Pahami Gejala Covid-19 dari Varian Alpha, Beta, Delta, dan Kappa

Siti Nur Aeni
15 Juli 2021, 18:41
Gejala Covid Alpha, Beta, Delta, dan Kappa yang Harus di Waspadai
ANTARA FOTO/REUTERS/HP/sa.
Ilustrasi perawatan pasien Covid-19.

Pandemi corona  memang belum berakhir. Sudah sejak awal tahun 2020, masyarakat Indonesia terpaksa membatasi aktivitas sosialnya dan mengubah banyak kebiasaan. Salah satu kebiasaan baru yang saat ini selalu dilakukan adalah mengenakan masker dan mencuci tangan.

Semakin hari kondisi semakin mengkhawatirnya. Menurut data, per tanggal 14 Juli 2021 angka positif covid-19 di Indonesia sudah mencapai 2.670.046 kasus, sembuh sebanyak 2.157.363 kasus, dan meninggal dunia mencapai 69.210 kasus.

Angka kasus positif yang tidak kunjung turun diperparah dengan hadirnya berbagai varian baru virus corona. Beberapa varian yang sudah ada di Indonesia diantaranya Alpha, Beta, Delta, dan Kappa. Dari varian baru ini memunculkan gejala Covid-19 yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya. 

Gejala Awal Covid Pada Minggu Pertama

Umumnya seseorang yang terpapar virus corona akan merasakan gejala di hari ke dua hingga 14 setelah terinfeksi. Namun, jangka waktu tersebut bisa saja berbeda setiap orang, tergantung dari daya tahan tubuhnya.

Melansir dari portal AloDokter, gejala awal Covid-19 di minggu pertama sebenarnya hanya seperti flu, seperti demam, batuk kering, dan tubuh yang terasa lelah. Namun, selain tiga gejala tersebut ada juga 10 gejala lainnya yang muncul di minggu pertama, yaitu:

  1. Anosmia atau hilangnya fungsi indra penciuman.
  2. Hidung tersumbat.
  3. Mata menjadi merah.
  4. Tenggorokan terasa sakit.
  5. Kepala menjadi sakit.
  6. Nyeri pada otot dan sendi.
  7. Adanya ruam di kulit.
  8. Gangguan pencernaan.
  9. Tubuh mengigil.
  10. Hilangnya nafsu makan.

Apabila merasakan gejala tersebut, segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat. Deteksi dini lebih baik untuk mencegah penularan Covid-19.

Gejala Covid Terbaru Dari Berbagai Varian yang Ada Di Indonesia

Selain gejala umum yang sudah ada di atas, masih ada gejala Covid-19 dari varian terbaru yang harus diwaspadai. Berikut ini penjelasannya.

Gejala Covid Varian Alpha

Alpha merupakan varian virus corona yang berasal di Inggris. Nama ilmiahnya adalah B.1.1.7. Penemuan dari mutan corona ini diketahui pada Desember 2020. Beberapa bulan setelahnya, tepatnya pada April 2021, varian ini mendominasi kasus virus corona di Amerika Serikat. Ada beberapa gejala Covid-19 yang disebabkan oleh varian ini.

  1. Batuk yang terus menerus.
  2. Sakit di dada dan diikuti dengan demam.
  3. Anosmia.
  4. Sakit kepala.
  5. Kelelahan.
  6. Nyeri pada otot.
  7. Diare.
  8. Meraskan kebingungan.
  9. Ruam di bagian kulit.

Gejala Covid-19 Varian Beta

Varian covid-19 lainnya yaitu Beta. Virus ini muncul pertama kali di Afrika Slatan pada Oktober 2020 dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Beta atau nama ilmiahnya B.1.351 masuk ke negara ini pada Mei 2021 di Bali. Banyak peneliti yang menyebutkan varian ini umumnya ditemukan pada pasien usia muda. Gejala yang ditimbulkan cukup serius, yaitu:

Halaman:
Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...