Hutan Bambu Keputih Surabaya, Tempat Ekowisata dalam Kota

Image title
23 Agustus 2021, 18:21
Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.
Aufarelqofadi/Tripadvisor
Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kota Surabaya, Jawa Timur, identik dengan sebutan Kota Pahlawan karena insiden pertempuran 10 November 1945 yang merupakan salah satu pertempuran terbesar setelah proklamasi. Pertempuran tersebut adalah bukti perjuangan rakyat Indonesia melawan kolonialisme.

Ada banyak peninggalan bersejarah di kota Surabaya yang kini populer menjadi destinasi wisata sejarah dan budaya. Tetapi, ternyata terdapat pula lahan berisi hutan bambu yang subur dan asri. Hutan bambu tersebut bernama Hutan Bambu Keputih.

Advertisement

Sebagai informasi, bambu memiliki nilai ekonomi yang penting di Indonesia. Beberapa contoh penggunaan bambu dapat ditemukan dalam bahan bangunan, sebagai sumber makanan, dan sebagai produk mentah serbaguna.

Bambu merupakan tanaman hasil hutan bukan kayu (HHBK) dengan jumlah terbanyak berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019. 

Asal Mula Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Melansir dari situs web Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, hutan ini dulunya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA).

Namun, Pemkot Surabaya memindahkan TPA tersebut ke daerah Benowo pada 2000. Lahan kosong tersebut diubah menjadi ruang terbuka hijau sekaligus destinasi wisata. Kini, Hutan Bambu Keputih ramai dikunjungi para wisatawan.

Untuk menjaga kelestarian hutan bambu, Pemkot Surabaya membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang bertujuan untuk merawat dan menjaga kelestarian Hutan Bambu Keputih. Satgas tersebut terdiri dari 15 orang.

Suasana Hutan Bambu Keputih

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat 125 jenis bambu di Indonesia dan 39 jenisnya sudah teridentifikasi. Dari jumlah tersebut tersebut ada 11 jenis yang tergolong jenis komersial.

Tetapi, hingga saat ini belum ada sumber resmi yang mengidentifikasi jenis tanaman bambu di Hutan Bambu Keputih. Beberapa kelompok bambu yang sering dikembangkan di Indonesia adalah jenis Bambusa, Dendrocalamus dan Gigantochloa.

Suasana Hutan Bambu Keputih menyajikan keindahan yang asri dan hijau. Dengan batang-batang bambu yang tinggi menjulang, pengunjung dapat merasakan suasana teduh sepanjang perjalanan.

Saat ada cahaya matahari yang menyusup masuk diantara celah pepohonan bambu, muncul nuansa mistis seakan terbawa ke dunia lain. Akses jalan di Hutan Bambu Keputih terasa lebih alami karena jalannya masih alami, tidak menggunakan aspal atau blok paving.

Hutan Bambu Keputih merupakan destinasi favorit bagi fotografer karena hutan ini dapat dijadikan objek foto yang menarik, seperti hutan bambu Arashiyama yang terkenal di Jepang. Beberapa pengunjung juga tampak berfoto menggunakan kimono untuk menambah kesan seperti berada di Jepang.

Bagi pasangan, Hutan Bambu Keputih merupakan latar yang menarik untuk dijadikan foto prewedding. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tanpa pengunjung, sebaiknya datang saat hari kerja karena hutan ini ramai dikunjungi saat akhir pekan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement