5 Rekomendasi Film Perang Kerajaan Terbaik dan Sinopsisnya

Image title
15 Juli 2021, 11:55
Film Perang Kerajaan Terbaik beserta Sinopsis dan Pesan Moral
imdb.com
Salah satu adegan dalam film Troy (2004)

Film perang kerajaan, baik epos dan mitologi, mengambil latar jauh di masa lampau. Hal tersebut yang membuat film bergenre ini menjadi menarik. Penonton dapat menyaksikan strategi perang, perjuangan, dan pengorbanan yang dapat dipelajari untuk diterapkan dalam kehidupan.

Berikut ini adalah rekomendasi film perang kerajaan beserta sinopsis dan pesan moral yang terkandung di dalamnya.

1. Gladiator

Pada tahun 180 Masehi di Roma, Jenderal Marcus Aurelius memimpin pasukan Romawi menuju perang melawan orang-orang barbar Jerman pada tahun 180 M dan menang. mengakhiri perang yang berkepanjangan. Kini, dia sekarat berencana untuk menunjuk Jenderal Maximus Decimus Meridius yang setia dan berani sebagai penggantinya untuk memulihkan kekuatan Senat Romawi. Namun, putranya Commodus yang haus kekuasaan dan cemburu mengetahui rencana tersebut kemudian membunuh Marcus Aurelius, dan berencana untuk mengeksekusi Maximus untuk merebut tahtanya.

Maximus lolos dari eksekusi, tetapi menjadi korban perdagangan manusia saat dia dijual sebagai budak dan dilatih sebagai gladiator oleh Proximo. Maximus bertahan hidup dan bersumpah suatu hari nanti dia bisa membalas dendam dan memenuhi keinginan kaisarnya yang sekarat. Maximus dan rekan gladiatornya dipanggil ke Roma untuk berpartisipasi dalam maraton permainan gladiator yang diadakan atas perintah kaisar baru, Commodus. Melalui keberaniannya, dia memenangkan perhatian dari para penonton dan mengungkapkan identitas aslinya, yang membuat Commodus kecewa.

Bisakah Maximus menggunakan jiwa pemimpinnya untuk membalas kematian Marcus Aurelius, atau akankah Commodus dapat mempertahankan tahta? Film Gladiator mengajarkan bahwa seorang pemimpin dan peradaban harus memiliki nilai-nilai kekuatan dan kehormatan agar mencapai kemakmuran.

2. 300

Dalam Pertempuran Thermopylae pada tahun 480 Sebelum Masehi (SM), aliansi kota di Yunani bersatu untuk melawan tentara Persia yang menyerang di celah gunung Thermopylae. Jumlah tentara Yunani jauh lebih sedikit dibandingkan tentara musuh yang berjumlah ratusan ribu merupakan tentara paling terkenal dalam sejarah.

Raja Persia, Xerxes, memimpin pasukan prajurit yang berjumlah lebih dari 100 ribu orang ke Yunani dan menghadapi 300 Spartan, 700 Thespians, dan 400 Thebans. Mereka mempertahankan posisi dan berhasil membunuh puluhan ribu orang Persia serta mencegah mereka masuk ke Yunani selama beberapa hari.

Xerxes menunggu selama 10 hari hingga Raja Leonidas, pemimpin pasukan Sparta, menyerah atau mundur tetapi pada akhirnya, Xerxes terus maju. Namun, Ephialtes, seorang yang ditolak saat mencoba bergabung tentara Spartan, membalas dendam dengan menunjukkan Xerxes sebuah lorong rahasia kemudian membunuh seluruh tentara Yunani.

Film 300 menceritakan perjuangan terakhir yang luar biasa dari prajurit Spartan terbaik yang menerima nasib mereka dan melihat pertempuran sebagai tugas mereka untuk melindungi seluruh Yunani. Film ini memiliki pesan moral tentang menjaga kehormatan dan kemuliaan hingga akhir hayat merupakan pencapaian yang mulia, seperti yang ditunjukkan oleh para prajurit Spartan.

3. Troy

Terinspirasi dari puisi karangan Homer yang berjudul The Iliad, Troy berlatar pada tahun 1250 SM, akhir zaman Perunggu. Dua negara berkembang mulai bertikai setelah Pangeran Trojan bernama Paris meyakinkan Helen, Ratu Sparta, untuk meninggalkan suaminya, Menelaus, dan berlayar bersamanya kembali ke Troy. Setelah Menelaus mengetahui bahwa istrinya diambil oleh Paris, dia meminta saudaranya, Agamemnon, untuk membantu mendapatkannya kembali.

Agamemnon melihat tugas tersebut sebagai peluang untuk berkuasa. Dia dan pasukannya berangkat dengan 1.000 kapal yang membawa 50 ribu orang Yunani ke Troy. Dengan bantuan Achilles, orang-orang Yunani mampu melawan Trojan (sebutan untuk penduduk Troy) yang belum pernah dikalahkan sebelumnya.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement