Sorta Tobing
7 Agustus 2022, 11:15

Video: Panas Usai Kunjungan Pelosi, Ini Sejarah Konflik Cina vs Taiwan

Cina melakukan latihan militer besar-besaran yang memblokade wilayah Taiwan. Aksi ini disebut sebagai kemarahan Beijing dengan lawatan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taipei beberapa waktu lalu. 

Presiden Xi Jinping menilai kunjungan Pelosi menandakan dukungan Washington terhadap Taiwan yang ingin menjadi negara sendiri, terpisah dengan Cina. Bagi Beijing, setiap negara yang menjalin hubungan diplomatik dengannya harus menerapkan kebijakan Satu Cina.

Indonesia, misalnya, tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan. Hal ini lantaran hubungan diplomatiknya dengan Tiongkok dan menjunjung prinsip Satu Cina. 

Beijing melangsungkan latihan militer pada Kamis (4/8) sekitar pukul 12.00 waktu setempat. Serangan rudal konvensional terdeteksi di perairan timur Taiwan. Cina mengerahkan rudal Dongfeng, jet tempur, dan kapal perang. 

Latihan itu terjadi sehari setelah Pelosi meninggalkan Taiwan dan akan berlangsung selama lima hari. Taiwan melaporkan rudal jarak jauh Cina telah jatuh di dekat Pulau Matsu, Wuqiu, Dongyin, Selat Taiwan. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.