Eni Umumkan Temuan Cadangan Migas di Blok West Ganal

Image title
7 Juni 2021, 13:52
migas, Eni, skk migas, blok west ganal, kalimantan
Katadata
Ilustrasi. Pengeboran lepas pantai migas.

Eni mengumumkan temuan cadangan minyak dan gas bumi (migas) baru. Penemuan ini terjadi setelah perusahaan asal Italia tersebut melakukan pengeboran sumur appraisal (penilaian) Maha-2 di Wilayah Kerja West Ganal, lepas pantai Kalimantan.

Deputi Operasi yang juga menjabat Pelaksana Tugas Deputi Perencanaan SKK Migas Julius Wiratno mengatakan, Eni berhasil menemukan 43 meter lapisan pasir bersih gas dengan karakteristik reservoir (penampungan air) yang sangat baik.

Advertisement

Proses pengeboran sumurnya mencapai tingkat kedalaman 2.970 meter dengan kedalaman di bawah air 1.115 meter. ”Dari hasil uji produksi terbatas mencatat, keterkiriman gas yang mengalir sekitar 33,9 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD),” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (7/6).

Pengujian yang dilakukan, menurut Julius, berhasil menghimpun data penting untuk mendukung studi persiapan rencana pengembangan Lapangan Maha. Dua sumur penilaian lainnya direncanakan akan dilakukan pengeboran. 

SKK Migas mendorong Eni untuk segera melakukan langkah lanjutan sampai tahapan rencana pengembangan atau plan of development (PoD). “Agar lapangan itu segera berproduksi dan menambah neraca gas nasional,” ucapnya. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement