Nasib Grup Bakrie di Proyek Pipa Gas Cisem Ditunggu hingga April

Image title
15 Maret 2021, 19:23
bph migas, pipa gas, grup bakrie, bakrie & brothers, bnbr, cirebon-semarang, cisem
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. BPH Migas menanti kepastian PT Bakrie & Brothers Tbk soal kelanjutan proyek pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem).

Badan pengatur hilir minyak dan gas bumi alias BPH Migas menanti kepastian PT Bakrie & Brothers Tbk soal kelanjutan proyek pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem). Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan pihaknya telah menetapkan perusahaan untuk melanjutkan proyek. 

Penetapannya berdasarkan urutan pemenang lelang. Di urutan pertama adalah PT Rekayasa Industri atau Rekin. Perusahaan pelat merah ini telah menyatakan mundur dari proyek tersebut terhitung sejak 15 Maret 2021.

Nah, di urutan kedua adalah Bakrie & Brothers yang berkode efek BNBR. “Kalau sebulan (15 April 2021) mereka tidak mampu memberikan performance bond (jaminan performa), otomatis gugur,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Senin (15/3). 

Pada Juni mendatang, perusahaan Grup Bakrie itu juga harus memiliki perjanjian transportasi gas dengan para pengirim (shipper). “Hal ini guna memberi kepastian pelaksanaan proyek,” kata Fanshurullah. 

Bakrie & Brothers juga sedang menggarap pipanisasi Kalimantan-Jawa atau Kalija Tahap 2. Perusahaan memenangkan lelangnya pada 2006. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...