1.099 Pegawai Garuda Pensiun Dini, Porsi Pilot Masih di Bawah Harapan

Image title
21 Juni 2021, 18:38
pegawai garuda, pensiun dini garuda, karyawan garuda, pilot garuda, utang garuda, maskapai penerbangan, bumn
ANTARA FOTO/Ampelsa/wsj.
Ilustrasi Garuda Indonesia.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyampaikan, sudah ada 1.099 pegawainya yang mengikuti program pensiun dini. Namun, jumlah pensiun dini pegawai Garuda ini masih jauh di bawah harapan manajemen untuk membuat maskapai penerbangan milik negara ini lebih efisien.

"Hasil yang masuk ada 1.099 (pegawai yang pensiun dini). Masih jauh di bawah harapan kami," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat rapat dengan Komisi VI DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (21/6).

Ia mengatakan, jumlah pilot yang mengikuti program ini masih tidak terlalu banyak. Padahal, jumlah karyawan harus sesuai dengan alat produksi yang dimiliki oleh Garuda saat ini. Tapi Irfan enggan menyebut berapa jumlah pegawai yang sesuai dengan alat produksinya.

Masih minimnya partisipasi pegawai mengikuti program pensiun dini, membuat Irfan berencana melakukan penawaran lain ke depannya. Ia akan melakukan diskusi dengan serikat pekerja yang ada di Garuda. "Yang jelas kami tidak punya keinginan untuk menzalimi karyawan. Kami tahun persis, sekarang bukan waktu yang tepat untuk dipaksa keluar. Tapi harus jaga kepentingan bersama," kata Irfan.

Garuda melakukan program pensiun dini karena jumlah utang perusahaan yang membengkak. Pandemi Covid-19 telah membuat aktivitas penerbangannya berkurang signifikan. Akibatnya, pendapatan yang dikantongi maskapai ini tidak sebanding dengan jumlah yang harus dibayar ke pihak di luar Garuda. 

Beberapa kewajiban yang harus dikeluarkan oleh Garuda antara lain untuk sewa pesawat, perawatan (maintenance), biaya avtur, dan pegawai. Khusus biaya karyawan, jumlah pengeluarannya mencapai US$ 20 juta atau sekitar Rp 287 miliar per bulan. Berbagai beban biaya ini membuat arus kas perusahaan menjadi negatif.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...