11 Film Korea Terbaik Tahun 2021

Image title
31 Agustus 2021, 14:06
film korea terbaik, film korea 2021, korea selatan, film
hancinema.net
Salah satu adegan dalam film Korea Selatan berjudul Escape from Mogadishu (2021).

Drama Korea mendapat banyak penggemar karena alur ceritanya yang sangat adiktif, adegan yang menyentuh, dan talenta pemainnya. Tak hanya memukau penonton lewat drama, film Korea juga memiliki daya tarik yang memikat.

Industri perfilman Korea Selatan menghasilkan beberapa film yang terkenal di mancanegara. Pada tahun 2019, Parasite, film thriller komedi karya sutradara Bong Joon-ho menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangkan Palme d'Or di Cannes. Tak hanya itu, Parasite juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Best Picture.

Advertisement

Film Korea semakin dikenal karena tampilan yang estetis, menawan, emosional, dan ditulis dengan baik. Alur ceritanya tidak dapat diprediksi dan dibuat secara rinci. Performa aktor dan aktrisnya juga merupakan aspek dari film Korea yang membuat penonton terpesona.

Pandemi bukan penghalang untuk industri film Korea. Pada tahun ini, ada berbagai film korea yang dirilis. Berikut rekomendasi film Korea terbaik pada 2021.

1. Escape from Mogadishu

Escape from Mogadishu adalah film drama aksi Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Ryoo Seung Wan dan dibintangi oleh Kim Yoon Seok, Jo In Sung, Heo Joon Ho dan Kim So Jin.

Film ini dibuat berdasarkan peristiwa nyata tentang upaya Korea Selatan untuk diterima dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa pada akhir 1980-an dan awal 1990-an selama Perang Somalia. Film ini menceritakan upaya pelarian berbahaya yang dilakukan oleh pekerja kedutaan Korea Utara dan Selatan yang terperangkap selama konflik.

Rilis pada 28 Juli 2021,  menurut Korean Film Council, film tersebut meraup keuntungan sebesar US$ 25,383,411. Escape from Mogadishu awalnya akan dirilis pada musim panas 2020 tetapi ditunda karena pandemi Covid-19.

2. Recalled

Recalled adalah film thriller misteri Korea Selatan pada  2021 yang disutradarai oleh Seo Yoo Min dan dibintangi oleh Seo Ye Ji, Kim Kang Woo dan Yeom Hye Ran. Film ini tentang seorang wanita yang mulai melihat masa depannya setelah kehilangan ingatannya. Rilis pada 21 April 2021.

Data Korean Film Council menunjukkan, film ini menempati urutan ke-23 di antara semua film yang dirilis pada  2021 di Korea Selatan. Pendapatan kotornya US$ 2,65 juta dan 333.019 penonton per 22 Agustus 2021.

3. Waiting For Rain

Waiting For Rain (2021)
Waiting For Rain (2021) (hancinema.net)

Waiting For Rain adalah film drama Korea Selatan yang disutradarai oleh Jo Jin Mo dan ditulis oleh Yoo Seong Hyub. Film ini dibintangi oleh Kang Ha Neul dan Chun Woo Hee. Ceritanya tentang Young Ho (diperankan oleh Kang Ha Neul) yang tidak memiliki mimpi apapun untuk hidupnya.

Dia telah belajar tiga tahun untuk masuk universitas kemudian memutuskan untuk mengirim surat kepada teman masa kecilnya So Yeon. Tetapi adik perempuan So Yeon bernama So Hee (diperankan Chun Woo Hee) yang menerima surat itu.

So Hee menulis kembali ke Young Ho dengan berpura-pura menjadi So Yeon. Di saat yang sama, So Hee merawat So Yeon yang sakit dan juga menjalankan toko buku bekas bersama ibunya. Ini adalah kisah cinta antara seorang pria dan seorang wanita yang telah lama mendambakan satu sama lain tetapi tidak dapat bertemu karena keadaan tertentu.

4. The Book of Fish

The Book of Fish adalah film hitam putih genre sejarah Korea Selatan yang disutradarai oleh Lee Joon Ik. Film yang dibintangi oleh Sol Kyung Gu dan Byun Yo Han ini rilis secara teatrikal pada 31 Maret 2021.

Kisahnya tentang seorang cendekiawan era Joseon yang diasingkan dan seorang nelayan. Mereka saling bertukar pengetahuan.

Pada  1801, setelah raja baru naik takhta, seorang sarjana Jeong Yak Jeon diasingkan ke Pulau Heuk San. Ketika dia mendarat di pulau, dia justru kagum dengan keajaiban berbagai makhluk laut. Di sana ia bertemu Chang Dae, seorang nelayan muda yang sangat mengagumi aliran Konfusianisme dan memiliki pengetahuan luas tentang laut.

Terpesona oleh pengetahuannya, Jeong memutuskan untuk menulis buku tentang laut dan meminta Chang Dae untuk membantunya menulis buku itu sebagai imbalan untuk membantu studi Chang Dae tentang Konfusianisme.

5. Mission: Possible

Mission: Possible disutradarai oleh Kim Hyung Joo dan diadaptasi dari seri Mission: Impossible oleh Bruce Geller. Film ini dibintangi oleh Lee Sun Bin dan Kim Young Kwang. Filmnya mengisahkan seorang agen rahasia pemula Da Hee yang menerima informasi  sejumlah besar senjata api ilegal diselundupkan ke Korea Selatan. Ia pun dikirim untuk menyelidiki kasus.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement