 meter serta diameter 135 centimeter.

Karakter marsawa adalah dapat ditanam pada tempat terbuka atau lahan panas. Jenisnya sulit ditemukan di hutan alam sehingga langkah pelestariannya menjadi sangat penting.

Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan Hanif Faisol mengatakan Jokowi menanam salah satu pohon endemik dari 169 jenis pohon di taman hutan itu. “Kalau untuk pohon sengon yang ada sebanyak 16 batang ditanam di sini,” katanya.


Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait