Insentif Berlaku Maret, Pengguna Motor Listrik Bakal Melonjak

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Februari 2023, 22:05
Insentif Berlaku Maret, Pengguna Motor Listrik Bakal Melonjak
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Pengunjung mengamati sepeda motor listrik pada pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kementerian ESDM memproyeksikan populasi motor listrik tumbuh hingga 150 ribu unit hingga akhir tahun 2023 imbas adanya kebijakan penyaluran insentif Rp 7 juta per unit yang ditargetkan berlaku mulai Maret ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan bahwa jumlah motor listrik yang mengaspal di dalam negeri akan terus melonjak seiring adanya kebijakan korting harga yang diterapkan pada pembelian motor listrik baru maupun motor hasil konversi.

"Tahun ini kalau motor listrik 100 ribu sampai 150 ribu dan ke depannya semoga bisa naik terus kalau masyarakat sudah bisa coba dan terasa hematnya," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (24/2).

Lebih lanjut, kata Arifin, penggunaan motor listrik secara masif bisa mengurangi konsumsi bahan bakar minyak yang signifikan. Apabila seluruh motor berbahan bakar minyak di Indonesia beralih kepada penggunaan motor listrik, akan ada penghematan 600.000 barel minyak per hari.

"Ini motor saja, kalau hitungannya pakai satu liter dikalikan 120 juta unit motor maka sama dengan 600 ribu barel," jelas Arifin.

Pandangan serupa juga pernah dilakukan oleh PT PLN. Menurut hitungan PLN, satu liter bensin setara dengan 1,2 kwh listrik dengan jarak tempuh yang sama. Satu liter bensin harganya Rp 12.000-15.000, sedangkan 1,2 kwh listrik hanya Rp 1.800.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...