Penyebab Harga Bitcoin Cetak Rekor Lampaui Level US$ 30.000

Patricia Yashinta Desy Abigail
11 April 2023, 14:11
Ilustrasi Bitcoin
Unsplash/Aleksi Raisa
Ilustrasi Bitcoin

Harga aset kripto Bitcoin terpantau naik pada Senin malam (11/4) bahkan hingga melampaui level psikologis US$ 30.000. Nilai ini menjadi kenaikan tertinggi sejak Juni 2022 lalu. 

Melansir dari CNBC, Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar ini naik 7% menjadi US$ 30.193,25 untuk pertama kalinya sejak Juni, menurut Coin Metrics.

Di sisi lain, Ether naik lebih dari 3,5% menjadi US$ 1.925,11 untuk pertama kalinya sejak Agustus karena investor menanti adanya peningkatan teknologi terbaru jaringan Ethereum, yang dijadwalkan pada hari Rabu (12/4) mendatang.

Cryptocurrency mengalami reli tahun ini. Hal tersebut membawa keuntungan untuk Bitcoin menjadi lebih dari 80%. Di samping itu, Ether kini telah menambahkan 60% kenaikan sejak awal tahun ini. 

Namun demikian, kedua mata uang kripto tersebut tetap berkorelasi untuk saat ini dan penggerak makro terus memengaruhi kedua aset tersebut. Data inflasi mendatang akan menjadi kunci dalam menentukan apakah atau kapan Fed akan menghentikan sementara atau mengakhiri kampanye kenaikan suku bunga.

Bitcoin kembali mendapatkan momentum pada akhir Maret menyusul krisis kesulitan likuiditas yang menerpa Silicon Valley Bank dan Signature Bank di Amerika Serikat, membuat investor mengalihkan aset mereka ke jenis aset lain seperti Bitcoin.

Sementara itu, Ether telah naik menjelang peningkatan teknologi "Shanghai" yang direncanakan, yang diperkirakan akan membawa gelombang tekanan jual negatif di pasar karena dana yang sebelumnya dikunci di Ethereum dirilis selama beberapa minggu ke depan.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...