Harga Minyak Turun 3%, Tertekan Kenaikan Dolar dan Kasus Covid-19

Syahrizal Sidik
15 November 2022, 07:29
Harga Minyak Turun 3%, Tertekan Kenaikan Dolar dan Kasus Covid-19
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi. Harga minyak dunia tertekan pada perdagangan Selasa pagi ini seiring naiknya kasus Covid-19 di Cina dan menguatnya dolar AS.

 

Harga minyak mentah acuan global, pada perdagangan Selasa pagi ini bergerak melemah di tengah menguatnya kurs dolar Amerika Serikat dan lonjakan kasus Covid-19 di Cina.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari terpangkas U$S 2,85 atau 3% ke level US$ 93,14 per barel, setelah naik 1,1% pada Jumat pekan lalu.

Sedangkan, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember merosot US$ 3,09 atau 3,47% ke level US$ 85,87 per barel, setelah menguat sebesar 2,9% pada akhir pekan lalu.

Harga-harga komoditas menguat setelah Komisi Kesehatan Nasional Cina menyesuaikan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian COVID untuk mempersingkat waktu karantina untuk kasus kontak dekat dan pelancong yang datang.

Tetapi kasus COVID-19 meningkat di Cina selama akhir pekan, dengan Beijing dan kota-kota besar lainnya melaporkan rekor infeksi di awal pekan ini.

"Lonjakan kasus COVID hanya akan menyebabkan lebih banyak penguncian dalam waktu dekat, untuk saat ini Cina bukan sumber dukungan bullish untuk kompleks perminyakan," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York, seperti dikutip dari Antara, Selasa (15/11).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...