Pembangunan Pipa Cisem dan Dumai-Sei Mangke Bakal Pakai APBN

Image title
17 Desember 2020, 16:40
pipa gas, apbn, energi, cirebon-semarang, cisem, dumai-sei mangke
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Pembangunan dua ruas pipa gas, yaitu Cirebon-Semarang atau Cisem dan ruas Dumai-Sei Mangke, akan memakai dana APBN.

Pembangunan dua pipa gas akan memakai anggaran pendapatan dan belanja negara alias APBN. Kedua proyek itu adalah ruas Cirebon-Semarang atau Cisem dan ruas Dumai-Sei Mangke. 

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto mengatakan opsi tersebut pemerintah tempuh untuk mempercepat pembangunannya. Pasalnya, produksi gas dalam negeri diperkirakan akan meningkat dalam waktu dekat. Namun, penyerapannya tidak akan maksimal jika mengandalkan infrastruktur gas saat ini. 

Advertisement

Total dana untuk dua ruas pipa gas itu mencapai Rp 8 triliun. “Dengan masuk ke APBN, transmisi ini akan dibangun atas inisiatif pemerintah,” katanya dalam diskusi Catatan Akhir Tahun: Transisi Energi Indonesia Sampai di Mana?, Kamis (17/12).  

Harapannya, terbangunnya dua pipa transmisi itu akan membangun pasar dan peluang usaha lainnya. “Sektor industri dapat memanfaatkannya,” kata Djoko. 

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan tiga proyek pipa gas masuk dalam proyek strategis nasional atau PSN. Ketiganya adalah Cirebon-Semarang, Sei Mangke-Dumai, dan West Natuna Transportation System (WNTS)-Pulau Pemping.  

Untuk optimalisasi produksi gas, pemerintah juga akan mengembangkan jaringan gas atau jargas rumah tangga. Lalu, PT Perusahaan Gas Negara Tbk alias PGN bakal membangun beberapa proyek fasilitas mini gas alam cair atau LNG.

Nantinya, LNG itu dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan bakar pengganti solar. “Baik untuk kapal ataupun kereta,” ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement