BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Pekan Depan, DKI Jakarta Diminta Siaga

Syahrizal Sidik
8 Oktober 2022, 22:30
BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Pekan Depan, DKI Jakarta Diminta Siaga
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Ilustrasi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di 32 wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi terjadinya cuaca ekstrem selama sepekan ke depan dan mengimbau agar masyarakat waspada.

"Berdasarkan analisis terkini kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam keterangan resminya, Sabtu (8/10).  

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

Kemudian, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan Intensitas sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09 - 15 Oktober 2022 di 32 wilayah sebagai berikut:

1.  Aceh

2.  Sumatra Utara

3.  Kep. Riau

4.  Riau

5.  Kep. Bangka Belitung

6.  Jambi

7.  Bengkulu

8.  Sumatra Selatan

9.  Lampung

10. Banten

11. DKI Jakarta

12. Jawa Barat

13. Jawa Tengah

14. DI Yogyakarta

15. Jawa Timur

16. Bali

17. Nusa Tenggara Barat

18. Kalimantan Barat

19. Kalimantan Timur

20. Kalimantan Utara

21. Kalimantan Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...