11 Film Korea Terbaik Tahun 2021

Pecinta film jangan sampai melewatkan rekomendasi film Korea terbaik yang rilis tahun ini. Ada yang bergenre aksi, thriller, hingga komedi.
Image title
31 Agustus 2021, 14:06
film korea terbaik, film korea 2021, korea selatan, film
hancinema.net
Salah satu adegan dalam film Korea Selatan berjudul Escape from Mogadishu (2021).

Drama Korea mendapat banyak penggemar karena alur ceritanya yang sangat adiktif, adegan yang menyentuh, dan talenta pemainnya. Tak hanya memukau penonton lewat drama, film Korea juga memiliki daya tarik yang memikat.

Industri perfilman Korea Selatan menghasilkan beberapa film yang terkenal di mancanegara. Pada tahun 2019, Parasite, film thriller komedi karya sutradara Bong Joon-ho menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangkan Palme d'Or di Cannes. Tak hanya itu, Parasite juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Best Picture.

Film Korea semakin dikenal karena tampilan yang estetis, menawan, emosional, dan ditulis dengan baik. Alur ceritanya tidak dapat diprediksi dan dibuat secara rinci. Performa aktor dan aktrisnya juga merupakan aspek dari film Korea yang membuat penonton terpesona.

Pandemi bukan penghalang untuk industri film Korea. Pada tahun ini, ada berbagai film korea yang dirilis. Berikut rekomendasi film Korea terbaik pada 2021.

Advertisement

1. Escape from Mogadishu

Escape from Mogadishu adalah film drama aksi Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Ryoo Seung Wan dan dibintangi oleh Kim Yoon Seok, Jo In Sung, Heo Joon Ho dan Kim So Jin.

Film ini dibuat berdasarkan peristiwa nyata tentang upaya Korea Selatan untuk diterima dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa pada akhir 1980-an dan awal 1990-an selama Perang Somalia. Film ini menceritakan upaya pelarian berbahaya yang dilakukan oleh pekerja kedutaan Korea Utara dan Selatan yang terperangkap selama konflik.

Rilis pada 28 Juli 2021,  menurut Korean Film Council, film tersebut meraup keuntungan sebesar US$ 25,383,411. Escape from Mogadishu awalnya akan dirilis pada musim panas 2020 tetapi ditunda karena pandemi Covid-19.

2. Recalled

Recalled adalah film thriller misteri Korea Selatan pada  2021 yang disutradarai oleh Seo Yoo Min dan dibintangi oleh Seo Ye Ji, Kim Kang Woo dan Yeom Hye Ran. Film ini tentang seorang wanita yang mulai melihat masa depannya setelah kehilangan ingatannya. Rilis pada 21 April 2021.

Data Korean Film Council menunjukkan, film ini menempati urutan ke-23 di antara semua film yang dirilis pada  2021 di Korea Selatan. Pendapatan kotornya US$ 2,65 juta dan 333.019 penonton per 22 Agustus 2021.

3. Waiting For Rain

Waiting For Rain (2021)
Waiting For Rain (2021) (hancinema.net)

 

Waiting For Rain adalah film drama Korea Selatan yang disutradarai oleh Jo Jin Mo dan ditulis oleh Yoo Seong Hyub. Film ini dibintangi oleh Kang Ha Neul dan Chun Woo Hee. Ceritanya tentang Young Ho (diperankan oleh Kang Ha Neul) yang tidak memiliki mimpi apapun untuk hidupnya.

Dia telah belajar tiga tahun untuk masuk universitas kemudian memutuskan untuk mengirim surat kepada teman masa kecilnya So Yeon. Tetapi adik perempuan So Yeon bernama So Hee (diperankan Chun Woo Hee) yang menerima surat itu.

So Hee menulis kembali ke Young Ho dengan berpura-pura menjadi So Yeon. Di saat yang sama, So Hee merawat So Yeon yang sakit dan juga menjalankan toko buku bekas bersama ibunya. Ini adalah kisah cinta antara seorang pria dan seorang wanita yang telah lama mendambakan satu sama lain tetapi tidak dapat bertemu karena keadaan tertentu.

4. The Book of Fish

The Book of Fish adalah film hitam putih genre sejarah Korea Selatan yang disutradarai oleh Lee Joon Ik. Film yang dibintangi oleh Sol Kyung Gu dan Byun Yo Han ini rilis secara teatrikal pada 31 Maret 2021.

Kisahnya tentang seorang cendekiawan era Joseon yang diasingkan dan seorang nelayan. Mereka saling bertukar pengetahuan.

Pada  1801, setelah raja baru naik takhta, seorang sarjana Jeong Yak Jeon diasingkan ke Pulau Heuk San. Ketika dia mendarat di pulau, dia justru kagum dengan keajaiban berbagai makhluk laut. Di sana ia bertemu Chang Dae, seorang nelayan muda yang sangat mengagumi aliran Konfusianisme dan memiliki pengetahuan luas tentang laut.

Terpesona oleh pengetahuannya, Jeong memutuskan untuk menulis buku tentang laut dan meminta Chang Dae untuk membantunya menulis buku itu sebagai imbalan untuk membantu studi Chang Dae tentang Konfusianisme.

5. Mission: Possible

Mission: Possible disutradarai oleh Kim Hyung Joo dan diadaptasi dari seri Mission: Impossible oleh Bruce Geller. Film ini dibintangi oleh Lee Sun Bin dan Kim Young Kwang. Filmnya mengisahkan seorang agen rahasia pemula Da Hee yang menerima informasi  sejumlah besar senjata api ilegal diselundupkan ke Korea Selatan. Ia pun dikirim untuk menyelidiki kasus.

Da Hee bertemu Su Han, yang seharusnya membantunya dengan kasus tersebut. Namun, karena keterampilan Su Han yang buruk, mereka terus berdebat tentang hal-hal yang sangat sepele. Saat saksi mereka tiba-tiba dibunuh, mereka berdua menjadi tersangka utama.

Film ini dirilis di Korea Selatan pada 17 Februari 2021. Menurut data Korean Film Council, posisinya berada di urutan ke-16 di antara semua film yang dirilis pada tahun tersebut di Korea Selatan dengan pendapatan kotor US$ 3,56 juta.

6. The 8th Night

The 8th Night adalah film karya sutradara Kim Tae Hyung dan diperankan oleh Lee Sung Min, Park Hae Joon, dan Kim Yoo Jung. Ceritanya tentang perjuangan pengusir setan untuk menghentikan kebangkitan dua makhluk misterius yang menyiksa manusia dan dikurung dalam dua peti mati selama 2500 tahun. Filmnya dirilis di Netflix dan tersedia untuk streaming di 190 negara pada 2 Juli 2021.

7. What Happened to Mr. Cha?

What Happened to Mr. Cha? (2021)
What Happened to Mr. Cha? (2021) (hancinema.net)

 

What Happened to Mr. Cha? disutradarai dan ditulis oleh Kim Dong Kyu dan dibintangi oleh Cha In Pyo dan Song Jae Ryong. Filmnya bercerita tentang seorang superstar bernama Cha In Pyo. Ia sudah melewati masa kejayaan dan kini berjuang untuk mengembalikan kejayaan sebagai seorang aktor. Namun, berbagai rintangan dan halangan harus dilewati ketika dia menerima panggilan mendadak.

8. The Box

The Box adalah sebuah film musikal Korea Selatan yang disutradarai oleh Yang Jung-woong dan dibintangi oleh Park Chanyeol dan Jo Dal Hwan. Film ini dirilis secara teatrikal pada 24 Maret 2021.

Kisahnya tentang Ji Hoon (Chanyeol) yang hanya bisa bernyanyi ketika dia memakai sebuah kotak. Dia bernyanyi di jalanan dan bertemu dengan Min Soo (Jo Dal Hwan), seorang produser yang hanya mengejar kesuksesan. Pertemuan tersebut adalah awal mula perjalanan musik mereka.

9. Midnight

Midnight (2021)
Midnight (2021) (hancinema.net)

 

Midnight adalah film thriller Korea Selatan yang ditulis dan disutradarai oleh Kwon Oh Seung. Film yang dibintangi Jin Ki Joo, Wi Ha Joon dan Kim Hye Yoon. Awalnya, film ini dijadwalkan rilis pada 2020 tetapi ditunda karena pandemi Covid-19 dan akhirnya tayang pada 30 Juni 2021.

Midnight menggambarkan perjuangan Kyung Mi (Jin Ki Joo) yang memiliki masalah pendengaran. Dia bekerja sebagai konselor bahasa isyarat di sebuah call center. Suatu malam di Seoul, dia bertemu dengan pembunuh berantai Do Sik (Wi Ha Joon). Kyung Mi berusaha lepas dari Do Sik apapun caranya.

10. Hypnosis

Hypnosis adalah film thriller karya sutradara Choi Jae Hoon dan dibintangi oleh Lee Da Wit, Nam Min Woo, dan Seo Yi Suk. Filmnya rilis pada 24 Maret 2021.

Mengisahkan tentang seorang mahasiswa bernama Do Hyun dan teman-temannya yang kehilangan ingatan masa kecil mereka. Suatu hari, Do Hyun diperkenalkan dengan Jin Ho yang kehilangan orang tuanya dalam sebuah kecelakaan saat masih kecil.

Teman-teman Do Hyun juga mendengar cerita Jin Ho dan mereka memutuskan untuk menjadi teman Jin Ho. Sementara itu, Do Hyun tertarik pada hipnosis yang diterima Jin Ho untuk mengobati traumanya akibat kecelakaan dan dia mencoba melakukannya.

Sejak hari itu, Do Hyun dan teman-temannya terus mengalami hal-hal aneh dan mereka semua merasa seperti terhipnotis mengingat kenangan Seung Min, teman mereka yang sudah meninggal. Siapa yang menghipnotis mereka dan mengapa ingatan tentang Seung Min kembali?

11. Hard Hit

Hard Hit (2021)
Hard Hit (2021) (hancinema.net)

 

Hard Hit adalah film thriller Korea Selatan yang disutradarai oleh Kim Chang-ju dan dibintangi oleh Jo Woo Jin, Lee Jae In dan Ji Chang Wook. Filmnya rilis pada 23 Juni 2021.

Film tersebut menggambarkan keadaan yang tidak terduga dari sebuah keluarga biasa. Seorang kepala pusat bank di Busan, Seong Gyu, pergi bekerja di mobilnya dengan putrinya Hye In yang akan mengikuti ujian masuknya.

Tiba-tiba, dia mendapat panggilan di teleponnya dengan pembatasan pada tampilan nomor. Seseorang berbicara kepadanya dan mengatakan bahwa ada bom di bawah kursi mobil dan akan meledak. Seong Gyu harus berjuang untuk menyelamatkan keluarganya.

Itulah rekomendasi film Korea terbaik yang rilis pada 2021. Film mana yang paling menarik perhatian Anda?

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait