Aplikasi Trading Stockbit dan Ajaib Alami Gangguan, Ini Respons BEI

BEI menyebut terjadinya gangguan pada aplikasi trading Stockbit dan Ajaib Sekuritas merupakan kendala internal perusahaan.
Patricia Yashinta Desy Abigail
11 Agustus 2022, 10:41
Aplikasi Trading Stockbit dan Ajaib Alami Gangguan, Ini Respons BEI
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Investor memantau perdagangan saham melalui gawainya di Jakarta.

Investor ritel di media sosial mengeluhkan terjadinya gangguan pada aplikasi trading milik Stockbit Sekuritas dan Ajaib Sekuritas pada Rabu kemarin. Dalam aplikasi trading Stockbit misalnya, kemarin tertulis proses maintenance sedang berlangsung yang menyebabkan investor tidak bisa melakukan transaksi. 

Menanggapi hal ini, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Bursa  Efek Indonesia (BEI), Irvan Susandy, memberikan klarifikasi terkait gangguan aplikasi investasi saham milik Stockbit dan Ajaib.

“Kendala di Stockbit dan Ajaib merupakan kendala di internal mereka,” katanya kepada awak media, Kamis (11/8). 

Dia mengatakan, otoritas bursa akan meminta keterangan terkait detail teknis, problem solving, dan mitigasinya kepada pihak Stockbit dan Ajaib. 

Advertisement

“Bursa akan melakukan analisa berdasarkan keterangan dari Stockbit dan Ajaib,” tambahnya. 

Gangguan pada aplikasi juga terjadi di Ajaib Sekuritas, sehingga para pengguna tidak bisa melihat tampilan saldo, portfolio, dan jumlah return. Akibatnya, banyak pengguna khususnya investor tidak dapat bertransaksi atau mengamati pergerakan pasar saham. 

“Mohon diperhatikan. Saat ini sedang terjadi gangguan dari pihak ketiga, transaksi saham mungkin tidak bisa diakses,” tulis pengumuman dari aplikasi Ajaib saat mengalami error, Kamis (11/8). 

Di sisi lain, Stockbit telah meminta maaf dan memberikan klarifikasi melalui akun instagramnya @stockbit pada Rabu (10/8).  

“Kami minta maaf terkait gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga sehingga area trading tidak dapat diakses pagi hari ini.

Dalam pengumumannya, Tim Stockbit menyatakan telah mengatasi kendala tersebut dan pengguna Stockbit sudah dapat melakukan aktivitas trading kembali.

Perusahaan juga menginformasikan, seluruh transaksi jual dan beli periode 10 sampai dengan 19 Agustus 2022 tidak akan dikenakan biaya broker. Untuk transaksi tanggal 10 Agustus, biaya broker yang dipotong akan dikembalikan ke saldo pengguna dalam bentuk cashback sebelum jam 12.00 WIB tanggal 11 Agustus. "Mohon maaf atas ketidaknyamannya," tulis pihak Stockbit. 

Sementara itu, Direktur Utama Ajaib Sekuritas Asia, Anna Lora, mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi. 

“Ajaib memastikan seluruh dana dan portfolio pengguna tetap aman,” tulisnya dalam keterangan resmi, Kamis (11/8). 

Dia menambahkan saat ini Ajaib sedang menerapkan dan memperbaharui berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman. 

  

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait