24 Cara Memutihkan Kulit Paling Efektif dan Aman

Bagaimana cara memutihkan kulit yang efektif dan terbukti aman? Berikut beberapa tips dan trik mendapatkan kulit cerah alami.
Image title
8 September 2021, 17:56
Cara memutihkan kulit, cara memutihkan kulit secara alami
Photo by Sora Shimazaki from Pexels
Ilustrasi penggunaan produk perawatan kulit

Memiliki kulit cerah alami merupakan dambaan banyak orang. Banyak yang mencari cara memutihkan kulit dengan berbagai usaha, mulai dari menggunakan krim hingga menjalani perawatan mahal di klinik kecantikan.

Namun, Anda harus bersiap merogoh kocek yang dalam. Terlebih lagi bahan kimia dalam produk-produk kecantikan yang bisa saja memberikan dampak buruk bagi kulit, khususnya jika diaplikasikan secara sembarangan.

Perlu diingat, mencerahkan kulit yang aman adalah dengan tidak mengubah warna alaminya. Namun, fokus pada upaya membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan bersinar.

Lantas, bagaimana cara memutihkan kulit yang efektif dan terbukti aman? Berikut beberapa tips dan triknya.

1. Minum Air Putih Secara Teratur

Air putih tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Karena itu, minumlah setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon ke dalam air mineral untuk hasil yang lebih baik.

2. Hindari Paparan Matahari Langsung

Sinar matahari memang sumber vitamin D alami terbaik. Namun, paparan yang berlebihan malah bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Agar kulit terlindungi dari paparan ultraviolet (UV) matahari, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF. Hal tersebut perlu dilakukan sekalipun Anda di dalam rumah ataupun beraktivitas di bawah cuaca mendung.

3. Pentingnya Eksfoliasi atau Pengelupasan

Hal yang sangat penting dilakukan yaitu eksfoliasi wajah dan seluruh tubuh dengan interval yang teratur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan bantuan garam mandi dan lulur ringan.

Eksfoliasi kulit wajah harus dilakukan sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu. Tujuannya, untuk mengeliminasi lapisan kotoran dan sel-sel kulit mati, yang menjadi penyebab kulit tampak gelap.

4. Menggunakan Virgin Coconut Oil

Cara membuat kulit putih alami yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan virgin coconut oil (VCO). Hal ini terkait kandungan minyak kelapa yang berpotensi sebagai antiradang, antioksidan, dan membantu proses penyembuhan.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Pada beberapa orang, penggunaan minyak tersebut dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas. Kondisi ini khususnya dialami oleh orang yang punya riwayat alergi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit.

Diet sehat
Diet sehat (pexels.com)

5. Diet Seimbang dan Sehat

Apa yang Anda makan akan mempengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, penting untuk menerapkan pola diet yang sehat dan seimbang agar kulit senantiasa sehat.

Hindari konsumsi makanan berminyak, manis, dan pedas secara berlebihan. Lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, karotenoid, dan asam lemak omega.

6. Menggunakan Aloe Vera

Kandungan di dalam lidah buaya atau aloe vera dapat membantu menjaga kelembapan kulit, dan membantu proses penyembuhan maupun pertumbuhan sel.

Penggunaan aloe vera secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah.

7. Menggunakan Pelembap

Jangan sampai luput untuk memperhatikan kelembapan kulit Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengaplikasikan pelembap kulit yang tepat secara berkala agar hidrasinya tetap terjaga. Pelembap kulit paling baik diaplikasikan setelah mandi atau setelah melakukan eksfoliasi.

8. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh, seperti paru-paru. Tindakan tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, kondisi kulitnya cenderung kering, kusam, dan tidak sehat.

 

9. Rutin Olahraga

Cara memutihkan kulit secara alami yang berikutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Bukan hanya mencerahkan kulit, aktivitas positif ini juga terbukti dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Olahraga dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan hati, agar Anda dapat melakukannya secara konsisten.

10. Kelola Stres dengan Baik

Kadar stres yang tinggi ternyata dapat menurunkan kesehatan kulit, bahkan membuat tampilannya lebih kusam.

Karena itu, jika Anda ingin tampilan kulit yang lebih cerah, maka cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Caranya bisa dengan bermeditasi, melakukan hobi yang positif, atau curhat dengan orang yang dipercayai.

11. Konsumsi Jus Lemon

Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C. Keduanya dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru. Senyawa tersebut juga dapat mencerahkan kulit.

Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi sekresi sebum. Dengan demikian, kelembapan kulit Anda lebih terjaga sehingga akan tampak lebih cerah.

12. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan enzim yang berpotensi mencerahkan kulit. Produk fermentasi susu ini juga mengandung asam laktat, yang termasuk ke dalam AHA (asam hidroksi alfa) untuk membantu eksfoliasi kulit. Fungsi tersebut akan membantu warna kulit tampak lebih cerah dan putih.

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh
Manfaat madu untuk kesehatan tubuh (ROMAN ODINTSOV/Pexels)

 

13. Madu

Madu mengandung sifat antioksidan, antibakteri dan antiseptik yang membantu membuka pori-pori kulit, membersihkannya dan membantu menghilangkan komedo. Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah untuk mengatasi jerawat.

14. Tomat

Tomat kaya akan vitamin dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan kulit. Buah yang identik dengan warna merah ini juga memiliki sifat mencerahkan, sehingga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah secara alami.

Komposisi asam alami tomat juga bisa menyeimbangkan kadar asam atau pH kulit, sehingga dapat menghambat produksi minyak berlebih. Kulit pun tampak halus dan cerah karenanya.

Tomat memiliki banyak kandungan yang bersifat antiradang, seperti likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C. Dengan kandungan antiradang tersebut, tomat berpotensi untuk meredakan inflamasi dan iritasi kulit.

15. Air beras

Kandungan yang ada di dalam beras yaitu asam ferullic serta allantoin. Keduanya dapat berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit. Air beras juga dapat melembapkan kulit sehingga menjadi lebih kenyal dan sehat.

16. Minyak Zaitun

Selanjutnya, cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mengandung zat linoleic acid yang berguna menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit.

Selain itu, minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan seperti polifenol yang memiliki fungsi melindungi sel-sel dari kerusakan. Anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan bahan lainnya seperti madu untuk diaplikasikan ke permukaan kulit.

17. Bengkoang

Menggunakan bengkoang juga menjadi salah satu cara memutihkan kulit yang cukup populer. Sangat banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai pemutih.

Bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berfungsi untuk memutihkan serta menjaga kulit supaya tetap cerah. Lalu, adanya kandungan vitamin C pada bengkoang bisa merangsang sel kulit untuk regenerasi.

18. Mentimun

Banyak sekali kandungan mineral dan vitamin pada mentimun. Mentimun memiliki sifat anti inflamasi dan juga kaya akan antioksidan, serta mengandung vitamin C dan asam folat.

Kandungan tersebut merupakan bahan dasar untuk produk perawatan kulit dalam menjaga kesegaran kulit dan menjadikannya cerah dan bersih. Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata yang hitam.

19. Susu

Adanya kolagen pada kulit memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu mengandung vitamin D yang mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, susu juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit.

20. Oatmeal

Oatmeal memiliki banyak kandungan anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu mengatasi peradangan pada kulit. Beberapa studi pun menunjukkan, oatmeal mampu memulihkan kondisi kulit yang kering, kasar, dan bersisik, serta meredakan iritasi dan gatal pada kulit yang mengalami eksim, alergi, atau dermatitis.

21. Pepaya

Enzim papain yang ada di dalam pepaya berguna untuk regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Pepaya dapat membantu mencegah tada-tanda penuaan pada kulit.

22. Kunyit

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Permasalahan wajah yang kerap muncul bisa diatasi dengan kunyit, seperti jerawat, noda hitam, hingga komedo. Kunyit juga banyak digunakan sebagai lulur alami tradisional.

23. Kopi

Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul. Antioksidan juga mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang.

Selain itu, kandungan kafein dalam bubuk kopi juga dapat membuat kulit lebih kencang dan menyamarkan mata panda. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

24. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk regenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas kemudian diganti sel kulit baru yang lebih sehat. 

Protein tersebut adalah humektan, yang dikenal sebagai agen yang mampu menjaga kelembapan kulit. Lapisan kulit paling atas (stratum corneum) akan menyerap air pada permukaan kulit sehingga kulit akan terasa lembap.

 

Itulah bahan dan cara memutihkan kulit yang efektif dan aman. Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada kulit kusam dan gelap.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait