SKK Migas Targetkan Lapangan Merakes Berproduksi Kuartal II-2021

Image title
19 Februari 2021, 16:33
lapangan merakes, blok east sepinggan, eni, cekungan kutai, skk migas
KATADATA
Ilustrasi. Lapangan Merakes, Blok East Sepinggan ditargetkan mulai berproduksi atau onstream pada kuartal 2 tahun 2021.

Lapangan Merakes, yang dikerjakan oleh ENI East Sepinggan Ltd, akan berproduksi atau onstream pada kuartal 2 tahun 2021. Pengerjaan proyek ini sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan operator terus berusaha mengejar keterlambatan proyek. “Saat ini progres pekerjaannya mencapai 88,5%. Hanya 1,5% lebih lambat dari target,” kata Julius berdasarkan keterangan tertulis, Jumat (19/2).

Untuk tahun ini, lapangan yang berada di cekungan Kutai, lepas pantai Kalimantan Timur itu akan menghasilkan produksi gas sebesar 345 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Produksinya akan mencapai puncak pada 2022 menjadi 368 juta standar kaki kubik per hari.

Gas dari lapangan ini nantinya akan dialirkan ke Kilang LNG Bontang. Pembangunannya telah berjalan sejak 2019 dengan menelan investasi sebesar US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 18,2 triliun.

SKK Migas menilai kinerja keselamatan kerja, kesehatan, dan lindungan lingkungan (K3LL) proyek Merakes cukup baik. Hingga lima Februari 2021, terdapat 1,03 juta jam kerja tanpa kecelakaan (zero accident).

Realisasi Proyek Hulu Migas

Sepanjang Januari hingga Februari 2021, SKK Migas telah berhasil menyelesaikan dua dari 12 proyek hulu migas yang ditargetkan onstream pada tahun 2021. “Ini memberi kami keyakinan proyek-proyek lain dapat direalisasikan tepat waktu,” kata Julius.

Proyek onstream tersebut yang pertama adalah Lapangan KLD oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Onshore West Java (ONWJ). Produksinya pada bulan lalu sebesar 16 juta standar kaki kubik per hari.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...