12 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik

Salah satu genre menarik dan banyak disukai penyuka film adalah komedi. Berikut 12 rekomendasi film komedi Korea terbaik.
Dwi Latifatul Fajri
30 Agustus 2021, 16:38
12 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Ilustrasi. Warga mengakses layanan film daring melalui perangkat elektronik di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/3).

Menonton film menjadi kegemaran beberapa orang, terutama ketika pandemi Covid-19. Salah satu jenis yang menarik dan banyak disukai penyuka film adalah genre komedi. Genre ini menjadi tontonan favorit yang bisa ditonton keluarga dan teman dekat. Tak perlu ke bioskop, Anda bisa menonton berbagai film melalui situs streaming resmi.

Film komedi asal Korea Selatan juga dapat menjadi pilihan menonton, selain buatan Hollywood. Industri film Negeri Ginseng  saat ini menjadi sorotan karena kesuksesan film Parasite. Film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho ini berhasil mendapatkan empat piala Oscar pada 2020. 

Untuk mengetahui film komedi Korea terbaik, berikut ini pilihannya. 

Film Komedi Korea Terbaik

1. My Wife is a Gangster (2001)

Film ini bercerita tentang keluarga mafia di Korea Selatan. Tokoh utamnya adalah seorang perempuan bernama Eun Jin (Shin Eun Kyung). Eun Jin menjadi salah satu anggota berpangkat tinggi dari keluarga mafia Korea.  

Advertisement

Namun, dia harus segera menikah setelah berjanji kepada saudara perempuannya yang sedang sakit parah. Eun Jin harus menemukan pria untuk dinikahi sebelum saudaranya meninggal.

Sampai akhirnya, Eun Jin bertemu dengan Kang Soo Il (Park Sang Myeon). Soo Il bekerja sebagai pekerja kantoran yang bertolak belakang dengannya. Meski berbeda latar belakang, Eun Jin memutuskan menikah dengan Soo Il dan menyembunyikan jati dirinya.

2. My Sassy Girl (2001)

Film My Sassy Girl banyak diadaptasi di beberapa negara, seperti Jepang, India, Amerika Serikat dan Cina. Film komedi sangat terkenal dalam skala global.

Ceritanya tentang Gyun Woo (Cha Tae Hyun), mahasiswa yang tidak bisa beristirahat. Banyak kejadian buruk yang sering menimpanya. Salah satunya, serangkaian peristiwa malang dalam perjalanan kereta bawah tanah. Hingga akhirnya Gyun Woo bertemu dengan The Girl (Jun Ji Hyun). Perempuan itu mengubahnya.

3. Baby and I (2008)

Merupakan film adaptasi dari komik berjudul sama. FIlm ini diperankan oleh Jang Keun Suk yang menjadi Joon Soo. Ia adalah anak sekolah menegah atas (SMA) yang populer di kalangan para gadis. Jon Soo menjadi idaman karena tampan tapi perilakunya berbeda dengan wajahnya yang tampan.

Hingga suatu hari, kerika Jon Soo berbelanja di supermarket, dia melihat seorang bayi. Bayi tersebut dia temukan lengkap dengan sebuah surat. Di surat tersebut, penulis menceritakan jika bayi itu adalah anak Jon Soo. Awalnya ia tak percaya hingga nekat meninggalkan bayi malang itu. Namun, dia tak tega hingga membawa bayi itu pulang.

4. Speedy Scandal (2008)

Film ini juga dikenal berjudul Scandal Makers. Ceritanya tentang seorang disc jockey atau DJ radio berusia 30 tahun, Nam Hyun Soo (Cha Tae Hyun). Dulunya dia menjadi idola remaja kemudian beralih profesi. Dunia Hyun Soo berubah ketika seorang wanita yang diperankan oleh Park Bo Young datang padanya.

Wanita itu muncul di depan pintu bersama seorang anak-laki-laki. Dia mengaku sebagai putrinya dan anak itu adalah cucunya. Awalnya Hyun Soo tak percaya sampai harus menyembunyikan skandal ini dari wartawan. Film bergenre komedi dan keluarga ini salah satu film Korea terlaris.

5. The Thieves (2012)

Jika pernah menonton Ocean's Eleven, film The Thieves adalah versi Koreanya. Film komedi ini termasuk yang terlaris dan banyak ditonton. Menceritakan pertemanan para pencuri yang berkumpul untuk melakukan aksi terbesarnya.

Pemain dalam film ini adalah Lee Jung Jae, Kim Hye Soo, Jun Ji Hyun, Kim Soo Hyun, dan Kim Hae Sook. Kelimanya memiliki karakter dan keunggulan berbeda. Seperti ahli penipu, ahli dalam mengakes data, sampai ahli strategi. Mereka sepakat untuk mencuri berlian senilai US$ 20 juta di Makau, Tiongkok.

6. Veteran (2015)

Film komedi ini yang meraih beberapa penghargaan. Beberapa di antaranya, Penghargaan Film Blue Dragon (2015) dan Sutradara Terbaik di Sutradara Terbaik (2016). FIlm ini menceritakan polisi bernama Seo Do Cheol (Hwang Jung Min). Ia menemukan kasus tentang warisan kekayaan yang berhubungan dengan kasus lainnya. Dia menyelidiki kasus perempuan bernama Jo Tae Oh (Yoo Ah In), seorang jutawan muda yang sombong dan pewaris sindikat kejahatan.

7. Hello Ghost (2010)

Film genre komedi horor ini bisa menjadi rekomendasi tontonan akhir pekan. Hello Ghost menceritakan tentang Sangman (Cha Tae Hyun). Ia adalah pria yang hidup sendiri dan beberapa kali mencoba melakukan bunuh diri tapi gagal. Suatu hari ada peristiwa yang membuat dirinya berhenti bunuh diri. Dia bertemu dengan beberapa hantu yang membuat Sangman takut. Sampai akhirnya pria itu memutuskan pergi ke paranormal.

8. Twenty (2015)

Menceritakan kehidupan beberapa mahasiswa dalam cinta dan kehidupan. Tiga pria berusia 20 tahun menghadapi kerasnya kehidupan dan kesialan. Mereka adalah Chi Ho (Kim Woo Bin), Kyung Jae (Kang Ha Neul), dan Dong Woo (Lee Jun Ho). Chi Hoo adalah mahasiswa yang hanya ingin bersenang-senang dengan para gadis. Namun, dia malah bekerja dan hidup seenaknya. Kyung Jae adalah mahasiswa rajin yang memiliki tujuan dan kinerja. Dia bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Terakhir, adalah Dong Woo yang terpaksa meninggalkan mimpinya karena keluarganya bangkrut. Dia juga harus bekerja sambilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

9. My Little Bride (2004)

Film ini merupakan produksi ulang dengan judul yang sama. Kisahnya tentang Bo Eun (Moon Geun Young) siswi SMA yang menyukai seseorang di tim bisbol sekolah, Jung Woo. Namun, Bo Eun sudah dijodohkan dengan seorang pria yang menjadi guru di sekolahnya. Menghadapi hal ini, Bo Eun berpura-pura tidak punya suami dan ingin berkencan dengan teman sekolahnya.

10. Miss Granny (2014)

Miss Granny menjadi film Korea Selatan yang banyak diadaptasi di beberapa negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, film ini berjudul Sweet 20 yang diperankan oleh Niniek L Karim sebagai Fatmawati dan Tatjana Saphira sebagai Fatmawati muda. Film komedi ini menceritakan tentang nenek berusia 74 tahun, Oh Mal Soon (Na Mun Hee). Ia sangat menyayangi anak dan cucunya. Kisahnya menjadi menarik ketika Mal Soon kembali menjadi muda setelah pergi ke studio foto antik.

11. Sunny (2011)

Film ini tentang  pertemanan ibu rumah tangga. Im Na Mi (Yoo Ho Jeong) menjadi ibu rumah tangga dan ibu kaya. Dia menjalani rutinitas sehari-hari dan hidup sempurna di rumahnya. Na Mi punya kehidupan sempurna dengan seorang putri yang cantik dan suami baik hati. Namun, dia tertekan karena kehidupannya dan masalah keluarga.

Dia tertekan ketika melihat kerutan di wajahnya. Dia meminta suaminya sesekali mengunjungi ibunya di rumah sakit, sampai membuat putrinya kesal dan tidak peduli padanya. Sampai akhirnya Na Mi makan sendirian, sedangkan suami dan anaknya bekerja dan sekolah. 

12. Extreme Job (2019)

Tayang Februari 2019, film genre komedi ini berhasil menjual 10 juta tiket di Korea Selatan. Hal yang membuat menarik karena film ini karena sangat lucu. Ceritanya tentang kehidupan para detektif. Kapten Ko ingin pensiun dari polisi dan membuka restoran ayam goreng.

Di sisi lain, dia harus melanjutkan kasus atau melanjutkan bisnis restoran untuk mendapatkan uang banyak demi istrinya. Ko punya tim konyol untuk menyelidiki kasus kejahatan. Ada detektif muda Jae Hoon, Detektif Jang yang super jutek, Detektif Ma yang menyebalkan dan Young Ho yang sok keren.

Rekomendasi Film Komedi Indonesia

Selain film Korea Selatan, ada beberapa rekomendasi film komedi Indonesia terbaik. Film ini dapat ditonton di situs streaming Disney Hotstar. Anda cukup membayar Rp 39 ribu per bulan untuk menonton berbagai film Indonesia, salah satunya film genre komedi. Berikut rekomendasi film Indonesia:

1. Adit Sopo Jarwo - The Movie (2021)

Siapa yang tidak tahu film kartun karya anak bangsa ini. Adit Sopo Jarwo - The Movie tayang resmi di Disney Hotstar. Film animasi tiga dimensi ini dirilis pada 2021 dan diadaptasi dari serial televisi Adit Sopo Jarwo. Film yang diproduksi MD Animation tersebut berdurasi 82 menit.

Ceritanya tentang Adit bersama ayah dan ibunya yang berlibur ke Yogyakarta. Mereka liburan naik kereta api. Namun, ketika kereta berhenti di Stasiun Cirebon, ibu Adit tengah hamil dan mendadak sakit perut. Ketika Adit keluar kereta ingin membelikan kue untuk ibunya, ternyata dia tertinggal kereta seorang di di stasiun. Beruntung Adit bertemu dengan Sopo, yang saat itu menjadi petugas pembawa tas atau porter.

2. Mendadak Kaya

Mendadak Kaya bisa ditonton di Disney Hotstar. FIlm ini menceritakan ketiga sahabat bernama Doyok, Otoy, dan Ali Oncom. Mereka mendapat berbagai masalah seputar percintaan hingga masalah finansial.

3. Ghostbuser: Misteri Desa Penari

Menceritakan tentang Sigit yang memiliki kemampuan supranatural. Dia dapat melihat hantu yang membuat berpikir kreatif. Demi menjadi kaya, Sigit bersama teman-temannya menjadi pemburu hantu.

4. Sabar Ini Ujian

Film ini menceritakan tentang Sabar (Vino G. Bastian), yang memilih tidak hadir di hari pernikahan mantannya. Hal ini terjadi karena masa lalu Sabar ketika masih kecil.

5. Pelukis Hantu

Tayang di Disney Hotstar, film Pelukis Hantu menceritakan pria bernama Tutur (Ge Pamungkas). Tutur adalah pelukis amatir yang mengaku dirinya bisa melihat hantu. Demi mendapatkan uang, Tutur menerima tawaran untuk melukis hantu di acara televisi. Namun, kejadian horor mengikuti dirinya setelah itu.

6. Warkop DKI Reborn

Warkop DKI Reborn adalah film yang diadaptasi dari film-film komedi Warkop DKI. Film ini menceritakan tentang Dono, Kasino, dan Indro yang bekerja sebagai petugas keamanan di organisasi. Pemeran dalam film ini adalah Abimana Aryasatya, Vino Bastian, dan Tora Sudiro.

Mereka bekerja dan membuat menertibkan serta menjaga kemaanan masyarakat. Tingkah konyol mereka membuat jengkel dan marah dari atasan. Sampai akhirnya ketiga sahabat itu dipecat. bermasalah selalu membuat jengkel dan marah atasan mereka, Pak Boss (Ence Bagus), walaupun mereka berhasil lolos dari ancaman pemecatan.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait