Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Kembali Melayani Penumpang

Pasca banjir Jakarta, Kereta Api Bandara Soekarno Hatta beroperasi dengan kecepatan terbatas dan jarak waktu antar perjalanan sekitar satu jam.
Image title
Oleh Fariha Sulmaihati
4 Januari 2020, 10:00
banjir jakarta 2020, kereta api bandara soekarno-hatta, operasi kereta api bandara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Ilustrasi. Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta kembali beroperasi pasca banjir besar di Jakarta dan sekitarnya.

PT Railink menginformasikan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta kembali melayani penumpang pada hari ini (4/1). Namun pola operasinya masih dengan kecepatan terbatas dan jarak waktu antar perjalanan atau headway sekitar satu jam.

Kepala Humas PT Railink Diah Suryandari menjelaskan KA Bandara masih membutuhkan pemyesuaian waktu tempuh perjalanan menjadi 57 menit untuk tujuan Stasiun Manggarai-Stasiun Bandara Soekarno Hatta, dan 67 menit untuk Stasiun Bandara Soekarno Hatta-Manggarai.

"Karena masih dilakukan pemeriksaan jalur rel akibat dampak banjir Jakarta sehingga perlu dilakukan perbaikan," kata Diah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/1).

Keberangkatan KA Bandara dimulai sejak pukul 4.40 WIB untuk tujuan Stasiun Manggarai-Stasiun BNI City-Stasiun Duri- Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soekarno hatta. Sedangkan arah sebaliknya mulai berangkat pukul 06.10 WIB.

(Baca: Foto : Korban Banjir Bertahan di Bantaran Rel)

Operasional kereta api ini akan diatur menyesuaikan kondisi lapangan. "Tentunya kami berharap KA Bandara dapat segera melayani penumpang dengan kondisi normal kembali yaitu dengan jarak waktu perjalanan atau headway 30 menit sekali serta waktu tempuh lebih singkat," ungkapnya.

Pembelian tiket kereta ini dapat dilakukan secara online melalui beberapa pilihan kanal, seperti Aplikasi Railink, situs reservasi, Traveloka, Bukalapak, dan KAI Acces. Penumpang juga bisa membeli tiket secara offline melalui vending machine dan Point of Sales (POS) di masing -masing stasiun.

Ia mengingatkan bagi penumpang pesawat udara agar memperhatikan jadwal serta waktu tempuh yang berlaku sementara ini untuk menghindari kemungkinan keterlambatan.

(Baca: Respons Dirut KAI soal Video Viral saat Tinjau Banjir dengan Rakit)

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing

Video Pilihan

Artikel Terkait