Dirut Pertamina: Kebakaran Tangki Kilang Cilacap Berhasil Dipadamkan

Image title
Oleh Antara
14 November 2021, 12:23
KIlang Cilacap, kilang, Pertamina, kebakaran
Antara
Kebakaran di tangki Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11).

Tangki di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, yang terbakar pada pukul 19.10 WIB semalam, Sabtu (14/11), sudah padam. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pemadaman pertama terjadi pada pukul 23.05 WIB. 

“Sebenarnya sudah dapat dipadamkan, tapi foam terbuka sehingga kembali terjadi kebakaran,” katanya saat melakukan konferensi pers virtual, pagi tadi. 

Api akhirnya padam kembali pada pukul 07.45 WIB. Nicke mengatakan, insiden ini tidak mengganggu distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji.

Produksi BBM di kilang tersebut itu pun tidak terganggu. "Dengan terbakarnya satu tangki dari 228 tangki yang ada di Cilacap, kilang tetap beroperasi jadi tidak ada shutdown,” ucapnya.

CEO Subholding Refining and Petrochemical (PT Kilang Pertamina Internasional) Joko Priyono menyebut, api di Tangki 36 T-102 telah padam total. “Dan dinyatakan aman pada pukul 09.15 WIB," katanya.

Beberapa strategi yang perusahaan lakukan untuk pemadaman adalah penyekatan tangki yang terbakar, transfer muatan ke tangki lain, dan pendinginan terhadap Tangki 36 T-101 dan T-103 yang berada di sekitar T-102.

Pertamina kini melakukan upaya penanganan lingkungan pascakebakaran. Sebagai informasi, Tangki 36 T-02 berisi komponen Pertalite.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...