Ekspansi Bisnis Digital, Bank Mandiri Masuk Ekosistem Metaverse

Dalam pengembangan ekosistem metaverse tersebut, Bank Mandiri menggandeng WIR Group.
Image title
16 Maret 2022, 13:16
Ekspansi Bisnis Digital, Bank Mandiri Rambah Ekosistem Metaverse
Dokumentasi Bank Mandiri
Hasil kerjasama dengan WIR Group ini juga menjadi upaya Bank Mandiri untuk masuk ke ekosistem digital yang semakin canggih.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan WIR Group menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama pengembangan bisnis ke dalam ekosistem Metaverse. Perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Bank Mandiri dalam mendorong pengembangan digitalisasi bisnis sebagai salah satu pilar pertumbuhan ke depan.

Metaverse merupakan platform berbasiskan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) yang mampu mewujudkan interaksi di dunia virtual yang unik, selayaknya urban lifestyle di kehidupan nyata. 

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, kolaborasi ini akan memberikan warna baru khususnya dalam sektor perbankan. Bank Mandiri memandang metaverse sebagai sebuah dunia yang dirasa tepat untuk merealisasikan visi beyond banking.

"Metaverse merupakan tempat yang ideal untuk melakukan ekspansi bisnis digital secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh ruang fisik," kata Darmawan dalam acara penandatanganan MoU secara virtual, Rabu (16/3).

Advertisement

Melalui kolaborasi bersama dengan WIR Group, Bank Mandiri akan menggali lebih lanjut potensi layanan perbankan di Metaverse, mulai dari layanan perbankan dasar (basic banking) seperti virtual branch hingga layanan yang bersifat beyond banking. Inovasi ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang sejalan dengan visi pemerintah.

Ia menjelaskan bahwa, saat ini kehadiran industri jasa keuangan di Metaverse sendiri baru memasuki tahap pengembangan awal. Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa ke depannya, Metaverse akan menjadi lokasi berkembangnya future banking yang berbasis advanced technology.

Sebelumnya, Bank Mandiri pun telah bertransformasi dengan meluncurkan financial super App Livin’ by Mandiri untuk nasabah retail dan wholesale digital super platform Kopra by Mandiri Oktober lalu. Upaya ini dilakukan guna menghadirkan layanan yang terhubung dengan ekosistem digital, yang dapat diakses oleh seluruh nasabah Bank Mandiri.

"Ke depannya akan banyak fitur-fitur baru yang dikembangkan, termasuk Metaverse ini. Dengan layanan yang semakin berfokus kepada nasabah, tentunya dengan tidak melepaskan peran teknologi di dalamnya," ujar dia.

Ia meyakini, layanan Bank Mandiri di Metaverse dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di masa depan. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan regulator untuk membahas hal tersebut, termasuk peluang menggunakan regulatory sandbox sebagai wadah eksplorasi.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder WIR Group Michael Budi mengatakan, dengan berbasiskan teknologi AR, VR dan AI, kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik secara immersive atau tiga dimensi kepada para nasabah Bank Mandiri, dan masyarakat luas.

"Kami berharap Metaverse ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi bagi para mitra di bawah naungan Bank Mandiri. Karena di dalam Metaverse ini, pengunjung tidak hanya berinteraksi secara immersive, namun dapat bekerja, belajar dan bertransaksi di dalamnya," kata Michael.

Sebelumnya, dua bank BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)  juga telah merambah ke ekosistem Metaverse dengan bekerja sama dengan WIR Group. 

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait