ESDM Lelang Tiga Wilayah Kerja Panas Bumi, Total Potensi 246 MW

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Februari 2023, 21:45
ESDM Lelang Tiga Wilayah Kerja Panas Bumi, Total Potensi 246 MW
123RF.com
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga panas bumi

Kementerian ESDM berencana membuka lelang pada tiga wilayah kerja panas bumi (WKP) tahun ini. Ketiga wilyah eksplorasi tersebut yakni WKP Cisolok, Sukabumi, WKP Guci di Semarang dan WKP Bora Pulu di Sulawesi Tengah.

Direktur Panas Bumi, Harris Yahya, mengatakan lelang ini bersifat terbuka bagi seluruh pelaku usaha panas bumi swasta maupun BUMN seperti PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) maupun PT Geo Dipa Energi.

Harris menjelaskan, ada dua mekanisme proses pengadaan WKP di Indonesia. Mekanisme yang pertama dilakukan melalui lelang dan lewat skema penugasan kepada BUMN seperti yang dilakukan oleh Geo Dipa di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng, Kabupaten Banjarnegara.

"Untuk tiga WKP ini sementara dilakukan dengan lelang, BUMN pun berhak ikut," kata Harris saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Selasa (21/2).

Menurut catatan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), potensi panas bumi di WKP Cisolok diperkirakan mencapai 45 mega watt (MW). Sementara potensi sumber daya panas bumi di WKP Guci dan Bora Pulu masing-masing sebesar 78 MW dan 123 MW. Secara keseluruhan, potensi panas bumi yang dilelang tahun ini mencapai 246 MW.

"WKP Guci sebenarnya dulu sudah ada pengelolanya tapi dikembalikan, kemudian WKP Cisolok dan Bora Pulu itu yang kami coba lelang untuk tahun ini," ujar Harris.

Kementerian ESDM sebelumnya juga telah membuka tender bagi WKP Way Ratai yang berlokasi di Kabupaten Pesawaran, Lampung dan WKP Nage di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur pada Desember tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...