Anies Siap Jadi Capres, Nasdem Bakal Koalisi dengan Demokrat-PKS

Rizky Alika
Oleh Rizky Alika - Ade Rosman
19 September 2022, 21:53
 Anies Siap Jadi Capres, Nasdem Bakal Koalisi dengan Demokrat-PKS
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan siap menjadi calon presiden. Merespons hal itu, Sekjen Partai Nasdem Johnny G. Plate mengatakan pihaknya tengah fokus mencari mitra koalisi.

Adapun, nama Anies sebelumnya masuk dalam bursa calon presiden dari Nasdem.

Advertisement

"Kita harus memastikan juga terbentuk koalisi dengan syarat minimal yang ada," kata Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/9).

Undang-Undang Pemilu mengatur syarat pasangan calon presiden dan wakil presiden. Syarat tersebut ialah memenuhi perolehan kursi minimal 20% dari jumlah kursi DPR atau memiliki perolehan suara minimal 25% pada pemilu sebelumnya.

Sementara, perolehan suara Nasdem hanya 9,05% pada Pemilu 2019. Adapun, kursi DPR yang diperoleh Nasdem hanya 10,26%.

Untuk itu, Nasdem membutuhkan mitra koalisi untuk mengusung calon presiden." Kalau ada calon dan pasangan, tapi tidak ada koalisi, ya tidak jalan," katanya.

Saat ini, Nasdem masih berkomunikasi dengan calon mitra koalisi. Adapun, Nasdem disebut akan berkoalisi dengan PKS dan Demokrat. Selain itu, Nasdem juga mempersiapkan pasangan calon presiden, strategi politik, hingga upaya memenangkan Pilpres.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengungkapkan koalisi antara pihaknya dengan Partai Demokrat serta PKS sudah hampir menemui titik temu.

"Bisa jadi (80%), kalau kesepakatan beberapa hal terpenuhi, di sana lah kemudian seni diplomasinya materi yang dinegosiasikan ya tentu ada beberapa hal yang terus menerus dibicarakan lah," kata Willy, Senin (19/9).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement