Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Pengguna dapat menghapus akun Instagram secara permanen dan sementara melalui HP dan situs web.
Image title
6 Agustus 2021, 18:49
cara menghapus akun instagram, cara hapus akun instagram, hapus akun instagram, menghapus akun instagram, cara menonaktifkan akun instagram, akun instagram, cara delete akun instagram, hapus akun instagram permanen, cara tutup akun instagram, cara deactiv
cloudlynx/pixabay
Ilustrasi media sosial Instagram yang dapat diakses melalui ponsel dan komputer

Mengunggah foto dan video di Instagram telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia. Dengan tampilan yang memukau serta fitur yang semakin canggih, Instagram dengan mudah menjadi salah satu media sosial pilihan.Saat ini, Instagram memiliki sekitar satu miliar pengguna aktif, dengan 95 juta foto dan video yang diunggah di Instagram setiap harinya.

Namun, ada saat di mana menggunakan Instagram mungkin membuat kewalahan. Anda mungkin merasa ingin berhenti mengakses Instagram dengan berbagai alasan. Bisa jadi ingin fokus pada karier, menyendiri untuk beberapa waktu atau detoks dari media sosial untuk sementara waktu.

Instagram memberikan beberapa cara untuk menghapus akun secara permanen maupun sementara dengan langkah-langkah berikut.

Cara menghapus akun Instagram sementara

Akun instagram yang dihapus sementara membuat pengguna lain tidak bisa melihat profil, foto, video, dan komentar Anda. Cara hapus akun Instagram sementara hanya dapat dilakukan melalui browser ponsel atau komputer dengan langkah berikut.

Advertisement
  1. Buka instagram.com lewat HP atau ponsel.
  2. Masukkan akun Instagram Anda.
  3. Klik gambar profil pada sudut kanan atas.
  4. Pilih Edit Profil.
  5. Untuk menghapus akun sementara, klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”
  6. Pilih alasan dari pertanyaan “Mengapa Anda menonaktifkan akun?”
  7. Masukkan kembali kata sandi Anda.
  8. Klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”

Anda dapat menghapus akun Instagram sementara selama yang Anda mau dan mengaktifkannya kembali kapan saja dengan masuk menggunakan akun Instagram.

Namun, Instagram saat ini hanya mengizinkan pengguna untuk menghapus akun sementara sekali seminggu. Jadi, jika Anda menghapus akun sementara kemudian masuk kembali lalu memutuskan untuk menghapus sementara lagi, Anda harus menunggu seminggu untuk melakukannya.

Seluruh data akun Instagram Anda seperti foto, video, pengikut, dan komentar tidak akan hilang selama Anda menghapus akun sementara, karena Instagram menyimpan semua data akun Anda dan akan mengembalikannya ke keadaan semula.

Cara menghapus akun instagram permanen di HP

Pengguna dapat menghapus akun Instagram secara permanen dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon profil dari kanan bawah.
  2. Pada bagian kanan atas, ketuk ikon Pengaturan.
  3. Pilih Bantuan > Pusat Bantuan.
  4. Untuk menghapus akun Instagram permanen, pilih Kelola Akun Anda > Hapus Akun Anda.
  5. Pilih “Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?”
  6. Pilih tautan “Hapus halaman Akun Anda”
  7. Tentukan alasan mengapa Anda menghapus akun Anda.
  8. Masukkan kata sandi Instagram Anda.
  9. Klik “Hapus akun saya secara permanen”

Cara menghapus akun Instagram permanen di situs web

Menghapus akun Instagram di web dapat dilakukan dengan cara berikut.

  1. Buka instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ di web browser.
  2. Masukkan akun Instagram Anda.
  3. Pilih alasan mengapa Anda menghapus akun Anda.
  4. Masukkan kembali kata sandi Anda.
  5. Pilih “Hapus Akun Saya Secara Permanen”

Apa yang terjadi saat menghapus akun Instagram permanen?

Saat akun Instagram dihapus secara permanen, seluruh riwayat Instagram Anda akan dihapus selamanya. Itu artinya semua foto, video, arsip, pesan, dan pengikut Anda akan dihapus secara permanen. Anda tidak bisa mendapatkannya kembali.

Hanya Anda yang dapat menghapus akun Instagram Anda. Oleh karena itu, untuk alasan keamanan, Instagram tidak dapat melakukannya untuk Anda. Penting juga untuk dicatat bahwa Instagram tidak dapat mengaktifkan kembali akun yang dihapus, jadi pastikan 100% bahwa Anda ingin akun Anda dihapus permanen.

Jika sudah menghapus akun secara permanen kemudian Anda memutuskan untuk kembali ke Instagram, Anda bisa melakukannya. Namun, Anda tidak dapat mengaktifkan kembali akun lama dan tidak dapat mendaftar untuk akun baru dengan nama pengguna lama yang sama.

Setelah 30 hari sejak permintaan penghapusan akun, akun dan semua informasi Anda akan dihapus secara permanen, dan Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali informasi tersebut. Proses penghapusan perlu waktu sekitar 90 hari setelah diajukan.

Bagaimana jika orang lain menghapus akun Instagram Anda?

Tidak ada cara untuk memulihkan akun Instagram jika akun Anda dihapus oleh orang lain yang mengetahui kata sandi Anda. Anda dapat membuat akun baru dengan alamat email yang sama dengan sebelumnya, tetapi Anda mungkin tidak bisa mendapatkan nama pengguna yang sama.

Oleh karena itu, Instagram menawarkan fitur mengunduh data sehingga data Anda lebih aman dan bisa disimpan sebagai cadangan.

Cara mengunduh data Instagram

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk melihat dan mengunduh data, yaitu melalui aplikasi Instagram secara langsung atau melalui web. Meskipun metode ini serupa, ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Mengunduh data lewat aplikasi Instagram

  1. Buka tab profil Anda, ketuk ikon roda gigi (iOS) atau menu tiga titik (Android).
  2. Untuk melihat data, pilih Opsi > Data Akun > Lihat Semua.
  3. Untuk mengunduh data Instagram, pilih Unduh Data > Minta Unduhan.
  4. Pada layar berikutnya, masukkan alamat email untuk menerima data.
  5. Masukkan kata sandi akun Instagram Anda.
  6. Tekan "Minta Unduhan" untuk menyelesaikan proses.

Mengunduh data lewat situs web Instagram

  1. Kunjungi instagram.com lewat browser.
  2. Masukkan akun Instagram Anda.
  3. Klik profil pada bagian kanan atas lalu pilih “Pengaturan”
  4. Pilih "Privasi dan Keamanan."
  5. Untuk melihat data, tekan Lihat Data Akun > Lihat Semua.
  6. Untuk mengunduh data Instagram, pilih "Minta Unduhan"
  7. Masukkan alamat email untuk menerima data.
  8. Klik "Berikutnya"
  9. Masukkan kata sandi akun Instagram Anda.
  10. Klik "Minta Unduhan" untuk menyelesaikan proses.

Cara mengakses unduhan data Instagram

Instagram akan mengirimkan email berisi data cadangan kepada Anda dalam waktu 48 jam dengan subjek "Data Instagram Anda" yang berisi tautan untuk mengakses data.

Kemudian Anda akan diarahkan untuk masuk menggunakan akun Instagram lagi. Setelah masuk, klik "Unduh Data". Tautan yang diberikan oleh Instagram hanya akan berfungsi selama empat hari sejak Anda menerimanya, jadi jika Anda lupa mengunduhnya karena Anda harus mengulangi proses setelah tautan kadaluarsa dalam 4 hari.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa cara menghapus akun Instagram yang dapat dipilih. Pengguna juga dapat mengunduh data Instagram agar lebih aman.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait