3 Rekomendasi Film Perang Dunia II, Belajar Sejarah Lewat Film

Perang Dunia II telah berakhir 75 tahun yang lalu. Banyak film perang dunia yang cocok untuk ditonton sebagai hiburan sekaligus belajar sejarah. Berikut rekomendasinya.
Image title
13 Juli 2021, 12:46
Rekomendasi Film Perang Dunia, Belajar Sejarah lewat Film
ANTARA FOTO/REUTERS/Evgenia Novozhenina/HP/dj
Tank tempur utama T-72 B3 Rusia melakukan latihan jelang parade Hari Kemenangan, yang menandai kemenangan atas Nazi Jerman pada Perang Dunia II, di Red Square, pusat kota Moskow, Rusia, Jumat (7/5).

Perang Dunia II dimulai pada tahun 1939 ketika Jerman menginvasi Polandia. Kemudian Inggris dan Prancis menanggapi dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Perang tersebut terjadi antara Blok Poros (Jerman, Italia, Jepang) dan Blok Sekutu (Inggris, Amerika Serikat, Uni Soviet, Prancis). Sebagian besar negara di dunia turut terlibat dan terkena dampaknya.

Perang itu menjadi catatan kelam sejarah manusia dengan sekitar 70 juta orang tewas di seluruh dunia. Perang di Eropa berakhir dengan menyerahnya Jerman pada 7 Mei 1945., sedangkan perang di Pasifik berakhir ketika Jepang menyerah pada 2 September 1945.

Kini, ragam peristiwa saat Perang Dunia II telah banyak menginspirasi berbagai film yang dapat ditonton dan menjadi sarana belajar sejarah. Simak rekomendasi film perang dunia terbaik berikut ini.

1. Dunkirk

Film perang dunia pertama adalah Dunkirk, sebuah film karya sutradara ternama Christopher Nolan yang dirilis pada tahun 2017 dan diambil dari peristiwa nyata yang disebut Miracle of Dunkirk atau Keajaiban Dunkirk. Sejak dirilis, Dunkirk telah memenangkan 12 penghargaan, termasuk 3 Piala Oscar.

Dunkirk berkisah tentang perjuangan 400 ribu tentara Inggris dan Prancis yang terpojok di sebuah pantai di Kota Dunkirk, Prancis pada bulan Mei-Juni 1940 ketika Perang Dunia II berlangsung. Pasukan Jerman di bawah kuasa Adolf Hitler telah mengepung Dunkirk dan satu-satunya jalan keluar adalah melalui jalur laut. Namun, Jerman memiliki pesawat yang terus menjatuhkan bom sehingga para tentara kesulitan untuk bergerak.

Jalan cerita Dunkirk dibagi menjadi tiga bagian utama yang mengikuti masing-masing tokohnya. Bagian pertama adalah perjuangan tentara Inggris melalui jalur darat dengan tokoh sentral bernama Tommy. Ia adalah tentara Inggris yang terjebak di pesisir pantai dan berusaha untuk kembali ke Inggris. Bersama dengan ratusan ribu tentara lain, Tommy harus berjuang melawan pasukan Jerman yang lebih superior.

Sementara itu, bagian kedua mengambil latar di laut. Para warga sipil Inggris diperintahkan oleh Winston Churchill untuk menyelamatkan para tentara dengan menggunakan kapal pribadi. Kemudian pada bagian ketiga, tiga pilot Inggris bertempur melawan pasukan Jerman. Namun, dua dari tiga pilot tersebut jatuh sehingga tersisa satu pilot yang kemudian mampu menembak pesawat Jerman dan mendarat di pesisir pantai Dunkirk.

Dunkirk dibintangi oleh deretan aktor unggulan seperti Tom Hardy, Cillian Murphy, dan Fionn Whitehead serta aktor pendukung lain seperti Harry Styles, Jack Lowden, dan Aneurin Barnard. Melalui film ini, penonton dapat menyaksikan keadaan saat Perang Dunia II sekaligus mempelajari sejarah.

Pesan yang dapat diambil dari film tersebut adalah semangat perjuangan tanpa henti dan sifat gotong royong yang tulus akan membawa hasil yang luar biasa. Dunkirk dapat ditonton melalui Catchplay dan Google Play.

2. Saving Private Ryan

Rekomendasi film perang dunia selanjutnya adalah Saving Private Ryan yang rilis pada 1998 dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Dalam rentang tahun 1998 hingga 1999, Saving Private Ryan mendapatkan 27 penghargaan, termasuk lima Piala Oscar. Film ini mengambil inspirasi dari peristiwa nyata Invasi Normandia yang disebut juga Operasi Overlord.

Cerita dimulai pada 6 Juni 1944 di Normandia, bagian Selatan Prancis. Kapten John Miller (diperankan Tom Hanks) dan anak buahnya mendarat di pantai tempat pertempuran berlangsung. Tentara Amerika dibantai dan hanya dapat bertahan hidup dengan berlindung di bukit pasir. Dengan menggunakan torpedo, mereka berusaha melintasi berbagai rintangan dan memusnahkan pertahanan Jerman yang terakhir.

Di Inggris, sebuah misi penyelamatan diselenggarakan untuk menemukan Prajurit James F Ryan (diperankan oleh Matt Damon) dengan bantuan pasukan udara. Kapten Miller bersama prajurit elit yang terdiri dari delapan orang, berangkat mencari Prajurit Ryan. Pencarian Prajurit Ryan semakin intensif hingga suatu hari secara kebetulan, Kapten Miller menemukan Ryan.

Kapten Miller memerintahkan Prajurit Ryan untuk pulang tetapi ia tidak ingin meninggalkan teman-temannya yang berperang. Lalu, Jerman menyerang dan pertempuran terjadi hingga pada saat-saat terakhir. Pasukan Kapten Miller mundur saat tentara Jerman menyeberangi jembatan dengan tank. Mereka diserang hingga mundur.

Dari film Saving Private Ryan, penonton pentingnya mengambil keputusan di saat genting. Ada pula dilema moral yang berujung pada satu pertanyaan kritis: apakah Prajurit Ryan layak untuk diselamatkan? Saving Private Ryan dibintangi oleh aktor ternama Tom Hanks dan Matt Damon serta aktor pendukung lainnya. Film ini dapat ditonton melalui Netflix dan Prime Video.

3. The Imitation Game

The Imitation Game adalah film karya sutradara Morten Tyldum yang dirilis pada 2014. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, dalam film ini tidak ditampilkan keadaan medan perang melainkan orang-orang jenius yang bekerja di balik layar. Sejak dirilis, The Imitation Game mendapat delapan penghargaan, salah satunya adalah Piala Oscar untuk Skenario Adaptasi Terbaik pada 2015.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang matematikawan jenius bernama Alan Turing. Pada 1939, Perang Dunia II diumumkan di London dengan 800 ribu anak dievakuasi dari rumah mereka.

Untuk mengantisipasi perang, badan intelijen Inggris yang baru dibentuk bernama MI6 merekrut alumni matematikawan Cambridge, Alan Turing, untuk memecahkan kode yang digunakan oleh tentara Nazi. Saat proses rekrutmen, Alan menyebutkan bahwa dia tidak berbicara bahasa Jerman.

Namun, ia menciptakan mesin bernama Enigma. Mesin ini adalah perangkat enkripsi terbesar dalam sejarah ketika itu yang digunakan untuk menciptakan kode-kode rahasia untuk mengoordinasi serangan tentara Nazi. Jika Sekutu dapat memecahkan kodenya, maka perang dapat berakhir.

Alan bergabung dalam tim berjumlah lima orang. Mereka sebenarnya memiliki mesin Enigma yang diselundupkan dari Berlin tetapi mereka tidak tahu cara menggunakannya. Setiap tengah malam, Jerman memperbarui pengaturan Enigma sehingga tim Alan hanya memiliki 18 jam setiap hari untuk memecahkan kode mereka sebelum diubah dan mereka harus mulai dari awal.

Perang terus berlanjut, pihak Inggris terus menggunakan Enigma untuk membaca kode musuh hingga perang berakhir pada tahun 1945 dan dimenangkan oleh Blok Sekutu. Namun, kemenangan Blok Sekutu tidak membuat Alan sepenuhnya bahagia karena ternyata Alan menyimpan suatu rahasia yang mengarah pada kematiannya.

Melalui film The Imitation Game, pesan yang dapat diambil adalah jangan menyerah dan kerja keras tidak akan berakhir sia-sia. Tim Alan melalui berbagai kegagalan dan percobaan selama bertahun-tahun hingga mereka mencapai kesuksesan. The Imitation Game dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Alan Turing dan Keira Knightley sebagai Joan Clarke. Film ini dapat ditonton melalui situs Catchplay.


Demikian rekomendasi film Perang Dunia II yang dapat ditonton melalui situs online. Film ini dapat digunakan sebagai sarana belajar sejarah yang edukatif dan menghibur.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait