Pertempuran Surabaya, Bukti Nyata Kegigihan Mempertahankan Kemerdekaan

Siti Nur Aeni
23 Agustus 2021, 16:19
Hotel Majapahit salah satu saksi bisu Pertempuran Surabaya 10 November 1945.
cagarbudaya.kemdikbud.go.id
Hotel Majapahit salah satu saksi bisu Pertempuran Surabaya 10 November 1945.

Bagi bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945 bukanlah akhir perjuangan melainkan awal perjuangan. Bahkan setelah kemerdekaan, bangsa Indonesia masih harus berjuang melawan penjajah, khususnya Belanda yang masih ingin menguasai Indonesia.

Perjuangan bangsa ketika itu terlihat di berbagai daerah, salah satunya Surabaya, Jawa Timur. Kota Pahlawan ini menjadi saksi perjuangan bangsa untuk mempertahankan kemerdekaan.

Ada banyak pertempuran yang terjadi setelah kemerdekaan, salah satu yang terbesar dan melegenda yaitu pertempuran Surabaya. Bagaimana latar belakang dan cerita tentang pertempuran ini? Berikut ini penjelasannya.

Latar Belakang Pertempuran Surabaya

Pertempuran di Surabaya ini terjadi pada 10 November 1945. Melansir dari situs bone.go.id, setelah Indonesia merdeka, pemerintah mengeluarkan peraturan mengharuskan pengibaran bendera merah putih mulai 1 September 1945. Gerakan tersebut dilakukan di seluruh wilayah NKRI, termasuk Surabaya.

Beberapa minggu setelah peraturan tersebut diterapkan, tentara Inggris kembali datang ke Indonesia dan sampai di Surabaya pada 25 September 1945. Tentara Inggris tersebut begabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) dan datang bersama NICA (Netherlands Indies Civil Administration).

Tugas dari tentara sekutu tersebut yaitu melucuti tentara Jepang dan memulangkan ke negaranya, membebaskan tawanan perang yang ditahan oleh tentara Jepang, serta mengembalikan Indonesia ke tangan Belanda. Tentu saja tugas dari sekutu ini menimbulkan kemarahan masyarakat, khususnya yang tinggal di Surabaya. Dari sinilah menjadi muncul pertempuran 10 November 1945.

Banyaknya orang yang tidak setuju dengan hal tersebut menimbulkan kerumunan masa di depan Hotel Yamato, Surabaya, dan menuntut penurunan bendera Belanda serta mengkibarkan kembali Merah Putih. Tanggal 27 Oktober 1945, perwakilan Indonesia melakukan musyawarah dengan pihak Belanda.

Perundingan tersebut berakhir meruncing karena  WV Ch Ploegman, pemimpin organisasi Indo Europesche Vereniging (IEV) yang diangkat NICA menjadi walikota Surabaya, mengeluarkan senjata api hingga akhirnya menimbulkan pertikaian.

Ploegman kemudian tewas oleh  Residen Soedirman, Sidik, di Hotel Yamato. Pada saat itu juga terjadi kericuhan yang mengakibatkan warga mendesak masuk ke dalam hotel.

Hariyono dan Koesno Wibowo berhasil merobek warna biru di bendera Belanda sehingga tersisa warna Merah dan Putih saja yang merupakan bendera Indonesia. Pada 29 Oktober di tahun yang sama, Indonesia dan sekutu akhirnya sepakat untuk melakukan gencatan senjata.

Akan tetapi kesepakatan tersebut diingkari, kedua belah pihak kembali bentrok. Pertempuran tersebut menyebabkan Brigjen Mallaby tewas. Sepeninggalan Mallaby, pimpinan tentara sekutu digantikan oleh Mayor Jenderal Robert Mansergh.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...