Pahami Ukuran Story Instagram agar Tidak Tepotong dan Optimal

Mengetahui ukuran Story Instagram dapat mencegah unggahan foto dan video agar tidak terpotong dan optimal.
Image title
30 Agustus 2021, 16:57
ukuran Story Instagram, Instagram, media sosial
Rafael Leão/Unsplash
Ilustrasi pengambilan gambar sesuai dengan ukuran Story Instagram.

Instagram terus merevolusi ranah media sosial dengan kemampuan berbagi foto dan video. Fitur Story Instagram adalah salah satu yang populer karena banyak digunakan penggunanya. Dengan fitur ini pengguna dapat membagi video atau foto kepada pengikutnya tentang apa yang dilakukan pada saat tertentu.

Anda dapat mengunggah Story Instagram dalam bentuk video pendek atau foto vertikal yang menghilang dalam 24 jam. Anda  dapat menambahkan Story Instagram sebagai sorotan pada profil Instagram.

Ukuran Gambar Story Instagram 

Ukuran Story Instagram untuk gambar adalah 1080 kali 1920 pixel. Ukuran tersebut setara dengan rasio sembilan banding 16. Artinya, video atau foto Instagram Story  harus memiliki lebar 1080 pixel dengan tinggi 1920 pixel.

Format file gambar yang didukung untuk Instagram Story adalah PNG dan JPG. Gambarnya harus berukuran di bawah 30 megabyte (MB). Sedangkan ukuran video untuk Instagram Story sama dengan gambar, yaitu pada 1080 kali 1920 pixel.

Untuk video, ukuran yang dapat diunggah adalah berukuran di bawah 4 gigabyte (GB). Hanya dua format file video yang diterima Instagram yaitu adalah MP4 dan MOV. 

Jika mengunggah foto atau video yang tidak sesuai dengan ukuran, Instagram akan memotong dan terkadang memperbesar foto atau video Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya kualitas dan terkadang visual penting terpotong.

Alternatif Ukuran Story Instagram agar Konten Lebih Cepat Diunggah

Ukuran Story Instagram adalah 1080 kali 1920 atau rasio sembilan banding 16. Ukuran tersebut cukup tinggi dengan kualitas visual terbaik yang dapat Anda unggah. Namun, ada beberapa alternatif ukuran yang dapat dipilih.

Gambar dan video beresolusi tinggi disimpan sebagai file besar karena mengandung lebih banyak pixel. Hal tersebut dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan di perangkat Anda dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diunggah daripada file beresolusi rendah.

Dengan tetap menggunakan rasio 9 banding 16 agar gambar pas di layar, ada beberapa alternatif ukuran Story Instagram lain agar konten cepat diunggah, yaitu:

  • 1080 kali 1920 pixel. Resolusi terbaik yang tersedia tapi ukuran cukup besar.
  • 720 kali 1280 pixel. Resolusi cukup tinggi dengan dengan waktu unggah yang lebih cepat
  • 450 kali 800 pixel. Kualitas mulai berkurang, tetapi waktu unggah paling cepat

Semakin sedikit pixel, semakin sedikit definisi. Jika ingin menghindari file besar dan kecepatan unggah yang lambat, Anda dapat membuat konten Story Instagram sesuai dengan alternatif tersebut. Rasionya tetap sesuai dengan dimensi Story Instagram tapi lebih kecil ukurannya.

Batasan Jumlah Story Instagram

Instagram telah mengonfirmasi kepada situs web Mashable bahwa 100 klip (foto atau video) adalah jumlah maksimum Instagram Story yang dapat diunggah dalam satu waktu. Tidak ada batasan berapa banyak unggahan dalam sehari. Tapi, cobalah untuk membatasinya menjadi kurang dari 50 cerita sehari.

Namun, Instagram dapat melarang sementara jika Anda posting  tiga sampai enam story per menit. Jenis posting super cepat ini sepertinya bukan perilaku manusia yang sebenarnya. Ini dapat dianggap sebagai spam. Jadi, sejauh ini disarankan agar Anda mengunggah satu story setiap satu menit sehingga tampak seperti perilaku manusia dan bukan bot spam.

Gambar akan ditampilkan selama lima detik dan video akan ditampilkan dalam 15 detik. Anda dapat merekam video selama satu menit penuh yang akan dibagi menjadi empat bagian per 15 detik. Tetapi setelah satu menit, Anda harus mulai merekam lagi.

Tips Menggunakan Story Instagram

Agar penonton Anda semakin bertambah, ada beberapa tips yang dapat digunakan pada Story Instagram berikut

1. Jawab pertanyaan

Fitur “Ask Me a Question” dalam Story Instagram adalah cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan pengikut Anda. Fitur ini dapat meningkatkan keterlibatan pengikut untuk bertanya. Anda dapat menjawab pertanyaan menggunakan gambar dan video.

2. Gunakan fitur layar hijau pada Story Instagram

Teknologi layar hijau telah menjadi populer di media sosial. Anda bisa berada di mana saja dan di mana saja. Caranya:

  1. Scroll ke kanan pada bagian filter di bagian bawah layar untuk membuka kaca pembesar.
  2. Klik untuk menelusuri.
  3. Cari "Green Screen" dan pilih filter tersebut.
  4. Pilih “Add Media” untuk memilih video atau foto latar belakang.
  5. Ambil gambar atau buat video menggunakan fitur layar hijau.

3. Posting beberapa Story Instagram sekaligus

Anda dapat langsung mempublikasikan atau posting beberapa Story Instagram bersamaan dengan mudah dengan mengikuti cara berikut:

  1. Buka Instagram Stories dan scroll ke bawah untuk menemukan alat multi-capture.
  2. Ambil foto menggunakan fitur ini. Anda akan melihat hasil jepretan ditambahkan ke lingkaran kecil di sudut kiri bawah.
  3. Anda dapat mengambil hingga 10 foto.
  4. Masing-masing foto akan diunggah dalam 10 story yang terpisah.
  5. Setelah selesai, ketuk ikon lingkaran kecil untuk pindah ke layar pengeditan.
  6. Di sini, Anda dapat meluangkan waktu untuk menambahkan teks, stiker, musik, atau efek ke setiap foto.
  7. Jika sudah selesai, klik “Next” untuk posting.

4. Tambahkan musik dalam Story Instagram

Fitur ini sedang populer karena pengguna dapat menambahkan latar suara sesuai pilihan. Untuk menambahkan musik, ikuti cara berikut:

  1. Rekam video atau ambil gambar.
  2. Pada layar edit, klik ikon musik di bagian atas layar.
  3. Pilih lagu Anda.
  4. Pada layar pengeditan, Anda memiliki beberapa opsi untuk menyesuaikan bagaimana musik disajikan atau divisualisasikan.
  5. Kembali ke layar edit, Anda dapat memperbesar atau memperkecil sampul album atau lirik.

Demikian pembahasan mengenai ukuran dan tips Story Instagram agar akun Anda mendapatkan lebih banyak pengikut.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait