KTT G20 Bali Berhasil Tampilkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Krisna Arie Prasetya
15 November 2022, 15:56
Mobil listrik Toyota bZ4x melaju di jalanan Bali saat gelaran KTT G20.
Katadata
Mobil listrik Toyota bZ4x melaju di jalanan Bali saat gelaran KTT G20.

Dukungan perusahaan otomotif dalam menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 sangatlah terasa kehadirannya. Pasalnya mereka telah menghadirkan beragam langkah dan upaya untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan acara ini.

Ratusan kendaraan listrik telah diserahkan kepada pemerintah untuk dimanfaatkan sebagai mobil dan motor operasional. Sehingga diharapkan para delegasi bisa merasakan pengalaman positif selama menjalankan tugasnya di Bali.

Toyota adalah salah satu yang paling banyak mendukung pemerintah dengan mengirimkan sedikitnya 143 mobil listrik di ajang KTT G20. Jumlah tersebut terdiri dari 41 Toyota bZ4X dan 102 Lexus UX300e untuk dijadikan sebagai alat transportasi para delegasi penting selama konfrensi berlangsung.

Toyota bZ4X banyak digunakan selama KTT G20
Toyota bZ4X banyak digunakan selama KTT G20 (Katadata/Zaenuddin)

Salah satu yang tampil menonjol pada KTT G20 Bali adalah Toyota bZ4X. Crossover SUV ini menjadi mobil listrik Toyota pertama yang dipasarkan di Indonesia.

Diluncurkan pada 10 November 2022, beragam keunggulan menyertai bZ4X. Tampak secara kasat mata dari desainnya elegan dan sporti serta tak ketinggalan baterai berkapasitas 71.4 kWh. Toyota menyebut bahwa dalam kondisi baterai full dapat menempuh perjalanan hingga 500 km.

Sementara andalan lain Toyota di KTT G20 adalah Lexus UX300e dan sudah diperkenalkan di Indonesia sejak November 2020. Mobil ini dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 54.35 kWh untuk menjadi sumber tenaga dari motor listrik yang mampu memproduksi tenaga sebesar 201 hp serta torsi 300 Nm.

Halaman:
Reporter: Krisna Arie Prasetya
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...