Dukung KTT G20, Pelindo Layani Pengiriman 900 Mobil Listrik ke Bali

Tia Dwitiani Komalasari
9 November 2022, 12:30
Polisi mengendarai mobil listrik saat mengikuti pelatihan penggunaan kendaraan listrik di Denpasar, Bali, Kamis (3/11/2022). Pelatihan tersebut dilakukan kepada polisi yang akan bertugas untuk melakukan pengawalan tamu negara pada Konferensi Tingkat Tingg
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Polisi mengendarai mobil listrik saat mengikuti pelatihan penggunaan kendaraan listrik di Denpasar, Bali, Kamis (3/11/2022). Pelatihan tersebut dilakukan kepada polisi yang akan bertugas untuk melakukan pengawalan tamu negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 agar terlatih dan terbiasa dalam mengendarai kendaraan listrik.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo  melayani pengiriman sejumlah fasilitas penunjang, termasuk 900 mobil listrik ke Bali. Hal itu dilakukan untuk mendukung gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, mengatakan bahwa Pelabuhan Benoa, yang merupakan salah satu pintu gerbang logistik dan barang di Bali, dalam sepekan terakhir ini telah disibukkan dengan penerimaan berbagai fasilitas untuk gelaran G20 dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Menjelang pelaksanaan Summit G20 di Bali, Pelabuhan Benoa telah melayani pengiriman sejumlah fasilitas untuk penunjang G20, seperti 900 mobil listrik dan sandar kapal milik TNI AL yang mengirimkan peralatan pengamanan. Tentunya, kami memberikan layanan terbaik sebagai bentuk komitmen dalam dukungan G20 di Bali," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11). 

Ardhy mengatakan, Pelindo telah menerima lebih dari 900 mobil listrik di Pelabuhan Benoa pada pekan lalu. Mobil-mobil listrik tersebut dikirimkan langsung oleh distributornya menuju Bali melalui Pelabuhan Benoa. Selanjutnya, mobil listrik akan digunakan untuk operasional selama penyelenggaraan KTT G20.

Siapkan SPKLU

Pelabuhan Benoa juga melayani proses sandar kapal milik TNI AL yaitu KRI Tanjung Kambani 971 dari Jakarta yang membawa sejumlah peralatan dan fasilitas pengamanan milik TNI AL yang disiapkan untuk mengamankan G20.

Selain mendukung dari sisi layanan jasa kepelabuhanan, Ardhy mengatakan,  Pelindo juga telah menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung. Salah satunya adalah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di dalam lokasi Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang bisa digunakan untuk pengisian daya mobil listrik yang digunakan pada G20.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...