OPEC Akan Pangkas Produksi, Harga Minyak Kembali Naik di Atas US$80

Syahrizal Sidik
3 Oktober 2022, 07:22
OPEC Akan Pangkas Produksi, Harga Minyak Kembali Merangkak Naik
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi. Harga minyak kembali menanjak seiring dengan rencana negara OPEC+ memangkas produksi.

Harga minyak mentah dunia acuan pada perdagangan awal pekan ini, Senin (3/10) bergerak menguat di tengah melemahnya dolar Amerika Serikat dan kemungkinan anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC+) akan menyetujui rencana pemangkasan produksi pada pertemuan 5 Oktober ini.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI), untuk kontrak pengiriman November bergerak naik pagi ini 3,21% ke level US$ 82,06 per barel. Sedangkan, harga patokan minyak mentah Brent, juga bergerak naik 3,29% ke level US$ 87,94 per barel.

Advertisement

Seperti dikutip dari CNBC International, OPEC+ sedang mempertimbangkan untuk memangkas produksi menjadi antara 500.000 dan 1 juta barel per hari (bph).

"Prospek permintaan minyak mentah yang memburuk tidak akan memungkinkan minyak untuk reli sampai pedagang energi yakin bahwa OPEC+ akan memangkas produksi pada pertemuan 5 Oktober," kata analis senior OANDA Edward Moya.

Analis memperkirakan, pengurangan produksi karena kekhawatiran permintaan terkait dengan kemungkinan perlambatan ekonomi global dan kenaikan suku bunga telah membebani harga minyak mentah. Sehingga, harga Brent dan WTI kemungkinan akan menyelesaikan kuartal ketiga tahun ini dengan penurunan tajam sebesar 23%.

"Kepemimpinan OPEC+ akan ingin menjaga harga dasar minyak dunia di level $90 per barel,"  kata Stephen Brennock dari broker minyak PVM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement