Cek Fakta: Apakah Vaksin Picu Lonjakan Kematian Pasien Covid-19?

Sorta Tobing
28 Juli 2021, 09:58
vaksin, covid-19, cek fakta, cek fakta vaksin
AstraZeneca
Ilustrasi vaksin Covid-19.
GNI: Keliru
 

Pesan berantai yang mempertanyakan khasiat vaksin Covid-19 beredar kembali. Kali ini penyebar pesan juga menautkan pernyataan dari mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

Berikut isi pesan tersebut:

Tarik napas, berpikir dgn tenang...

Allah memberi manusia akal & otak yg sempurna untuk digunakan sebaik mungkin... Bagi orang tua yg mempunyai anak, mungkin tidak aneh saat orang tua membawa bayi/balita ke dokter untuk melakukan bbrapa vaksin, dgn tujuan agar anak² kita terhindar dari beberapa penyakit (Alhamdulillah bayi/anak yg di vaksin nyaris tidak terdengar terkena penyakit tsb), misalnya,

Vaksin Hepatitis B: untuk mencegah penyakit hepatitis B.

Vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus): vaksin kombinasi yg bisa mencegah ketiga penyakit mematikan.

Vaksin BCG: untuk mencegah serangan penyakit tuberkulosis (TB).

Vaksin Polio: untuk mencegah penyakit polio yg sangat menular dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

Dan vaksin lain lainnya...

Kini muncul fenomena kepanikan luar biasa akibat virus Kopit yg membuat jutaan manusia rela berebut untuk di Vaksin Covid, entah karena panik, entah karena ikut²an, entah over paranoid, dsb.

Padahal untuk 1 vaksin ini banyak terjadi kematian setelah di vaksin, banyak yg sakit setelah di vaksin, dan anehnya yg tertular virus covidpun sangat banyak, padahal telah di vaksin covid.

Dan jahatnya tim Satgas, untuk kasus² kematian setelah di vaksin, tidak ada 1 pun yg diakui kematian tsb krna vaksin, tapi yg disalahkan penyakit komorbid yg di derita oleh yg meninggal.

Pertanyaannya: APA FUNGSI VAKSIN TERSEBUT? jika banyak yg wafat, banyak yg sakit & banyak yg tertular virus covid.

Siti Fadilah: Sudah Vaksin 2 Kali, Malah Kena Covid dan Meninggal, Harus Diteliti

https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/berita/pr-192171534/sudah-vaksin-dua-kali-malah-kena-covid-19-dan-meninggal-eks-menkes-siti-fadilah-harus-diteliti

Vaksinisasi Berjalan, Kematian Covid Kok Bertambah

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210701173505-20-661980/eks-menkes-vaksinasi-berjalan-kematian-covid-kok-bertambah

Banyak kasus masyarakat yang sudah di vaksinasi justru angka kematian pun melonjak.

Mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Dr.dr. Siti Fadilah Supari, Sp.Jp angkat suara dan bertanya-tanya kenapa hal itu bisa terjadi ?

"Usul saya coba cari secara ilmiah data-data sebelum divaksin dan sesudah vaksin berjalan. Apakah kira-kira angka kesakitan naik atau angka kematian naik? Atau keduanya? Disini akan kita lihat," ungkap Mantan Menkes Dr.dr. Siti Fadilah Supari, Sp.Jp

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...