RI Gandeng Bulgaria Perkuat Keamanan Siber dan Ekonomi Digital

Syahrizal Sidik
27 Juni 2022, 22:15
RI Gandeng Bulgaria Perkuat Keamanan Siber dan Ekonomi Digital
Katadata
Ilustrasi peningkatan keamanan siber

Pemerintah Indonesia dan Bulgaria sepakat membahas pengembangan kerja sama yang berkaitan dengan riset siber dan pengembangan sektor digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat keamanan informasi dalam mencegah serangan siber serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Advertisement

“Pagi ini saya dikunjungi Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia H.E. Petar Andonov untuk mendiskusikan potensi kerja sama kedua negara di sektor digital," ungkapnya, dalam keterangan resmi, Senin (27/6).

Kerja sama ini, kata Plate, secara khusus membahas soal penanganan di bidang keamanan informasi untuk mencegah serangan siber agar penegak hukum di Indonesia dan Bulgaria bisa menanganinya secara serius. Menurut Menkominfo, Indonesia dan Bulgaria bersama-sama mengharapkan ruang digital yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemerintah kedua negara sepakat untuk tidak memberikan ruang bagi serangan siber. Apakah itu malware, phising atau semua jenis serangan siber termasuk di dalamnya unethical hackers," bebernya.

Sebagai bagian dari Uni Eropa, Bulgaria juga membuka ruang kerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui pengembangan startup digital di masing-masing negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement