Jokowi Perintahkan BUMN Beli Cabai Hingga Bawang Merah Lokal

Rizky Alika
19 September 2022, 20:17
Jokowi Perintahkan BUMN Beli Cabai Hingga Bawang Merah Lokal
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Seorang pedagang bawang dan cabai menunggu pembeli di Pasar Induk Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Banten.

Pemerintah tengah memperbaiki harga dan distribusi produk pangan. Presiden Joko Widodo pun meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membeli cabai, bawang merah, hingga kedelai dalam negeri.

"Tentu saja dimintakan BUMN dan jajaran BUMN untuk membeli cabai, bawang, maupun kedelai yang ada," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/9).

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk menjamin pemasaran produk petani. Kebijakan itu juga bertujuan menjaga harga jual hasil panen petani yang kerap anjlok saat produksi melimpah.

Seiring dengan hal itu, pemerintah ingin menggenjot produksi cabai, bawang merah, dan kedelai di dalam negeri. Ini dilakukan untuk menekan impor produk pangan.

Terkait kedelai, pemerintah akan menggunakan bibit impor untuk menggalakkan produksi. Di sisi lain, pemerintah juga mempersiapkan bibit lokal dengan varietas tinggi.  "Diharapkan kita bisa mendapatkan varietas yang mampu di atas tiga sampai empat ton per hektare," ujar dia.

Tak hanya itu, pemerintah juga memperbaiki distribusi produk pangan tersebut. Pemerintah akan memetakan daerah yang mengalami surplus produksi pangan untuk dikirim ke daerah yang defisit.

Untuk menggenjot produksi, Jokowi meminta Kementerian Pertanian memberikan pembiayaan secara maksimal, seperti menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Atau menggunakan berbagai biaya-biaya yang dibutuhkan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...